Biografi Nabi Muhammad dan Islam [Singkat+Lengkap]

FaktaTokoh.Com- Rangkaian tulisan mengenai tokoh terbaik di dunia, khususnya tokoh Islam di dunia begitu penting untuk dilakukan pengulasan yang panjang lebar. Salah satunya ialah Nabi Muhammad S.A.W yang dipercaya sebagai Nabi terakhir dengan membawa pesan kedamaian. Oleh karena itulah dalam artikel ini akan menjabarkan tentang biografi singkat dan peranan Nabi Muhammad.

Biografi Nabi Muhammad


Nabi Muhammad adalah rosul yang telah di utus untuk menyerbarluaskan Agama Islam di penjuru dunia. Nabi Muhammad dalam catatan biografi yang ada, lahir pada sekitar tahun 570 M di kota Mekah, kedua orang tuanya Nabi Muhammad ini pada faktanya meninggal ketika ia masih kecil. 

Kondisi ini menyebabkan Nabi Muhammad dibesarkan oleh anggota keluarganya yang lain. Ketika masih kecil, Nabi Muhammad berpergian melalui Timur Tengah dengan pamannya yang seorang pedagang.

Dan berhubungan dengan banyak sekali orang yang beraneka ragam faham akan gagasan dan kebiasaan-kebiasaan mereka. Nabi Muhammad tertarik dengan gagasan monoteisme yang ada pada ajaran Yahudi-Kristen.

Pada tahun 610, ketika dia sedang bermeditasi dekat kota mekah, dia mulai mengalami sederatan penglihatan, yang didalamnya tuhan memerintahkan agar menyebarkan monoteisme ke orang-orang yang menganut politeisme di semenanjung Arabia. Baca, juga; Biografi Siti Khadijah dan Kisahnya Sebagai Wanita Yang Agung

Islam


Nabi Muhammad juga mulai mendapatkan wahyu serta mukjizat Al-Qu’ran, yang merupakan kitab suci agama Islam. Begitu dia mendapatkan pengikut dalam imannya, penguasa di mekah mulai mengamatinya sebagai ancaman terhadap kekuasaan mereka.

Akhirnya, penguasa mengepung Muhammad dan pengikutnya di salah sudut dengan ancaman akan membiarkan mereka kelaparan sampai mati jika Muhammad menarik kembali apa yang telah dia ajarkan/ sebarkan dan pengikutnya meninggalkan Muhammad dan ajaran monoteisme.

Pada saat itu, dua faksi yang berseteru di sekitar madinah mulai tertarik terhadap muhammad dan kepercayaannya dan mengundangnya agar datang ke daerah mereka. Dia melarikan diri (terbebas) dan mekah pada tanggal 16 juli 622 dan pergi ke madinah.

Tanggal tersebut (terbebasnya Muhammad) disebut hijrah. Setelah bersatu dengan penguasa madinah, Muhammad membentuk satu pasukan yang digunakan untuk menyebarkan kepercayaan Islam kepada suku-suku seterusnya. Dia kembali mengalahkan mekah tahun 630, dan pada saat kematiannya, pasukannya telah mengubah kebanyakan rakyat di semenanjung Arabia.

Selama 10 tahun setelah kematian Muhammad, proses penyebaran Islam telah sampai ke Persia, Mesir, dan seluruh Timur Tengah. Pada pertengahan abad ke-delapan, daerah- daerah yang di kontrol kekaisaran Islam baik secara politik maupun secara agamaan, membentang dan Spanyol melalui Utara Afrika ke Timur Tengah, dan ke Asia Tengah.

Saat ini, Islam merupakan agama ke-dua yang paling banyak pemeluknya di dunia, lebih dan 800 juta pemeluk. Atau kira-kira 17 persen dan penduduk dunia. Seperti agama Yahudi dan Kristiani, Islam adalah agama monoteisme.

Pengikut-pengikut Islam percaya pada satu Tuhan, yang mereka sebut Allah. Orang-orang Islam berkata: “Tiada Tuhan selain Allah, dan Muhammad adalah rasul Allah”.

Demikianlah rangakain tulisan mengenai Nabi Muhammad dan Islam, yang di dapatkan dari hasil refrensi buku karya Nicholas Margerest, dan Eddy Soetrisno. “100 Tokoh Besar Yang Mempengaruhi Sejarah Dunia”. INTIMEDIA LADANG PUSTAKA: PTNUSANTARALESTARI CERIAPRATAMA. Adapun penulis yang mereferensi ini ialah Miswardi. Trimakasih, 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Biografi Nabi Muhammad dan Islam [Singkat+Lengkap]"

Posting Komentar