11+ Fakta B.J Habibie Yang Harus Kalian Ketahui!

FaktaTokoh.Com- Masih ingat dulu waktu SMP dikasih tugas buat cari tokoh idola walaupun sebenarnya nggak punya tokoh idola tapi terlintas dipikiran cari biografi Presiden ke 3 Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie. Alasannya karena biografi singkat B.J Habibie ini menjadi orang Indonesia pertama yang bisa membuat pesawat namun tidak dihargai oleh bangsanya sendiri. Selain itu, beliau juga orang Indonesia yang memiliki kegeniusan di atas rata-rata.

Fakta-Fakta B.J Habibie


Sebagai pengungkapan lebih lanjut dalam artikel ini akan mengulik sosok Bacharuddin Jusuf Habibie, yang diantaranya adalah sebagai berikut;

Jarang Bicara

Habibie kecil merupakan seorang yang jarang bicara, anaknya cenderung pendiam dan apabila berbicara sering gagap. Habibie jarang bicara karena dia lebih banyak menghabiskan waktu untuk membaca. Dari membaca dia akan mendapat jawaban akan hal yang selalu dipertanyakaannya imbas dari rasa ingin tahunya yang besar.

Kuat

Habibie ialah seorang yang kuat. Pada saat 40 hari ayahnya meninggal Habibie disuruh ibunya pergi ke Jakarta untuk bersekolah mengikuti pamannya di sana. Walaupun dalam lubuk hatinya dia tidak mau dan menangis ketika ibunya mengantarkan ke pelabuhan, tetapi baktinya kepada sang ibu yang besar dia menuruti.

Membenci Pesawat Terbang

Habibie membenci pesawat terbang. Awalnya habibie membenci pesawat terbang karena pesawat yang dilihatnya pertama kali terbang di langit Pare-pare merupakan pesawat penjajah yang jahat mengebom kampung halamannya.

B.J Habibie Memiliki Julukan

Habibie memiliki julukan Londho Ireng semasa sekolah dulu. Tidak seperti orang Indonesia biasanya yang lebih fasih dan paham dengan Bahasa Indonesia dibanding bahasa asing lainnya. Habibie justru sebaliknya dia lebih fasih dan menguasai bahasa asing seperti Bahasa Belanda, Inggris, dan Jerman baik pelafalannya maupun struktur bahasanya. Julukan Londho Ireng didapatnya saat belajar di Bandung setelah pindah dari Jakarta karena tidak betah.

Mainan Favorite B.J Habibie

Meccano adalah mainan favorit Habibie. Mainan kegemaran Habibie sejak kecil yakni meccano (mainan merakit) yang menurutnya sangat asyik untuk dimainkan. Dia rela untuk tidak jajan demi membeli meccano dan jika kenaikan kelas dia meminta untuk diberi hadiah meccano. Meccano koleksinya lengap mulai dari nomor 1 hingga  10.

Penuh Kasih Sayang

Habibie merupakan sosok yang cuek namun penuh kasih sayang. Habibie tidak peduli dengan apa yang dikatakan orang lain padanya. Dia sangat menyayangi keluarganya, saat masih sekolah dulu dia membonceng adik dan kakaknya ke sekolah dengan bersepeda meskipun jaraknya jauh.

Bukan Orang Genius

Habibie bukan orang genius. Habibie tidak suka dibilang sebagai salah seorang genius di dunia dan Indonesia, hal ini lantaran kerendahan hatinya, yang selalu menganggap bahwa baginya dia sama dengan orang lain semua memiliki kecerdasan masing-masing.

Tips Hemat B.J Habibie

Tips hemat ala Habibie untuk mahasiswa yang merantau. Pertama, carilah tempat kost yang jaraknya jauh dari kampus karena harga sewanya lebih murah. Kedua, jalan kaki ke kampus selain sehat juga hemat biaya transport.

Ketiga, menghabiskn waktu diperpustakaan untuk membaca dan menghemat uang makan. Atau jika diperpustakaan lapar banyak minum air putih. Keempat, buat yang kuliah di luar negeri dengan budget minim mandi dua minggu sekali di kamar mandi umum. Hal itu dia lakukan saat kuliah di Jerman dulu.

Pelopor Seminar Pembangunan

Pelopor seminar pembangunan Indonesia saat kuliah di Jerman dengan mengumpulkan mahasiswa Indonesia yang kuliah di Eropa. Misinya untuk menyatukan kemampuan masing-masing mahasiswa Indonesia sesuai dengan bidang studinya untuk merencanakan pembangunan di Indonesia utamanya membuat peswat terbang.

B.J Habibie dan Politik

Habibie anti politik. Dia tidak tertarik di dunia politik awalnya, namun karena amanat rakyat dia terjun ke politik saat dipilih sebagai presiden ketiga Indonesia menggantikan Soeharto. Sesungguhnya tujuan utama Habibie adalah merekayasa dan membuat pesawat terbang untuk bangsa Indonesia.

Ainun Cinta B.J Habibie

Ainun cinta ilahi Habibie. Bukan hanya cinta sejatinya Ainun ialah cinta ilahi Habibie di mana mautlah yang dapat memisahkan keduanya. Terbukti selepas kepergian Ibu Ainun setiap hari Habibie selalu mengirimkan doa surah Yasin dan Al Fatihah, serta setiap hari Jumat dia selalu datang ke makam istrinya dengan membawa bunga. Selengkapnya, baca; Juru Cinta Menjelma Sosok Presiden

Demikianlah artikel dan tulisan mengenai Fakta Menarik B.J Habibie Sang Ahli Pesawat dan juga menjadi salah satu Presiden Republik Indonesia, semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan manfaat dan pengetahuan yang mendalam. Penulis artikel adalah Haqia Alfariz Ramadhani, trimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "11+ Fakta B.J Habibie Yang Harus Kalian Ketahui!"

Posting Komentar