9+ Tokoh Pembaharuan Islam [Nama & Biografi] Lengkap

Islam pada zaman dahulu adalah agama yang sangat pesat berkembangannya. Sampai saat ini umat Islam di Indonesia dan Dunia masih belum bisa menerima tentang pembaharuan Islam tersebut. Dalam hal ini pandangan pada zaman Islam dulu adalah ajaran Islam yang dahulu di ganti dengan ajaran Islam yang baru. Padahal ajaran Islam yang dahulu sudah termasuk kedalam ijtihad.

Tokoh Pembaharuan Islam


Maka dari itulah penting bagi artikel ini untuk menuliskan tentang nama dan biografi singkat mengenai tokoh-tokoh yang menjadi pelopor dalam pembaharuan Islam pada masa saat ini, diantaranya adalah sebagai berikut;

Muhammad bin Abdul Wahab

Pada abad ke 19 telah terjadi pembaharuan pemikiran dalam islam. dalam hal ini yang telah mencetus kan pembaharuan tersebut adalah Muhammad bin Abdul Wahab pada tahun 1703 sampai dengan 1787.

Perlu diketahui bahwa Muhammad bin Abdul Wahab. Muhammad bin Abdul Wahab ini lahir di Uyainah, Nejd, di Arab Saudi. Kemudian pada saat selesai pembelajaran DI Madinah kemudian Muhammad bin Abdul Wahab ini hijrah di Basrah dan kemudian ia tinggal di sana selama 4 tahun.

Kemudian Muhammad bin Abdul Wahab ini pindah ke baghdad dan kemudian Muhammad bin Abdul Wahab ini menikah dengan seorang wanita asli orang Baghdad sana. Kemudian setelah istri dari Muhammad bin Abdul Wahab ini meninggal dunia. Ia kembali pindah tempat ke Kurdistan.

Pemikiran yang dipikirkan oleh Muhammad bin Abdul Wahab ini adalah sebuah pemikiran tentang kedudukan umat Islam yang baru bukan hanya datang sebagai reaksi dari pemikiran politik itu sendiri melainkan dari pemikiran umat islam tersebut. dalam hal ini ada beberapa pemikiran Muhammad bin Abdul Wahab yang termasuk kedalam pembaharuan islam itu sendiri.Ddiantaranya pada abad ke-19 yaitu sebagai berikut:

  • Menurut Muhammad bin Abdul Wahab ini hanya ada dua sumber yaitu al-qur’an dan juga hadis pendapat para ulama
  • Menurut Muhammad bin Abdul Wahab bukan merupakan sumber–sumber Islam
  • Menurut Muhammad bin Abdul Wahab Taklid kepada ulama tidak dibenar oleh Islam
  • Menurut Muhammad bin Abdul Wahab ini pintu ijtihad terbuka dan tidak ditutup oleh Islam itu sendiri.
Syah Waliyullah

Syah Waliyullah ini adalah seorang yang lahir di Delhi, pada tanggal 21 Februari 1703 M. Syah Waliyullah ini memperoleh pendidikan dari keluarganya yang telah mendirikan sebuah madrasah. Kemudian Syah Waliyullah ini telah tumbuh dewasa ia kembali mengajar di madrasahnya juga dan pada saat itu setelah beberapa tahun kemudian Syah Waliyullah ini naik haji.

Lain itu Syah Waliyullah juga sempat pergi ke hejaz untuk belajar bersam ulama-ulama yang ada di sana. selain itu Syah Waliyullah ini adalah seorang yang selalu mengembangkan dan mempelajari agam–agama Islam, bukan hanya itu saja tapi Syah Waliyullah ini juga adalah seorang yang ahli dalam menulis buku dan masih banyak karya–karyanya yang berhubungan dengan agama islam tersebut.

Muhammad Ali Pasya

Muhammad Ali Pasya adalah seorang yang lahir pada tahun 1769. Muhammad Ali Pasya ini lahir di Kawala lebih tepatnya di Kawala yaitu di yunani. Muhammad Ali Pasya adalah seorang yang lahir dari keturunan bangsa Turki.

Kemudian dalam sejarah biografinya Muhammad Ali Pasya adalah seorang yang telah meninggal di Mesir pada tahun 1849 M. Muhammad Ali Pasya adalah seorang yang hanya mementingkan soal-soal tentang keislam nya saja dalam hal ini Muhammad Ali Pasya adalah seorang yang lahir di daerah mesir dan keturunan dari bagsawan arab. kemudian pada saat itu Muhammad Ali Pasya ini masih menyediakan sebuah sekolah–sekolahan dan juga menyediakan untuk sekolah jurusan sains dan juga
jurusan keilmuan.

Al–Tahtawi

Al–Tahtawi ini adalah seorang yang lahir pada tahun 1801 M. yang berada di Tahta. Tahta ini adalah sebuah kta yag berasal dari kta Mesir yang berada di bagian selatan lebih tepatnya. Al – Tahtawi ini meninggal di Kota Kairo yang berada di mesir pada tahun 1873 M.

Dalam hal ini ada beberapa yang di lakukan oleh Al–Tahtawi dalam pembaharuan untu Islam sendiri,
diantaranya adalah Al–Tahtawi ini berkata kepada masyarakat yang ada di sekitarnya tersebut bahwa agama islam ini bukan hanya mementingkan tentang akhirat saja.

Tetapi juga kehidupan yang ada di dunia, jadi manusia yang ada di dunia ini juga harus mementingkan kehidupan akhirat. selain itu juga kekuasaan raja yang absolut juga harus dapat dibatasi dengan syariat, selain itu juga raja harus bermusyawarah terlebih dahulu dengan para ulama dan juga kaum intelektual.

Dalam hal ini syariat juga harus di sesuaikan dengan perkembangan modern, dalam hal ini pendidikan harus memiliki sifat Universal yang artinya adalah pendidikan yang diperoleh oleh wanita dan juga pria harus sama. dan ada juga pembaharuan yang lainnya seperti Umat islam harus memiliki sifat yang dinamis tidak boleh Statis.

Jamaludin Al-Afgani

Jamaludin Al-Afgani adalah seorang yang seorang yang lahir pada tahun 1839 dan kemudian Jamaludin Al-Afgani ini meninggal di Istambul pada tahun 1897. pada saat umur Jamaludin Al-Afgani sudah menginjak dua puluh dua tahun. Jamaludin Al-Afgani ini adalah seorang yang pernah menjadi pembantu dalam dan pada tahun 1864 Jamaludin Al-Afgani juga pernah menjadi seorang penasehat.

Ada beberapa pembaharuan yang telah dibuat oleh Jamaludin Al-Afgani diantaranya adalah kemuduratan yang dilakukan oleh umat islam sering kali disebabkan bukan karena islam tidak berkembang sesuai dengan zaman sekrang, melainkan karena islam menyebabkan sebuah kemuorotan karena berbagai faktor.

Dalam hal ini untuk dapat mengembalikan kejaya islam pada jaman dahulu dan juga dalam menghadapi dunia modern. umat islam harus dapat kembali kedalam ajaran islam yang murni dan islam juga harus di pahami dengan sebuah akal sehat yang sangat murni. Dalam hal ini raja harus mamu bermusyawarah dengan para tokoh utama dan juga para ulma, bukan hanya itu saja agama islam ini harus memiliki sifat yang demikratis.

Sayyid Ahmad Khan

Dalam hal ini Sayyid Ahmad Khan dalam hal pembaaruan islam adalah sebagai berikut, kemunduran yang dilakukan oleh umat islam disebabkan karena kurang tahunya akan sains dan juga teknologi, sumber alqur’an yang dikenal oleh islam adalah al-qur’an dan juga hadist dan tidak akan ada yang lainnya selain kedua itu.

Dalam hal ini satu-satunya cara untuk membuat umat islam menjadi sosok orang yang cerdas dan juga banyak pengetahuan adalah dengan melakukan pendidikan, selain itu juga umat islam sangat perlu ijtihad agar umat islam dapat berkembang sesuai dengan perkembangan zaman yang ada saat ini.

Sultan Mahmud II

Dalam hal ini pembaharuan yang di lakukan oleh Sultan Mahmud II ini adalah islam telah menerapkan sistem demokrasi dalam pemerintahannya tersebut, dalam hal ini islam juga telah meniadakan tentang pengutusan sultan yang di anggap suci oleh para masyarakatnya tersebut, dalam hal ini kurikulumnya diberikan kepada lembaga–lembaga pendidikan di madrasah. dalam hal ini juga bisa mendirikan sekolah militer, kedokteran dan juga tekhnik.

Muhamad Iqbal

Muhamad Iqbal adalah seorang yang berasal dari keturunan Keluarga yang sedang saja. yang berasal dari Punjab dan Muhamad Iqbal ini lahir di Sialkot pada tahun 1876. Muhamad Iqbal ini adalah seorang yang telah memiki profesi sebagai seorang pengacara.

Dalam hal ini pembaharuan yang telah di lakukan oleh Muhamad Iqbal ini dalam islam adalah ijtihad ini memiliki sebuah kedudukan yang sangat penting, dalam pembaharuan islam dan juga pintu ijtihad ini masih tetap terbuka, dalam hal ini islam di anjurkan untuk tidak pernah diam dengan segala apa yang ia lakukan islam menganjurkan untuk bergerak dengan semangat dalam apapun itu tindakan yang sedang di lakukan.

Dalam hal ini agar islam tidak tertinggal islam harus menguasai sais dan juga teknologi yang telah dimiliki oleh barat. dalam hal ini isam juga menganjurkan untuk selalu memiliki sifat yang dinamisme, kemunduran umat islam ini disebabkan karena cara berfikir umat islam yag sempit, hukum islam berkembang sesuai dengan perkembangan zaman, jadi tidak statis.

Baca Juga;
  1. Ustadz Abdul Somad (Tokoh Ulama Yang Merangkul Semua Golongan Organisasi Islam)
  2. Ibnu Sina dan Sejarah Hidup Dokter Serba Bisa
  3. TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid "Pahlawan Nasiona dari NTB"
Demikianlah serangkaian penjelasan dan pembahasan secara lengkapnya mengenai nama dan biografi daripada tokoh pembaharuan Islam. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa memberikan wawasan dan pengetahuan yang mendalam bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih, 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "9+ Tokoh Pembaharuan Islam [Nama & Biografi] Lengkap"

Posting Komentar