Biografi Singkat BJ. Habibie [Awal-Akhir] Lengkap

FaktaTokoh.Com- Nama mantan presiden RI ke-3 ini sudah tak asing lagi didengar.beliau adalah se-orang Prof.Dr (HC). Ing. Dr. Sc. Mult. Bachruddin Jusuf Habibie namun biasa di kenal dengan nama bj habiebie dengan berjuta prestasi dan teladan yang harusnya ditiru oleh anak muda bangsa jaman now ini.

Biografi Singkat BJ. Habibie


BJ. Habibie dilahirkan oleh sepasang suami istri setelah melahirkan anak ke-3 mereka yaitu Alwi Abdul Habibie dengan RA Tuti Marina Puspowardjo di sulawesi selatan lebih tepatnya di Pare-pare pada tanggal 25 Juni 1936 dengan delapan saudara.

Masa kecil habibie dilalui dipare-pare bersama delapan saudara-saudara nya namun setelah kepergian ayahanda nya untuk selama lamanya pada tanggal 3 September 1950 karena serangan jantung ,tak selang beberapa lama ibu nya RA tuti marini puspowardjo menjual rumah dan memilih menetap di Kota Bandung.

Karakter BJ. Habibie

Sifat atau karakter yang tegas berpegang pada prinsip telah ditunjukan habibie sejak masa kanak-kanak. Dengan status yatim ia dengan tekad kuad dapat meraih beasiswa dari mentri pendidikan dan mentri kebudayaan ke jerman setelah lulus dari ITB(institusi teknologi bandung).

Habibie adalah rombongan ke dua diantara ratusan pelajar SMA yang dikirim ke berbagai negara dengan memilih jurusan teknik penerbangan spesialisasi kontruksi terbang di Rhein Westfalen Aachen Technische Hoschshule (RWTH) karena teringat pesan Bung Karno tentang pentingnya teknologi nasional,pendidikan yang ditempuh habibie ini bukanlah pendidikan kilat atau semacamnya tapi sekolah bertahun tahun dengan praktek dan melalui proses yang tidak bisa dibilang singkat.

Pada masa masa liburan ia,habibie memiliki cara yang berbeda dalam menghadapi liburan yang terkesan membuang buang waktu dengan bekerja, mencari pengalaman dan uang tanpa mengikuti ujian sangat berbanding terbalik dengan teman sebayanya yang menikmati masa-masa liburan dengan berlibur ke tempat tempat hiburan dan sebagainya.

Beliau lulus dengan mendapat gelar Diploma ing, dari Techniche Hoschshule dengan predikat cumlaude(sempurna) dan nilai rata rata 9,5 dengan gelar insinyur. Ia mendaftar di sebuah stasiun kereta api di jerman,beliau bekerja dengan baik dan melanjutkan studinya untuk gelar Doktor di Technische Hochschule Die Facultaet Fuer Maschinenwesen Aachen.

Pernikahan BJ. Habibie

Kemudian Habibie menikah pada tahun 1962 dengan Hasri Ainun Habibie yang ikut tinggal di jerman bersama sang suami dengan kerja keras saat bekerja-kuliah- belajar-dan berstatus sebagai suami ia mendapatkan gelar Dr. Ingenieur dengan penilaian summa cumlaude (Sangat sempurna) dengan nilai rata-rata 10 dari Technische Hochschule Die Facultaet Fuer Maschinenwesen Aachen. Selengkapnya, baca; Juru Cinta Menjelma Sosok Presiden

BJ. Habibie dijuluki Mr.crack karna telah menemukan rumus yang bisa menghitung keretakan hingga ke atom atomnya dati pesawat terbang, ia juga mendapat julukan guru besar dari ITB ,dan meraih penghargaan setara dengan nobel.

BJ. Habibie Menjadi Presiden

Saat menjadi Presiden RI ke-3 beliau sangat berpengaruh terhadap indonesia karna saat setelah lengsernya Soeharto banyak kerusuhan dan Indonesia sangat kacau kala itu. pada masa itu setelah menjadi Presiden RI habiebie memberikan pengaruh positif pada indonesia namun sampai akhirnya ia di paksa lenser dari jabatan karna kesalahan kesalahan tertentu menurut MPR.

Selanjutnya Habibie menjadi warga biasa dan kembali ke jerman bersama istrinya Ainun habibie namun pada tanggal 22 Mei 2010 Ainun telah meninggalkam habibie untuk selamanya ini menjadi duka yang teramat mendalam bagi habibie dan rakyat indonesia yang telah kehilangan.

Kisah mereka yaitu BJ. Habibie dan Istrinya kemudian di jadikan buku oleh habibie sebagai novel romatis dan penuh arti hidup dan telah di filmkan pada tahun 2012. Film dan buku ini menjadi hist dan banyak di gemari oleh para generasi muda.

Baca Juga;
  1. BJ Habibie dan 3 Hal Wajib Yang Harus Kamu Teladani!
  2. 3+ Teladan B J Habibie Yang Patut Kalian Contoh!
  3. 11+ Fakta B.J Habibie Yang Harus Kalian Ketahui!

Demikianlah tulisan mengenai biografi singkat BJ. Habibie dari awal hingga pada saat ini, semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan wawasan dan juga pemahaman kepada setiap pembaca yang sedang membutuhkan materi tentang BJ. Habibie. Penulis artikel Mega Sastra. Trimakasih, 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Biografi Singkat BJ. Habibie [Awal-Akhir] Lengkap"

Posting Komentar