7+ Fakta Soekarno dari Remaja Hingga Tamat Kuliah

FaktaTokoh.Com- Soekarno adalah salah satu pahlawan nasional dan juga presiden pertama di Indonesia. Soekarno ini lahir pada Tahun 1915 dan beliau wafat pada Tahun 1926. Ada banyak fakta menarik dan terbaik dari Soekarno. Oleh karena itulah artikel ini akan memberikan penjelasan mengenai Fakta Soekarno Dari Remaja Hingga Tamat Kuliah.

Fakta Soekarno


Berikut inilah beberapa fakta daripada Soekarno, antara lainnya;

Soekarno Menumpang Tempat Tinggal


Soekarno masuk ke Hoogere burgesschool (HBS) sekolah menengah Belanda di Surabaya pada tahun 1915, dengan menumpang tempat tinggal di rumah kawan ayahnya yaitu Hadji Oemar Said Cokroaminoto dan tinggal bersama anak asuh didik Cokroaminoto yang lain seperti Kartosoewirjo, Musso,Alimin dan Semaoen.

Soekarno Sangat Rajin


Pada umur 15 tahun, soekarno hampir menghabiskan seluruh waktunya dengan belajar, membaca, mempelajari gagasan serta pemikiran tokoh kelas dunia ,membedah pemikiran politikus kelas dunia seperti, Thomas Jefferson, George Washington, Benjamim Franklin, dkk.

Selain itupual sejak remaja Soekarno sangatlah tertarik dengan membaca seluruh perjuangan yang dilakukan oleh Perancis, berupa revolusi politik yang ada di Rusia, mengenai perjuangan buruh, declaration of independence hingga perang saudara yang pernah terjadi di AS.

Soekarno Terjun ke Politik


Awal perkumpulan dunia politik yang pertama kalinya dilakukan oleh sukarno adalah Tri koro Darmo yang dibentuk secara bersama-sama melalui teman- teman yang ada di dalam diskusinya ketika sekolah menengah di Surabaya dengan tiga tujuan yaitu kemerdekaan, politik, ekonomi, dan
sosial.

Soekarno Produktif Menulis


Pada umur 19 tahun, sukarno sudah produktif menulis hingga 500 artikel di harian Oetoesan Hindia yang dikelola dengan nama samaran bima untuk mengobarkan semangat pemberontakan melawan kolonial belanda .

Soekarno Pertamakali Menikah


Sukarno menikah dengan puteri Cokroaminoto bernama Utari yang berumur 16 tahun setelah lulus sekolah menengah, yang diakui sukarno sebatas bentuk rasa hormat pada Cokroaminoto yang khawatir akan masa depan anaknya.

Soekarno Berstatus Mahasiswa


Ketika berstatus sebagai mahasiswa di Technische Hogeschool Bandung yang sekarang namanya Institut Teknologi Bandung , pertama kalinya sukarno berorasi dan membuat ratusan penonton terperangah dan menjadi pembicaraan di seluruh kota bandung.

Momen menggemparkan tersebut terjadi pada tahun 1922 ketika rapat radical concentratie yang diadakan oleh organisasi kebangsaan partai-partai lokal di lapangan terbuka bandung untuk mengumpulkan petisi demi membela hak-hak pribumi.

Sukarno pada saat itu mencoba angkat tangan dan menyampaikan pendapatnya di depan publik dengan secara tegas menantang belanda tepat di depan polisi belanda menolak cara-cara pengumpulan petisi dan mengusulkan gerakan non-kooperatif total terhadap pemerintahan Hindia.

Soekarno Lulus Kuliah


Sukarno dengan ketekenunan belajarnya yang luar biasa, berhasil tamat dari Technische Hogeschool Bandung dengan Jurusan waterbowkunde (tata bangunan air) pada tahun 1926 dan menyandang status insinyur. Hebatnya sukarno menjadi insinyur ke tiga dari kalangan Bumiputera se- Hindia Belanda.

Demkianlah tulisan mengenai Fakta Soekarno dari Remaja Hingga Tamat Kuliah yang ditulis dan diasjikan oleh Anita Rasuna Sari Siregar. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa memberikan wawasan dan juga pengetahuan bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih,

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7+ Fakta Soekarno dari Remaja Hingga Tamat Kuliah"

Posting Komentar