12+ Tokoh Proklamasi di Indonesia [Nama & Biografi] Lengkap

-fakta tokoh-
Hari Proklamasi adalah hari dimana itu menjadi salah satu hari yang membanggakan bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dalam hal ini Negara Indonesia telah melakukan proklamasi pada tahun 1945 tanggal 17 Agustus yang akhirnya atas peran setral beberapa tokoh proklmasi di Indonesia.

Tokoh Proklamasi


Adapun untuk beberapa nama tokoh-tokoh dan perannya yang ada dalam proklamasi kemerdekaan Indonesia di antaranya adalah sebagai berikut;

Ir. Soekarno

Ir. Soekarno aalah salah satu orang yang berjuang dalam kemerdekaan Indonesia. Ir. Soekarno Ini adalah salah satu orang yang hebat dalam berjuang, Ir. Soekarno juga adalah salah satu orang yang pertama kali menjadi presiden di negara kesatuan republik Indonesia ini.

Ir. Soekarno atau biasa di sebut juga dengan bung karno ini adalah serong tokoh dan juga pahlawan nasional di Indonesia yang lahir pada tanggal 6 juni 1901 di Blitar, Jawa Timur dan Ir. Soekarno ini meninggal di jakarta pada tanggal 21 juni 1970. Selengkapnya, baca; Masa Kecil Soekarno "Sang Proklamator Indonesia"

Pada masa itu fakta Soekarno dari remaja hingga tamat kuliah adalah seorang yang memiliki konsep teks proklamasi. Ir. Soekarno juga lah yang menyusun teks proklamasi yang di laksanakan di laksamana tadashi maeda bersam degan Bung Hatta dan ahmad achmad soebardjo. kemudian Ir. Soekarno mulai membacakan teks proklamasi tersebut kemerdekaan Indonesia yang dibacakan di kediamannya dinjalan pegangsaan timur no.56 didaerah Jakarta.

Drs. Moh Hatta

Drs. Moh Hatta atau biasa di sebut juga dengan Bung Hatta adalah seorang lahir pada Tanggal 12 Agustus 1902. di daerah bukittingi sumatera barat. Drs. Moh Hatta atau biasa di sebut juga dengan Bung Hatta ini meninggal pada tanggal 14 maret 1980, pada umurnya yang telah menginjak ke 77 tahun. Baca, juga; Sebagian dari perjuangan Bung Hatta

Drs. Moh Hatta atau biasa di sebut juga dengan Bung Hatta adalah seorang yang telah memperjuangkan Indonesia. Drs. Moh Hatta atau biasa di sebut juga dengan Bung Hatta adalah wakil presiden pertama. Dalam proses proklamasi peran Drs. Moh Hatta atau biasa di sebut juga dengan Bung Hatta.

Bung Hatta adalah yang telah menyusun naskan proklamasi bersama dengan bungkarno dan juga achmad soebardjo di rumah laksamana muda maeda. selain itu Drs. Moh Hatta atau biasa di sebut juga dengan Bung Hatta adalah seorang yang telah menandatangi naskah proklamasi yang termasuk kedalam atas nama bangsa indonesia bersama dengan Bung Karno. Baca, juga; Mengenal Kepribadian Bung Hatta

Mr. Achmad Soebardjo Djojoadisurjo

Mr. Achmad Soebardjo Djojoadisurjo adalah seorang yang telah lahir pada tanggal 23 Maret 1896 di daerah karawang jawa barat. Mr. Achmad Soebardjo Djojoadisurjo meninggal pada tanggal 15 Desember pada tahun 1978 pada umurnya yang telah meginjak 82 tahun.

Mr. Achmad Soebardjo Djojoadisurjo adalah seorang tkh menteri luar negeri Idonesia yang pertama. Mr. Achmad Soebardjo Djojoadisurjo ini adalah seorang tokoh yang memperjuangkan bangsa Indonesia yag paling pertama.

Mr. Achmad Soebardjo Djojoadisurjo adalah seorang yang bekerja keras dan juga paling aktif dalam membela Indonesia. Mr. Achmad Soebardjo Djojoadisurjo bersama dengan bung hatta dan juga bung karno menulis sebuah teks proklamasi di rumah laksamana muda maeda.

Laksamana Tadashi Maeda

Laksamana Tadashi Maeda adalah oramg jepang yang membantu Indonesia dalam perjuangan Indonesia meraih kemerdekaan. Laksamana Tadashi Maeda adalah orang perwira, kekaisaran tinggi angkatan laut.

Laksamana Tadashi Maeda ini adalah prajurit jepang. Laksamana Tadashi Maeda adalah seorang yang telah melangar perintah dari sekutu untuk melarang para pemimpin Indonesia dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia, yaitu proklamasi negara kesatuan republik Indonesia. sehingga dalam hal ini Laksamana Tadashi Maeda ini berperan sebagai seorang yang telah menyediakan rumah agar dapat menyusun teks proklamasi kemerdekaan republik Indonesia.

Sukarni

Sukarni adalah seorang yang lahir di blitar pada tanggal 14 Juli 1916 di daerah Blitar Jawa Timur, kemudian Sukarni ini wafat pada tanggal 7 mei 1971 di Jakarta pada umurnya yang telah menginjak 54 tahun. nama lengkap dari Sukarni adalah Sukarni Kartodiwirjo.

Sukarni ini adalah seorang yang tokoh yang berpengaruh dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Sukarni ini adalah seorang pejuang Indoenesia yang tidak pernah putus asa dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Dalam hal ini Sukarni memilikiperan penting dalam proklamasi kemerdekaan Indonesia, diantaranya adalah Sukarni telah mengusulkan bahwa yang bertanda tangan pada teks proklamasi tersebut adalah bungkarno atau bung hatta atas nama bangsa Indonesia. Sukarni ini lah yang selalu mempercepat dan juga menyuruh bung karno atau bung hatta untu dapat mempercepat tek proklamasi tersebut di buat kemudian di bacakan.

Fatmawati

Fatmawati adalah seorang yang lahir pada tahun 1923 di Bengkulu dan kemudian Fatmawati ini meninggal di Jakarta pada tahun 1923. Fatmawati di makamkan di daerah kalibata, Jakarta di tempat makam TMP. Fatmawati ini adalah seorang yang istri dari bung karno, yaitu bapak prolamator tersebut.

Fatmawati adalah seorang yang selalu setia menemani bung kano pada saat bungkarno menyusun teks proklamasi dan juga Fatmawati setia menemani bung karno memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Fatmawati memiliki peran penting dalam proklamasi kemerdekaan Indonesia, diantaranya adalah sebagai berikut Fatmawati adalah seorang yang telah menjahit bendera merah puti untuk menunjukan kemerdekaan Indonesia tersebut. Bendera sang saka merah putih ini ikut serta di kibarkan pada saat upacara proklamasi kemerdekaan Indonesia yang telah terjadi di Jalan Pegangsaan Timur No.56 di Jakarta.

Sayuti Malik

Sayuti Malik adalah seorang tokoh pemuda Indonesia yang memiliki peran penting dalam kemerdekaan Indonesia. Sayuti Malik sangat gigih dan berani dalam membela kesatuan republik Indonesia tersebut. Sayuti Malik adalah seorang yang telah mengetik teks proklamasi kemerdekaan Indonesia tersebut.

Sayuti Malik ini juga lah yang memiliki peran penting dalam penyusunan teks proklamasi, diantaranya adalah Sayuti Malik adalah seorang yang telah mengetik sebuah naskah proklamasi setelah Sayuti Malik ini sempurnakan dari tulisan tangan bung Karno tersebut.

B.M.Diah

B.M.Diah adalah seorang yang memiliki pengaruh juga dalam membtuk proklamasinya tersebut. B.M.Diah adalah salah satu tokoh yang memiliki peran penting dalam pembacaan teks proklamasi, karena jika tidak ada B.M.Diah ini maka B.M.Diah harus dapat banyak orang tau tentang proklamasi kemerdekaan Indonesia. B.M.Diah ini adalah seorang wartawan pada saat teks proklamasi tersebut.

Latif Hendraningrat, S Suhud dan juga Tri Murti

Latif Hendraningrat, S Suhud dan juga Tri Murti ini adalah seorang yang berperan dalam proses proklamasi berpengaruh diantaranya yaitu Latif Hendraningrat, S Suhud dan juga Tri Murti ini adalah yang telah mengibarkan bendera merah putih pada saat proklamasi 17 Agustus 1945.

Latif Hendraningrat, S Suhud adalah seorang yang dalam pengbaran bendera ia adalah orang yang telah menaikkan bendera dengan menggunakan tali dan juga Tri Murti adalah orang yang telah mengibarkan bendera merah putih tersebut.

Frans S. Mandur

Frans S. Mandur adalah seorang yang telah di beri tugas untuk dapat merekam dari semua kegiatan yang telah Frans S. Mandur ini lakukan. Frans S. Mandur ini adalah seorang yang berperan aktif dalam seluruh kegiatan tersebut. Frans S. Mandur ini adalah seorang fotografer. jadi seluruh gambar yang terjadi atau seluruh peristiwa ini selalu terdapat momen di dalamnya.

Syahrudin

Syahrudin merupakan seorang yang memiliki pekerjaan sebagai telekgrafis di Indonesia pada saat itu lah Syahrudin menyebarkan berita bahwa proklamasi Indonesia telah disebar luaskan secara menyeluruh, melalui seluruh Indonesia dengan cara sembunyi-sembunyi pada saat prajurit jepang dan yang lainnya sedang beristirahat pada tanggal 17 agustus 1945 pada jam 4 sore tersebut.

Hal inilah yang membuat Syahrudin ini memiliki pperan yang penting dalam kemajuan dan juga perkembangan bangsa Indonesia. tanpa berita tentang prolamasi ini maka tidak akan ada banyak orang yang tau. maka dari itu Syahrudin sangat berperan peting terhadap perkembangan Indonesia tersebut

Soewirjo

Soewirjo ini adalah seorang yang telah berperan penting dalam kemerdekaan Indonesia, Soewirjo adalah seorang yang telah di beri jabatan menjadi Gubernur Jakarta Indonesia Raya. Soewirjo ini adalah seorang yang memperjuangkan kegiatan upacara proklamasi agar dapat berjalan dengan lancar dan juga aman.

Baca Juga;

  1. Tokoh Perumus Pancasila [Rumusan dan Isi]
  2. Tokoh Revormasi di Indonesia
  3. Tokoh Pergerakan Nasional di Indonesia [Nama & Biografi]

Demikianlah penjelasan dan pemahaman penting mengenai nama dan biografi yang ada di dalam tokoh proklamasi di Indonesia. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa menjadi wawasan dan menambah pengetahuan bagi segenap pembaca sekalian, trimakasih.
-FaktaTokoh-

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "12+ Tokoh Proklamasi di Indonesia [Nama & Biografi] Lengkap"

Posting Komentar