7+ Tokoh Bandung Lautan Api [Nama & Peristiwa] Lengkap

Perlu diketahui bahwa terjadinya peristiwa Bandung Lautan Api ini adalah dikarenakan pada saat itu Inggris mulai memasuki Kota Bandung yang dilakukan sejak bulan oktober tahun 1945. Hal ini menyebabkan terjadinya sebuah pertempuran yang dilakukan oleh para tokoh Bandung Lautan Api. Alasan pertempuran dilakukan karena Inggris dan juga Nica yang memulai melakukan penyerangan pada saat itu.

Bandung Lautan Api


Peristiwa sejarah singkat Bandung Lautan Api terjadi pada bulan November NICA masih merajalela di Bandung. Hal ini mengakibatkan pertemuran yang amat dahsyat di antara kedua daerah ini. pada saat itu Inggris dan juga kelompok NICA memberikan kekuasaan nya penuh di berikan kepada Inggris.

Namun pertanyaan tersebut langsung di sanggah oleh para pemuda Indonesia. mereka yaitu para pemuda masih membela Indonesia ini dengan amati-matian sampai negara Indonesia aman dan juga damai.

Sesuai dengan kebijakan yang telah dibuat oleh politik diplomasi, maka dari itu Indonesia mengosongkan daerah Bandung Utara, namun para sekutu meminta pengosongan lebih luas lagi, yaitu sebesar 11 km, sehingga hal ini membuat Indonesia kebingungan. karena hal ini lah terjadilah sebuah pertempuran yang sangat sengit diantara keduanya tersebut.

Pada saat itu terjadi pertempuran yang hebat dengan terbakarnya daerah bandung dengan batas hampir 11 km tersebut. Bukan hanya itu saja penduduk pun mulai pindah dari tempat satu ke tempat yang lain akibat pertempuran tersebut. setelah kota Bandung telah menjadi kota lautan apai maka kota Bandung telah di tinggalkan oleh para sekutu tersebut. hal ini lah kemudian di abadikan dengan beberapa lagu, seperti Halo-Halo Bandung.

Tokoh Bandung Lautan Api


Setidaknya ada beberapa tokoh yang terlibat dalam peristiwa Halo-Halo Bandung tersebut, diantaranya adalah sebagai berikut;

Tokoh Bandung Lautan Api adalah Presiden Sukarno

Jasa yang telah di lakukan oleh Presiden pertama kita ini yaitu Presiden Sukarno memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Fakta Sukarno ini merasa sangat prihatin oleh bangsa Asia Afrika yang belum merdeka. hingga akhirnya presiden Sukarno membentuk sebuah perkumpulan atau mengadakan sebuah Konferensi yang di sebut juga sebagai KAA Yaitu Konferensi Asia Afrika yang di laksanakan di kota Bandung.

Dalam Konferensi yang di lakukan ini menghasilkan Dasa Sila Bandung. karena jasa yang di lakukan oleh Presiden Sukarno maka negara Asia Afrika ini angsung banyak sekali yang merdeka. Bukan hanya itu saja bangsa Asia Afrika saat itu menjadikan Kota Bandung sebagai ibukota dari bangsa Asia Afrika itu sendiri. Hal ini dikarena adanya konferensi Asia Afrika tersebut hingga sampai saat ini bukti dari keberhasilan Presiden Sukarno dalam KAA dapat di rasakan. Selengkapnya, baca; Masa Kecil Soekarno "Sang Proklamator Indonesia"

Tokoh Bandung Lautan Api adalah Nurtanio Pringgoadisuryo

Nurtanio Pringgoadisuryo ini adalah seorang yang lahir pada tanggal 3 Desember 1923 di kota Kandangan lebih tepatnya di Kalimantan Selatan. Nurtanio Pringgoadisuryo ini adalah seorang yang dapat membuat pesawat pertama kali.

Pesawat pertama yang telah dibuat oleh Nurtanio Pringgoadisuryo ini adalah all metal dan fighter yang berada di Indonesia yang telah diberinama dengan sikumbang di susul dengan kunan- kunang dan juga Gelatikdan juga Nurtanio Pringgoadisuryo ini telah memproduksi pesawatnya yang baru yang akan diberinama dengan sebuatan F-27 tersebut.

Nurtanio Pringgoadisuryo ini adalah seorang yang memiliki jasa tersendiri untuk negara kesatuan republik Indonesia. Ada sebuah PT yang telah didirikan oleh Nurtanio Pringgoadisuryo ini yang di beri nama dengan PT. Industri Pesawat Terbang Nurtanio atau biasa disebut juga dengan IPTN yang sekarang dapat kita sebut sebagai PT Dirgantara Indonesia.

Nama dari Nurtanio Pringgoadisuryo ini telah menjadi nama yang tidak asing lagi bagi kalangan Indonesia terutama dari kalangan para pejuang Indonesia pada tahun 1970 sampai dengan 1990 an tersebut.

Karena nama Nurtanio Pringgoadisuryo semakin hari semakin melambung tinggi , hal ini juga berpengaruh terhadap nama PT yang telah di buat oleh Nurtanio Pringgoadisuryo yaitu PT. Industri Pesawat Terbang Nurtanio atau biasa disebut juga dengan IPTN

Tokoh Bandung Lautan Api adalah Franz Wilhelm Junghuhn

Franz Wilhelm Junghuhn ini adalah seorang tokoh Indonesia yang lahir pada tanggal 26 Oktober 1809 dan kemudian Franz Wilhelm Junghuhn ini meninggal pada tanggal 24 April 1864 di Kota lembang, lebih tepatnya Bandung.

Franz Wilhelm Junghuhn ini meninggal pada usinya yang telah menginjak umur 54 tahun. Franz Wilhelm Junghuhn ini dimakamkan di daerah Lembah Jayagiri, dilembang.Franz Wilhelm Junghuhn ini adalah seorang tokoh yang termasuk kedalam tokoh bandung lautan api atau yang berjasa saat perang tersebut terjadi, saat sekutu menyerang Indonesia terutama kota Bandung tersebut.

Perlu diketahui bahwa Franz Wilhelm Junghuhn ini adalah seorang naturalis. selain itu juga Franz Wilhelm Junghuhn ini adalah seorang doktor yang handal dalam bidangnya tersebut. Franz Wilhelm Junghuhn ini juga seorang botaniqus geolog dan juga seorang yang menjadi pengarang kebangsaan Negara Jerman yang memiliki kecintaan terhadap alam yaitu priangan bil khusu terutama untuk kota Bandung tersebut.

Franz Wilhelm Junghuhn ini adalah orang yang pertama telah menanam sebuah bibit unggul yaitu Kina yang berada di pulau Jawa tersebut. di Kota Bandung pada saat itu secara deratis menjadi sebuah kota yang terkenal dengan kota yang memiliki hasil Kina paling subur dan juga paling banyak.

Hal ini dapat terjadi karena hasil campur tangan dari Franz Wilhelm Junghuhn ini. pada saat perang dunia ke II hampir sekitar 90% orang Indonesia telah memiliki Penghasilan Kina, terutama di kota Bandung.

Hasil yang di perolehnya sangat banyak hingga tersedia pabrik dan juga kebun –kebunn yang banyak dan juga luar di kota Bandung ini, hingga saat ini pabrik- pabrik ini masih tetap berdiri kokoh dan juga masih di gunakan sampai saat ini. abrik ini berada di Jl. Padjajaran lebih tepatnya di Kota Bandung.

Tokoh Bandung Lautan Api adalah Profesor C. P. Wolff Schoemaker

Profesor C. P. Wolff Schoemaker ini merupakan seorang arsitek yang terkemuka dan merupakan banyak karya yang telah di buatnya yang ada di Indonesia apalagi untuk Kota Bandung sendiri. hasil karya dari Profesor C. P. Wolff Schoemaker ini di jadikan sebagai monument yang sangat unik dan bagus. selain itu monumen yang berisi karya Profesor C. P.

Wolff Schoemaker ini di jadikan sebagai sebuah ciri khas tersendiri untuk kota Bandung. dalam hal ini ada beberapa karya yang telah di buat oleh Profesor C. P. Wolff Schoemaker ini adalah sebagai berikut: Villa Isola, Hotel Preanger, Gedung Merdeka, Peneropongan Bintang Bosscha, Bioskop Majestik, selain itu masih banyak lagi peninggalan yang telah di buat dari hasil karya Profesor C. P. Wolff Schoemaker ini sensiri seperti, Landmark Building, Gedung Jaarbeurs, Penjara Sukamiskin, Gereja Bethel, Katredal St. Petrus, Masjid Raya Cipaganti, hasil karya yang telah di buat oleh Profesor C. P. Wolff Schoemaker memang sangat banyak.

Hal ini lah yang membuat Profesor C. P. Wolff Schoemaker ini disebut juga sebagai arsitektur yang handal. bukan hanya itu saja berkat karya dari Profesor C. P. Wolff Schoemaker ini Indonesia terutama kota Bandung menjadi sebuah kota yang memeiliki daya tarik tersediri sampai saat ini, banyak orang–orang yang ingin berkunjung di kota Bandung untuk sekedar berlibur pada saat itu.

Tokoh Bandung Lautan Api adalah Mohammad Toha

Mohammad Toha adalah seorang tookoh bandung lautan api yang telah lahir pada tahun 1927 di Kota Bandung. Mohammad Toha adalah seorang tokoh komandan barisan untuk rakyat Indonesia. Mohammad Toha ini mendapatkan sebuah kelompok milisi pejuang yang memang aktif pada saat memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Mohammad Toha ini di sebut sebagai tokoh bandung lautan api pada tanggal 24 maret 1946. kemudian toha juga meninggal pada saat peristiwa kebakaran yang telah menhancurkan gudang tersebut.

Hal ini di lakukan oleh bangsa sekutu dan juga temannya tersebut yaitu Muhammad Ramadhan setelah dinamit yang ada di gudang tersebut meledak, sehingga hal ini menyebabkan kerugian yang sangat mendalam.

Hal ini lah yang membuat Mohammad Toha dan juga Ramadhan disebut sebagai daftar tokoh pergerakan Nasional di Indonesia. karena mereka sangat lah aktif dalam membela kemerdekaan Indonesia.


Baca Juga;
  1. Tokoh Sumpah Pemuda [Nama & Isi]
  2. Tokoh Proklamasi di Indonesia [Nama & Biografi]
  3. Tokoh Perumus Pancasila [Rumusan dan Isi]

Demikianlah serangkaian penjelasan dan pembahasan secara lengkapnya mengenai nama, biografi, dan proses sejarah peristiwa yang terjadi di dalam Tokoh Bandung Lautan Api. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa memberikan wawasan dan pengetahuan para pembaca sekalian. Trimakasih, 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7+ Tokoh Bandung Lautan Api [Nama & Peristiwa] Lengkap"

Posting Komentar