10+ Fakta Muhammad Al-Fatih dan Teladan Yang Harus Kita Amalkan

FaktaTokoh.Com- Seluruh umat islam pada umumnya mengenal siapa Sultan Muhammad Al-Fatih. Hal ini lantaran banyak sekali buku dan karya otentik yang menceritakan perjuangan beliau dalam menyebarluaskan Agama Islam. Bahkan tak salah bisa disebutkan bahwasanya Muhammad Al-Fatih ialah salah satu tokoh Islam di Dunia yang memberikan inspirasi dan motivasi. Oleh karena itulah artikel ini akan menjelaskan tentang biografi dan fakta Muhammad Al-Fatih.

Biografi Muhammad Al-Fatih


Muhammad Al-Fatih adalah Sultan yang memerintah di Dinasty Turky Utsmani. di juluki Al-Fatih (sang penakluk) karena telah menaklukkan Konstantinopel. Sultan Muhammad Al-Fatih dalam biografi nya dilahirkan pada tanggal 20 April 1429 M, bertepatan pada 26 Rajab 833 H. Sosok Al- faith memang begitu fenomenal.

Semenjak usia 12 tahun ia sudah diangkat menadi sultan, dengan keberhasilannya membebaskan konstatinopel ia dianggap telah membuktikan Hadist Nabi Muhammad SAW pada 8 abad sebelumnya dan disebut sebagai sebaik-baik pemimpin.

Fakta dan Teladan Muhammad Al-Fatih


Lantas dari uraian di atas, apa saja yang patut kita teladani dari atau kita tiru untuk kita jadikan benteng dalam diri kita, dari fakta-fakta menarik Muhammad Al-Fatih. Berikut inilah ulasannya secara lengkap.

Menguasai Banyak Bahasa

Sultan Muahammad Al-Fatih sedikitnya menguasai tiga bahasa islam yang sangat baik yang mana biasanya bahasa tersebut dikuasai oleh orang-orang berpendidikan pada jaman itu yaitu bahasa Arab, Persia, dan Turki.

Mempelajari Banyak Ilmu

Sultan Muahammad Al-Fatih sejak kecil sudah mempelajari Al-quran, Hadist, Fikih, dan Ilmu modern lainnya seperti ilmu Berhitung, Falak, Sejarah serta pendidikan kemiliteran baik teori maupun praktis

Mengambil Pelajaran dari Sejarah Tokoh Lain

Seseorang bisa mengambil pengamalaman dan pemikiran tokoh inspiratif yang dibacanya tanpa harus hidup satu zaman dengannya. Selain itu, sejarah memungkinkan seseorang untuk tidak mulai kembali dari titik nol, tapi melanjutkan apa yang telah dibangun oleh orang-orang sebelumnya.

Giat Beribadah

Sultan Muahammad Al-Fatih senantiasa melatih dirinya dengan karakter ksatria dan mendekatkan dirinya kepada Allah dengan banyak ibadah. Ibadah-ibadah yang dilakukan oleh Muhammad Al-Fatih inilah menjadi senjata beliau yang paling ampuh.

Berani

Sulṭān Muhammad Al-Fātiḥ dikenal sangat berani, terutama ketika terjun sendiri ke medan laga saat perang. Sang sultan Muhammad Al-Fatih tidak gentar berperang melawan musuh dengan pedangnya sendiri.

Keberanian yang dimunculkan dari Al-Fatih tampak dalam sebuah pertempuran di wilayah Balkan. Pada masa itu pasukan Turki Uṡtmānĩ tengah berhadapan dengan pasukan Bughanda yang dipimpin oleh Steven.

Saat itu ada moncong meriam telah diarahkan pada pasukannya, sehingga para pasukan segera tiarap ke tanah. Untuk menyemangati pasukannya Sultan Muahammad Al-Fatih “ Wahai pasukan mijahidin, jadilah kalian tentara Allah dan hendaklah ada dalam dada kalian semangat islam yang membara”. Kemudian dengan gagah berani ia memegang tameng dan menhunus pedangnya serta memacu kudanya berlari kedepan dan tak menoleh pada apapun.

Cerdas

Kecerdasan Al-Fatih terliahat ketika pemikirannya yang cemerlang upaya membebaskan kota konstatinopel. Al-Fatih memindahkan kapal-kapalnya dari pangkalannya di Baskatasy ke tanduk emas dengan cara menariknya melalui jalan darat yang ada diantara dua pelabuhan. Jalan darat yang dilaluinya bukanlah tanah yang datar melainkan bebukitan.

Ia juga mendatangkan papan dan kayu yang diberi minyak dan lemak, setelah itu papan-papan yang tadi diletakkan diatas tanah kemudian perahu ditarik.

Pemimpin Yang Adil

Al-Fatih memberikan kebebasan beragama dia tidak pernah melakukan perlakuan jahat pada seorang pun dikalangan umat Kristen. Hal inilah menyebabkan beliau menjadi salah satu tokoh Islam yang patut di contoh dalam kepemimpinannya.

Bersikap Tawakal

Al-Fatih selalu mengingatkan kepada muridnya bahwa tawakal atau berserah kepada Allāh adalah modal utama seorang pemimpin. Mereka mengajarkan, semua kemenangan adalah datang dari Allah, bukan dari selain itu. Di samping itu, Al-Fatih juga diajarkan untuk tidak berbangga dan berpuas diri. Berbekal pengajaran dari para gurunya itu, Al-Fatih kemudian menamkan sikap tawadhu atau rendah hati.

Baca Juga;
  1. Fakta Gus Dur Yang Harus Kamu Baca!
  2. Fakta Sultan Iskandar Muda Yang Harus Kamu Baca!
  3. Fakta B.J Habibie Yang Harus Kalian Ketahui!
Demikianlah rangkaian tulisan dan penjelasan secara lengkap mengenai biografi serta Fakta Muhammad Al-Fatih. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa memberikan wawasan dan menambah pengetahuan bagi segenap pembaca sekalian. Penulis dalam artikel ini ialah Rosidan. Trimakasih, 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10+ Fakta Muhammad Al-Fatih dan Teladan Yang Harus Kita Amalkan"

Posting Komentar