Biografi Singkat Tjokroaminoto [Raden Haji Oemar Said]

FaktaTokoh.Com- Masyarakat yang ada di Pulau Jawa menjulukinya sebagai Ratu Adil, Belanda menamainya Raja Tanpa Mahkota, dan sejarah Bangsa Indonesia menamakan dia sebagai Guru Bangsa, dia lah Tjokroaminoto.

Tjokroaminoto


Tjokroaminoto adalah tokoh pertama yang menggagas akan nasionalisme di Nusantara. Dia juga lah guru besar dari Bapak Proklamator Indonesia, Ir. Soekarno. Biografi singkat mengenai Tjokroaminoto dengan nama lengkap Raden Haji Oemar Said.

Biografi Raden Haji Oemar Said


Tjokroaminoto, lahir di desa Bakur pada tanggal 16 Agustus 1882, beliau termasuk salah satu tokoh yang sangat berperan dalam memperjuangkan bangsa dan agama dari penindasan kolonial Belanda, sehingga diberi anugerah atau penghargaan oleh pemerintah sebagai pahlawan nasional.

Hakekatnya Tjokroaminoto lahir di Pulau Jawa dengan nama Raden Oemar Said, barulah selepas menjalankan ibadah haji (Ibadah Ke Mekah bagi Umat Islam). Nama beliau mendapatkan gelar keningratannya dan lebih suka mengenalkan diri dengan nama Haji.

Oemar Said Tjokroaminoto atau lebih dikenal dengan H.O.S Tjokroaminoto. Gelar ‘’Haji” yang merupakan lambang dari kealiman, serta lambang daripada proses ketaatan seseorang dalam menjalankan ajaran-ajaran agama Islam. Selengkapnya, baca; Biografi H.O.S Tjokroaminoto

Tentu saja apa yang yang dilakukan oleh Tjokroaminoto sangatlag sesuai dengan kebiasaan orang Indonesia yang selalu menambahkan sebutan atau gelar haji kepada orang seusai manjalankan salah satu rukun Islam yaitu berangkat ke Mekkah guna menunaikan ibadah haji.

Pemimpin Pergerakan

Tjokroaminoto juga seorang pemimpin bagi pergerakan bangsanya terutama dalam pergerakan Sarikat Islam. Seorang wartawan, dengan tulisan yang tajam lagi jitu di surat kabar, dan pernah menjadi pembantu surat kabar Suara Surabaya, disaat Sarekat Islam ada dalam kepemimpinannya maka mendirikan surat kabar Oetoesan Hindia dengan nama Fajar Asia dan majalah Al-Jihad, bersama kawan seperjuangannya. Selengkapnya, baca; Rumah Kost: Rujukan Pendidikan (HOS Tjokroaminoto)

Fakta Tjokroaminoto

Fakta mengejutkan bahwa H.O.S Tjokroaminoto juga pernah meninggalkan kediaman mertuanya yang ditempatinya serta meninggalkan istri yang sedang hamil anak pertama. Hal ini dilakukan untuk mencari jati dirinya, mengkaji berbagai kitab pada setiap pesantren sampai menyendiri dan melakukan iktikaf.

Namun setelah itu beliau nekat kembali lagi untuk menjemput istrinya dan pergi ke Semarang untuk menikmati kebebasannya. Tjokroaminoto pernah berpesan ‘’Jika Kalian ingin menjadi pemimpin besar, menulislah seperti wartawan, dan bicaralah seperti orator’’. 
Baca, juga; HOS Tjokroaminoto dan Teladan Sosok Guru Bangsa

Pesan inilah yang membuat Ir.Soekarano terus melatih cara berpidatonya sehingga dapat membakar semangat bangsa Indonesia untuk memperjuangkan kemerdekaannya. Beragam fakta soekarno dari remaja hingga tamat kuliah juga tidak terlepas dari peran serta Raden Haji Oemar Said ini.

Demikianlah tulisan mengenai Biografi Singkat Tjokroaminoto yang kerap kali kita temukan dalam berbagai buku dan sumber pelajaran. Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan manfaat bagi segenap pmebaca, penulis artikel adalah Rafi Rizaldi. Trimakasih, 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Biografi Singkat Tjokroaminoto [Raden Haji Oemar Said]"

Posting Komentar