9+ Tokoh Panitia Sembilan [Nama & Tugas] Lengkap

Perlu kita ketahui bersama bahwa sebutan tokoh panitia sembilan adalah panitia yang memiliki anggota sembilan dan sembilan anggota ini memiliki tugas untuk merumuskan dasar negara Indonesia yang telah tercantum dalam Undang–Undang dasar 1945.

Panitia 9 (Sembilan)


Sejarah terbentuknya panitia sembilan ini dimulai pada Tanggal 1 Juni 1945. Pada saat itu awal masuk terbentuknya panitia sembilan ini adalah ketika Iepang memberikan jaminan kemerdekaan kepada Indonesia. pada saat itu lah langsung di bentuk sekumpulan Tokoh BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia) yang telah di laksanakan pada 29 April 1945 tersebut.

Pada saat itulah lantas di bentuklah sebuah panitia–panitia kecil yang terdiri dari sembilan orang yang telah memiliki tujuan untuk dapat merumuskan dasar-dasar dari sebuah negara Indonesia yang merdeka dengan tanpa jajahan.

Tokoh Panitia Sembilan


Adapun penjelasan lebih lengkapnya, mengenai Nama 9 Tokoh panitia sembilan diantaranya adalah sebagai berikut;

Ir. Soekarno

Ir. Soekarno adalah tokoh yang paling penting dalam memperjuangkan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Hal ini terlihat sekali saat perannya dalam memperjuangkan piagam Jakarta tersebut.

Ir. Soekarno menjadi seorang pemimpin saat peristiwa piagam Jakarta ini. Dalam sidang yang telah di lakukan ini maka Bung Karno atau Ir. Soekarno ini telah berhasil merumuskan dasar negara Republik Indonesia dalam Undang–Undang Dasar 1945 bersama dengan 8 bangsawan yang tergabung dalam
sidang piagam Jakarta tersebut.

Selengkapnya, baca;
  1. Masa Kecil Soekarno "Sang Proklamator Indonesia"
  2. Fakta Soekarno dari Remaja Hingga Tamat Kuliah
  3. Sarinah "Inspirator Soekarno dalam Mewujudkan Kesatuan Indonesia"

Ir. Soekarno ini memberikan sebuah celetukan yang bunyinya adalah beri aku 1000 oran tua, niscaya akan kucabut semeru dariakarnya, kemudian beri aku 10 pemuda maka niscaya akan ku guncangkan dunia. Kata- kata ini paling banyak sekali orang yang mengenalnya.

Drs. Mohammad Hatta

Drs. Mohammad Hatta ini adalah seorang yang lahir pada tanggal 12 Agustus 1902 di daerah Bukittinggi, lebih tepatnya di daerah Sumatera Barat. Perlu diketahui juga bahwa Drs. Mohammad Hatta ini lebih dikenal dengan sebutan sebagai Bung Hatta. Yang amat sangat penting untuk mengenal kepribadian Bung Hatta sebagai gambaran jelas mengenal sebagian dari Perjuangan Bung Hatta.

Drs. Mohammad Hatta atau bung Hatta ini memiliki sifat yang rendah hati, santun, dan juga taat dalam agamnya, selain itu Drs. Mohammad Hatta ini memiliki sifat yang pemberani terutama dalam melawan penjajah.

Drs. Mohammad Hatta adaah seorang yang menjadi wakil ketua dalam anitia sembilan tersebut. peran yang di miliki oleh Drs. Mohammad Hatta ini memang sangat lah penting dalam kemerdekaan Indonesia tersebut.

Peran ataupun kedudukan Drs. Mohammad Hatta di dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia tidak dapat di gantikan oleh siapapun, sehingga dalam hal ini Drs. Mohammad Hatta juga telah berhasil merumuskan Undang – Undang dasar yang telah terbentuk dalam sebuah Piagam Jakarta.

Drs. Mohammad Hatta adalah satu satu dari sembilan tokoh yang memiliki peran penting di Indonesia. Jasa- jasa yang telah Drs. Mohammad Hatta berikan tidak akan terlupkan dalam memperjuangkan Indonesia terutama menyangkut tentang Proklamasi Kemerdekaan. Selengkapnya, baca; Tokoh Proklamasi di Indonesia [Nama & Biografi]

Alexander Andries Maramis

Alexander Andries Maramis adalah seorang yang lahir pada tanggal 20 Juni pada tahun 1897 di daerah Manado lebih tepatnya di daerah Sulawesi Utara, yang berada di Hindia Belanda. Alexander Andries Maramis ini elah meninggal pada tahun 1977 pada usia Alexander Andries Maramis ini menginjak 80 tahun.

Kemudian Alexander Andries Maramis ini adalah seorang yang dapat disebut juga sebagai pejuang Indonesia. pada saat itu Alexander Andries Maramis adalah anggota dari KNIP. Alexander Andries Maramis ini juga adalah seorang yang merupakan anggota dari BPUPKI juga. Perlu di ketahui bahwa Alexander Andries Maramis ini adalah satu–satunya tokoh yang beragama kristen dari 9 tokoh yang telah berhasil merumuskan piagam Jakarta tersebut.

Mr. Achmad Soebardjo

Mr. Achmad Soebardjo adalah seorang yang lahir pada tanggal 23 Maret 1896 di Daerah Karawang jawa barat. kemudian Mr. Achmad Soebardjo ini telah meninggal pada 15 Desember 1978 pada saat umur Mr. Achmad Soebardjo ini telah menginjak 82 tahun.

Mr. Achmad Soebardjo ini juga merupakan salah satu orang yang telah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Mr. Achmad Soebardjo ini juga adalah salah satu menteri luar negeri yang pertama. ia dahuluna juga adalah salah satu yang dapat di sebut sebagai pahlawan nasional.

Mr. Achmad Soebardjo ini ikut serta dalam merebut kekuasaan Indonesia dari tangan penjajah. Mr. Achmad Soebardjo ini juga adalah seorang politikus dan juga seorang diplomat yang memiliki perang penting dalam perkembangan kemerdekaan Republik Indonesia.

Abikusno Cokrosuyoso

Abikusno Cokrosuyoso adalah seorang yang lahir padatahun 1897 di daerah Karangannya yang berada di daerah Kebumen. Kemudian Abikusno Cokrosuyoso ini telah meninggal pada tahun 1968. Abikusno Cokrosuyoso ini adalah salah satu tokoh atau dapat juga di sebut sebagai bapak pendiri kemerdekaan Indonesia.

Selain itu hakekatnya Abikusno Cokrosuyoso juga lah yang menjadi penandatangan konstitusi. Abikusno Cokrosuyoso ini juga adalah salah satu yang telah merancang dlam pembukaan Undang – Undang Dasar 1945 Ynag telah kita kenal bersama dengan sebutan Piagam Jakarta.

H. Agus Salim

H. Agus Salim Adalah seorang yang lahir pada tanggal 8 oktober 1884, H. Agus Salim ini lahir di kota gadang, Agam, Sumatera Barat, Hindia Belanda. nama kecil dari H. Agus Salim adalah Mashudul Haq yang artinya adalah pembela kebenaran.

Kemudian H. Agus Salim ini meninggal pada tanggal 4 November 1954 pada saat umur H. Agus Salim ini telah menginjak 70 tahun. H. Agus Salim ini adalah seorang yang telah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. pada saat itu H. Agus Salim ini telah di tetapkan sebagai salah satu pahlawan nasional indonesia pada tanggal 27 Desember 1961 yang telah di laksanakan melalui Keppres nomor 657 pada tahun 1961.

Abdul Kahar Muzakir

Prof. KH. Abdul Kahar Muzakir adalah seorang tokoh republik Indonesia yang telah memperjuangkan kemerdekaannya juga. Abdul Kahar Muzakir ini telah memperjuangkan piagam Jakarta juga.

Pada saat itu Abdul Kahar Muzakir ini terpilih menjadi rektor di Universitas Indonesia untuk pertama kalinya selama dua periode yaitu pada tahun 1945 sampai dengan 1948 dan juga pada tahun 1948 sampai dengan 1960 namun pada saat itu Unibersitas Indonesia masih diberi nama dengan sebutan STI. Perlu diketahui bersama bahwa Abdul Kahar Muzakir ini adalah seorang anggota dari BPUPKI atau Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia.

Abdul Wahid Hasyim

Abdul Wahid Hasyim adalah seorang tokoh yang memiliki pengaruh penting dalam perkembangan dan juga kemajuan negara kesatuan republik Indonesia yang telah lahir pada tanggal 1 Juni 1914 di daerah Jombang lebih tepatnya di Jawa Timur. Abdul Wahid Hasyim ini telah meninggal pada tanggal 19 april 1953 di Cimali Jawa Barat.

Abdul Wahid Hasyim ini meninggal pada usianya yang telah menginjak 38 tahun. kemudian Abdul Wahid Hasyimadalah seorang menteri negara dalam kabinet pertama di Indonesia selain itu juga Abdul Wahid Hasyim ini adalah seorang pahlawan nasional republik Indonesia.

Abdul Wahid Hasyim ini adalah ayah dari presiden negara Indonesia yang keempat yaitu Abdurrahman Wahid atau biasa kita sebut juga dengan Gus Dur dan juga Abdul Wahid Hasyim ini adalah anak dari pahlawan nasional kita juga yang bernama Mohammad Hasyim Asyar’i. Kemudian Abdul Wahid Hasyim ini telah di makamkan di daerahn Tebuireng di Jombang. Abdul Wahid Hasyim ini adalah salah satu tokoh yang memperjuangkan piagam Jakarta.

Selengkapnya, baca;
  1. Perjalanan Karir Gus Dur
  2. K.H. Hasyim Asy’ari: Pendidikan Karakter Teladan dalam Kehidupan
  3. Tokoh Pendiri NU/Nahdlatul Ulama

Prof Mr. Mohammad Yamin S. H.

Prof Mr. Mohammad Yamin S. H adalah seorang yang lahir di daerah Talawi Sawahlunto lebih tepatnya di daerah Sumatra Barat pada tanggal 24 Agustus 1903 dan kemudian Prof Mr. Mohammad Yamin S. H ini meninggal pada tanggal 17 Oktober 1962 di Jakarta.

Prof Mr. Mohammad Yamin S. H ini meninggal pada usianya yang telah menginjak 59 Tahun. Prof Mr. Mohammad Yamin S. H. ini juga adalah seorang sastrawan, sajarawan,budayawan, politikus, dan juga seorang yang ahli dalam hukum.

Dalam hal ini Prof Mr. Mohammad Yamin S. H juga telah di hormati sebagai Pahlawan nasional yang ada di Indonesia. sehingga dalam hal ini Prof Mr. Mohammad Yamin S. H. memiliki pengaruh yang amat penting terutama dalam ikut merumuskan Undang-Undang Dasar yang telah menghasilkan Piagam Jakarta.

Demikianlah serangkaian penjelasan dan pembahasan secara lengkapnya mengenai nama dan tugas tokoh panitia 9 (sembilan). Semoga dengan adanya tulisan ini bisa memberikan wawasan dan juga pengetahuan bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih, 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "9+ Tokoh Panitia Sembilan [Nama & Tugas] Lengkap"

Posting Komentar