11+ Daftar Tokoh Pergerakan Nasional di Indonesia [Nama & Biografi] Terlengkap

Tokoh-tokoh atau pahlawan yang ada di Negara Indonesia itu adalah seorang yang memiliki pengaruh penting dalam perkembangan untuk kemerdekaan pada Bangsa Indonesia seutuhnya, maka dari itu ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang tokoh-tokoh yang berpengaruh dalam pergerakan nasional.

Tokoh Pergerakan Nasional di Indonesia


Adapun untuk nama tentang berbagai tokoh-tokoh yang memiliki pengaruh signifikan dalam pergerakan Nasional, khususnya di Indonesia diantaranya adalah sebagai berikut;

Dr. Soetomo

Dr. Soetomo menurut catatan biografi nya adalah seorang yang lahir pada tanggal 30 juli 1888 di daerah nganjuk. Dr.Soetomo juga adalah seorang yang telah masuk dalam STOVIA, ia masuk sejak tahun 1903. kemudian sejak tahun 1930 Dr.Soetomo juga telah mendirikan sebuah Universitas yang diisi oleh beberapa mahasiswa yang diberi nama dengan Budi Utomo. Kemudian Dr.Soetomo juga telah mendirikan sebuah partai kebangsaan Indonesia pada tahun 1930.

Pada saat itu tahun 1935 Dr. Soetomo juga telah mendirikan sebuah partai kembali yang diberinama dengan Partai Indonesia Raya yang kemudian hal ini menjadi salah satu tempat untuk merintis perjuangannya dalam membela kemerdekaan Indonesia tersebut.

KH. Samanhudi

KH. Samanhudi adalah seorang yang telah lahir pada tahun 1868 di Laweyang, lebih tepatnya di daerah Solo. KH. Samanhudi ini lahir dari kalangan orang–orang pedagang. Perlu diketahui bahwa KH. Samanhudi  ini telah mendirikan Serikat Dagang Islam atau yang biasa disebut juga dengan SDI pada tahun 1905.

Organisasi Serikat Dagang Islam ini juga adalah sebuah organisasi yang selalu memperjuangkan perdagangan yang di lakukan oleh orang-orang pribumi dan organisasi ini juga telah menentang penjajahan Belanda yang di lakukan pada saat itu.

Serikat Dagang Islam atau yang biasa disebut juga dengan SDI berubah menjadi SI pada tahun 1912 dan juga pada kongres yang dilakukan pada tahun 1913 dalam organisasi yang disebut dengan Serikat Dagang Islam atau yang biasa disebut juga dengan SDI ini KH. Samanhudi ini menjabat sebagai seorang ketua.

Pada saat itu KH. Samanhudi adalah seorang yang telah ikut gabung dalam bentuk barisan pemberontak Indonesia yang melawan belanda NICA dan juga lacar rakyat yang telah KH. Samanhudi ini berinama dengan Gerakan Kesatuan Alap-Alap tersebut. Pemberontak ini juga disebut dengan Gejala Politik.

H.O.S  Tjokroaminoto

Biografi singkat  Tjokroaminoto adalah tokoh pergerakan Nasional yang ada di Indonesia yang lahir pada tahun 1882. H.O.S Cokrominoto ini lahir di Ponorogo. H.O.S Cokrominoto ini adalah seorang yang berasal dari keturunan R.M. Cokroamiseno.

H.O.S Cokrominoto adalah seorang yang pernah menjabat sebagai seorang bupati juga. H.O.S Cokrominoto ini adalah seorang yang jabatannya pada zaman dahulu adalah hanya menjadi seorang pegawai pemerintahan.

Karirnya dalam menjadi seorang politik berjalan dengan lancar pada tahun 1912. Pada saat itu juga beliau adalah salah seorang yang ikut gabung dalam mendirikan SDI dan kini telah berubah menjadi SI. Selengkapnya, baca; Biografi H.O.S Tjokroaminoto

KH. Ahmad Dahlan

KH. Ahmad Dahlan adalah seorang tokoh pergerakan nasional yang paling lama dalam mencari ilmunya di kota Mekkah. KH. Ahmad Dahlan ini juga adalah seorang yang telah berhasil dalam mendirikan Muhamadiyah pada tahun 19 12 di daerah Istimewa Yogyakarta pada tanggal 18 November tersebut.

KH. Ahmad Dahlan mendirikan Muhamadiyah ini dengan tujuan agar masyarakat Indonesia tau bahwa Mengajarkan agama islam dengan menggunakan al-qur’an dan juga menggunakan hadist adalah salah satu hal yang sangat baik  dan tidak akan membuat masyarakat dalam mencari ilmu menjadi tersesat atau bingung dengan pembelajaran yang di lakukan tersebut. Baca, juga; Kisah Inspiratif Pak AR: Hampir Makmum Kepada Orang Gila

Wahid Hasyim

Wahid Hasyim adalah seorang putra dari Hasyim Asyari, Wahid Hasyim adalah seorang yang telah mendirikan NU atau yang biasa disebut juga dengan Nahdlatul Ulama. Perlu diketahui juga bahwa tujuan dari didirikannya Nahdlatul Ulama ini adalah untuk memecahkan suatu masalah yang di hadapi oleh seluruh masyarakat yang beragama islam.

Dalam hal ini masalah yang di hadapinya adalah masalah yang berupa kehidupan yang ada di masyarakat ataupun masalah yang ada di agama itu sendiri. perlu diketahui juga bahwa pada tahun 1938 Wahid Hasyim adalah seorang yang telah memilih untuk bergabung serta ikut dalam faham NU atau Nahdlatul Ulama tersebut.

Baca Juga;

  1. Biografi K.H Ahmad Mustofa Bisri (Gus Mus) dan Sisi Lainnya
  2. K.H. Hasyim Asy’ari: Pendidikan Karakter Teladan dalam Kehidupan
  3. 6 Perjalanan Karir Gus Dur [Awal-Akhir]


Dan kemudian setelah empat tahun berlangsung Wahid Hasyim di tetapkan untuk menjadi ketua dalam Nahdlatul Ulama tersebut. sehingga dalam hal ini saat masa kepemimpinan Wahid Hasyim perkembangan organisasi Nahdlatul ulama ini berkembang sangat pesat dan menjadi salah satu organisasi atau faham yang tidak bisa diremehkan. Perkembangan dan kemajuan Nahdlatul Ulama ini tidak lepas dari seorang Wahid Hasyim yang berperan di dalamnya.

Douwes Dekker

Biografi Douwes Dekker adalah seorang yang telah mendirikan sebuah partai politik pada tahun 1912 yang diberi nama dengan Nationale Indische Partij. karena pada saat itu Douwes Dekker tahu bahwa Budi Utamo hanya mengembangkan politik dalam bidan kebudayaannya saja, maka Douwes Dekker mendirikan partai politik dengan berbagai macam aspek yang akan berkembang dengan pesat.

Douwes Dekker ini adalah seorang yang masih bersaudara dengan Eduard Dowes Dekker yaitu seorang yang telah mengarang sebuah buku yang diberi nama dengan Max Haveeler. Douwes Dekker adalah seorang yang memang tidak sepenuhnya berasal dari Indonesia namun Douwes Dekker ini akan sepenuhnya memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dan juga akan membuat negara Kesatuan
Republik Indonesia ini menjadi negara yang maju. Selengkapnya, baca; Douwes Dekker dan 3 Hal Yang Patut Diteladani

Dr. Ciptomangunkusumo.

Dr. Ciptomangunkusumo adalah seorang yang telah mendirikan partai politik yang disebut dengan Nationale Indische Partij bersama dengan Ki Hajar Dewan Tara dan juga dengan Douwes Dekker. Dr. Ciptomangunkusumo ini adalah seorang dokter yang telah profesional namun dari itu ia adalah seorang tokoh pergerakan nasional. Selengkapnya, baca; Tokoh 3 Serangkai [Sejarah dan Biografinya]

Dr. Ciptomangunkusumo adalah seorang yang telah bekerja sebagai dokter di bawah pimpinan belanda. namun selain itu juga Dr. Ciptomangunkusumo ini menjadi seorang penulis. karena bukunya yang berjudul De Exspress Terlalu mengkritik dan juga terlihat kejam maka Dr. Ciptomangunkusumo ini di berhentikan untuk menjadi dokter tersebut. hal ini membuat Dr. Ciptomangunkusumo menjadi lebih yakin dan juga memperjuangkan kemerdekaan Indonesia tersebut.

Soekarno

Soekarno adalah seorang yang bukan saja hanya sebagai pendiri dari sebuah organisasi saja. namun soekarno juga adalah seorang yang memiliki peran penting dalam perkembangan kemajuan Indonesia.

Soekarno ini memiliki jasa yang cukup besar dalam pergerakan kemerdekaan Indonesia, apalagi saat proklamasi Indonesia. Soekarno adalah salah satu orang yang telah aktif dalam pergerakan organisasi yang ada di Indonesia tersebut.

Soekarno juga sempat memerintah Syafrudin Prawiranegara untuk dapat melnjutkan perjuangannya dalam membela kemerdekaan yang di lakukan oleh Soekarno tersebut. namun hal ini memang sangat berat dengan ini maka belanda dapat menangkap prajurit dan juga orang–orang Indonesia yang telah membela Indonesia tersebut.

Baca Juga;
  1. Masa Kecil Soekarno "Sang Proklamator Indonesia"
  2. 7+ Fakta Soekarno dari Remaja Hingga Tamat Kuliah
  3. Inggit Garnasih [Biografi & Perjuangan Istri Ke-2 Soekarno]

KI Hajar Dewantara

KI hajar Dewantara adalah salah satu orang yang di sebut dalam daftar tokoh pendidikan di Indonesia, hal ini lah yang menyebabkan bahwa Indonesia memiliki peran penting dalam perkembangan pendidikan. Ki Hajar Dewantara atau yang dapat disebut juga dengan Raden Mas Suwardi Suryaningrat.

Ki Hajar Dewantara bersama dengan Dr. Douwes Dekker dan juga Dr. Cipto mangunkusumo mendirikan sebuah organisasi politik yang diberi nama dengan Indische Partij yang karena hal ini lah mereka sering disebut sebagai tiga serangkai.

Karena kebersamaan mereka yang tidak ada yang menandingi. Ki Hajar Dewantara juga mendirikan sebuah Taman Siswa yang fungsinya sebagai tempat pembelajaran, hal ini membuat proses pembelajaran yang di lakuak semakin menarik anak–anak untuk membaca. karena hal ini lah pendidikan yang di lakukan oleh Ki Hajar Dewantara telah di anggap berhasil. Baca, juga; Ki Hajar Dewantara Potret Santri dalam Dirinya

Mohammad Hatta

Mohammad Hatta adalah wakil presiden dari Soekarno. Mohammad Hatta ini adalah seorang yang telah mendirikan berbagai macam oraganisasi yang telah berkembang sampai msaat ini. hal ini yang membuat orang Belanda tidak suka dengan semua yang telah di lakukan oleh Mohammad Hatta, dan hal ini membuat Mohammad Hatta sering di tangkap oleh para penjajah Belanda.

Sebagaian dari perjuangan Bung Hatta inilah menjadi ia disebut sebagai bapak proklamator. karena peristiwa ini lah membuat Mohammad Hatta dikenal oleh banyak orang yang ada di seluruh Indonesia. pada tanggal 18 Agustus 1945 pada sidang BPUPKI Mohammad Hatta di angkat menjadi wakil Presiden Republik Indonesia. Selengkapnya, baca; Mengenal Kepribadian Bung Hatta

Demikianlah serangkaian tulisan dan penjelasan secara lengkapnya mengenai daftar tokoh pergerakan nasional. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa memberikan wawasan dan pengetahuan bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih, 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "11+ Daftar Tokoh Pergerakan Nasional di Indonesia [Nama & Biografi] Terlengkap"

Posting Komentar