Ustadz Abdul Somad (Tokoh Ulama Yang Merangkul Semua Golongan Organisasi Islam)



Faktatokoh.com-Siapa yang tak kenal dengan dai kondang yang memiliki gaya retorika sangat memukau dan membuat para jamaahnya terpesona dengan penyampaiannya yang lugas dan mudah
dipahami. Ia adalah Ustadz Abdul Somad yang berasal dari Riau.

Ustadz Abdul Somad

Beliau lahir di sebuah desa bernama Silo Lama di wilayah kabupaten Asahan, Sumatera Utara pada tanggal 18 Mei 1977. Tak sedikit jamaah yang mengidolakan beliau dan ceramahnya ditunggu-tunggu.

Selain ia memiliki pemahaman yang luas dan komperenship dalam menjelaskan isi ceramahnya, dalam ceramahnya juga membuat jamaah tertawa karena bahasanya yang lucu namun berisi penuh dengan wawasan ilmu agama. Karena bahasanya yang mudah dipahami dan sangat komunikatif dengan para jamaahnya. Sehingga dari awal beliau ceramah sampai selesai, jamaah yang mendengarkan sangat serius dan terus mendengarkan apa yang disampaikan oleh Ustadz Abdul Somad.

Kecerdasan sang Ustadz

Tak hanya ilmunya yang luas serta mudah dipahami oleh jamaahnya. Setiap Ustadz Abdul Somad mengisi ceramah, jamaah yang hadir sangat banyak dan memenuhi seluruh area pengajian. Seperti halnya ketika pertama kali mengisi di Damai Indonesia yang disiarkan oleh TV One, jamaahnya membanjiri area dalam masjid, area luar masjid serta ada yang rela berdiri karena ingin mendengarkan ceramah beliau.

Hal inilah setidaknya menjadi panutan bagi seluruh umat islam yang ada di Indonesia khususnya dan umumnya bagi seluruh dunia. Ustadz Abdul Somad selain ia banyak mengisi di dalam Indonesia, ia juga sering mengisi diluar negeri, misalnya ia ngisi ceramah dimalayasia.

Tokoh Agama Islam 

Ustadz Abdul Somad merupakan tokoh agama islam yang sangat mudah diterima masyarakat. Yang dimulai dari ceramahnya banyak di channel youtube, sehingga memudahkan para pendengarnya untuk menikmati ceramah Ustadz Abdul Somad.

Berawal dari banyak nya tayangan ceramah beliau di youtube, akhirnya ceramah beliau meluas hingga ia mengisi diberbagai daerah bahkan stasiun televisi nasional. Karena ceramah beliau merangkul semua golongan organisasi islam, tentunya banyak jama’ah yang menyukainya. Terlihat dari akun medsos instagram follownya mencapai 2,5 jutaan dan di halaman facebooknya mencapai 1,2 jutaan yang menyukai halaman beliau.

Ustadz Abdul Somad mungkin sekitar awal tahun baru 2018, namanya mulai dikenal oleh masyarakat islam di Indonesia. Pemahaman ilmunya yang luas, membuat ia mampu mengenali kondisi jamaahnya. Tak ada jamaah yang tak suka dengan ceramah beliau.

Semua mayoritas islam sangat suka. Jutaan jamaah yang mengagumi, hingga ceramah beliau sangat ditunggu. Termasuk ketika beliau mengisi ceramah di pesantren Daarut Tauhiid Bandung, jamaahnya sangat banyak dan antusias mengikuti jalannya ceramah yang disampaikan oleh beliau. Tak heran, bila ada sebagian orang yang mengatakan bahwa beliau adalah dai sejuta ummat. Selain itu, banyak yang menyebut Ustadz Abdul Somad merupakan "pengganti".

Menjadi Sosok Yang Di Segani Masyarakat

Almarhum KH Zainudin MZ karena kajian-kajian dan tausiahnya yang mudah diterima semua lapisan masyarakat. Ustadz ahli Hadist asal Provinsi Riau tersebut sekarang sudah sejajar dengan penceramah-penceramah level nasional. Beliau juga di tahun 2018 ini mendapatkan penghargaan dari Harian Republika sebagai salah satu Tokoh Perubahan Republika 2017 pada acara penganugerahan Harian Republika pada tanggal 10 April 2018.

Ini membuktikan ceramah- ceramah beliau sangat mempengaruhi seluruh ummat dan segala unsur yang berhubungan dengan kemajuan bangsa Indonesia. Setiap kata yang terucap dari beliau selalu menginspirasi banyak orang dan menjadi referensi bagi anak-anak bangsa. Baik itu yang berhubungan dengan keummatan ataupun yang berhubungan dengan kebangsaan Indonesia. Tentunya pemikiran beliau sangat diperlukan untuk menginspirasi anak-anak bangsa.

Prestasi Sang Ustadz

Kesuksesan beliau dalam keilmuan agama islam dan menjadi tokoh perubahan Harian Republika serta dikagumi oleh lapisan masyarakat. Ini tidak terlepas dari perhatian kedua orang tuanya yang memasukkan Ustadz Abdul Somad ke sekolah pendidikan islam. mulai dari SD, SMP sampai SMA nya pun beliau masuk ke Aliyah.

Termasuk ketika masuk kuliah, beliau belajar di Universitas UIN SISKA Riau sampai tahun 1998. Kemudian beliau melanjutkan pendidikan ke Kairo Al-Azhar Mesir. Setelah mendapatkan beasiswa dari pemerintahan Mesir.

Mendapat Beasiswa Luar Negeri

Beliau merupakan dari 100 orang yang mendapatkan beasiswa pemerintahan Mesir yang mengalahkan 900 pelamar lainnya. Selesai dengan S1 nya di Mesir, mendapatkan gelar Lc (License) yang merupakan gelar dari Universitas di Timur Tengah.

Selanjutnya beliau, mendapatkan beasiswa S2 dari kerajaan Maroko yaitu kuliah Insitut Dar Al-Hadist pada tahun 2004. Beliau merupakan salah satu dari 5 orang Asing yang mendapatkan beasiswa kerajaan Maroko. Hanya satu tahun 11 Bulan beliau menyelesaikan pendidikan S2 nya di Insitut Dar Al- hadist dan mendapatkan gelar D.E.S.A (Diplome d’Etudes Superieurs Approfondies).

Pengalaman beliau dalam menyelesaikan pendidikan tersebut mulai dari kecil hingga S2 di Maroko. Menjadikan beliau kaya akan ilmu agama dan wawasannya sangat luas. Termasuk beliau mendapatkan beasiswanya mulai dari S1 hingga S2nya. Terlihat ketika beliau masuk ke Universitas Al-Azhar beliau mendapatkan beasiswa salah satu dari 100 orang yang mendapatkannya dan mengalahkan 900 pelamar lainnya.

Beliau sangat pantas mendapatkan gelar sebagi tokoh perubahan Harian Republika. Pengalaman yang menginspirasi  banyak orang mulai dari semangat belajarnya hingga menyelasaikan S2 di Maroko, menjadikan nya salah satu tokoh yang mumpuni untuk menjadi tokoh yang juga bisa menjadi tuntunan bagi umat islam maupun semua kalangan.

Demikianlah tulisan tentang Tokoh Ulama yaitu Ustadz Abdul Somad yang dapat menginspirasi bagi segenap pembaca dan semoga bermanfaat. Adapun penulis artikel ini adalah  Abun Bunyamin. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ustadz Abdul Somad (Tokoh Ulama Yang Merangkul Semua Golongan Organisasi Islam)"

Posting Komentar