12+ Fakta Sultan Iskandar Muda Yang Harus Kamu Baca!

Sebagaimana mana yang kita ketahui bahwa biografi singkat Sultan Iskandar Muda merupakan sultan terkenal dari salah satu kerajaan yang ada di Aceh, beliau mampu membawa Aceh sehinga dikenal oleh seluruh dunia.

Sultan Iskandar Muda ini secara sejarahnya lahir pada tahun 1590 di Aceh. Dan beliau sendiri wafat pada tanggal 27 Desember 1636 di Banda Aceh. Sultan meninggal dalam usia 43 tahun usia yang sejatinya masih begitu muda.

Fakta Sultan Iskandar Muda


Sebagai pengenalan lebih jauh, berikut ini setidaknya beberapa fakta menarik tentang Sultan Iskandar Muda yang tidak banyak di ketahui;


  1. Mendapat anugerah sebagai pahlawan nasional pada 10 november 1993, tentunya penghargaan penganugerahan predikat pahlawan nasional dengan dasar kegigihanya dalam mempertahankan prinsip kedaulatan.
  2. Yang menerima anugerah bukan keturunanya langsung, tetapi syamsuddin mahmud, selaku gubernur Aceh pada saat itu.
  3. Hal ini mengingatkan saya pada pernyataan umar kayam, pada seminar dakam rangka PkA III, yakni bunyinya kira: setiap penguasa yang besar adalah penakluk yang besar dan sekaligus yang paling banyak menumpah darah, baik dari pihaknya maupun dari pihak lain.
  4. Dinobatkan sebagai pahlawan nasional dengan jarak waktu 350-an tahun ia mangkat.
  5. Banyaknya julukan/nama lain dari sultan iskandar muda. sebagai contoh darmawangsa, perkasa alam, tun pangkat, meukuta alam, mereuhom meukuta alam.
  6. Memiiki hubungan harmonis dengan negara luar seperti belanda, inggris, cina, turki, amerika, italia dan banyak pula hubungan yang baik dengan kerajaan lain yang terdapat di indonesia
  7. Pernah mengirimkan surat kepada raja inggris King James pada tahun 1615. Surat tersebut berbahasa melayu, dengan dipenuhi oleh hiasan yang sangat indah merupakan motif kembang, yang tingginya mencapai satu meter dan konon katanya surat itu termasuk surat terbesar sepanjang sejarah.
  8. Sultan iskandar muda pernah berwasiat kepada pemimpin agar mengamalkan enam perkara yaitu: Jangan pernah meninggalkan shalat, Jangan sampai para raja menghina alim ulama, Jangan sampai para raja percaya apa yang datang dari musuh, Membeli banyak senyata, untuk kepentingan pemerintahan, Harus mempunyai sifat pemurah, Menjalankan hukum berdasarkan al-quran dan sunnah rasul dan qiyas maupun ijma’ ulama, dan baru berpegangan kepada hukum kerajaan, adat, resam dan qanun.
  9. Sultan iskandar muda merupakan pemimpin yang shaleh, bijaksana serta memperhatikan kepentingan agama, rakyat dan kerajaan.
  10. Sultan iskandar muda merupakan seorang raja kerajaan Aceh, yang mampu membawa kerajaan Aceh ke masa yang sangat baik, dan menjadi masa keemasan pada saat beliau memimpin
  11.  Pada saat sultan iskandar muda memimpin, beliau membagi aturan hukum dan tata negara ke dalam empat bidang yang kemudian dijabarkan secara praktis sesuai tatanan kebudayaan masyarakat aceh. Diantranya, Bidang hukum diserahkan kepada Qadhi Malikul Adhil, Bidang adat-istiadat yang diserahkan kepada kebijakan sultan dan penasehat, Bidang resam yang merupakan urusan panglima, dan Bidang qanun yang merupakan kebijakan maharani putroe phang sebagai permaisuri sultan iskandar muda.
  12. Beliau pernah merajam anaknya sendiri yang bernama meurah pupok karena melakukan perzinahan dengan istri seorang perwira. Pada saat akan merajam anaknya beliau pernah mengucapkan kata- kata yang kata- kata tersebut menjadi patokan bagi bangsa aceh "mate aneuk mepat jeurat, godoh adat hana pat ta mita gadoh bangsa tinggai kauom, gadoh hukom reulheh agama, mate raja tinggai kerajeun, gadoh resam malei peutuwa".
Demikianlah penjelasan dan penjabaran mengenai Fakta Sultan Iskandar Muda semoga dengan adanya tulisan ini bisa memberikan wawasan dan sumber pengetahuan bagi segenap pembaca sekalian. Penulis artikel adalah Rauzatul Jannah.

Baca Juga;

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "12+ Fakta Sultan Iskandar Muda Yang Harus Kamu Baca!"

Posting Komentar