18+ Tokoh Sumpah Pemuda [Nama & Isi] Lengkap

Perlu diketahui bahwa pada tanggal 28 oktober 1928 adalah sebuah peristiwa yang sangat menegangkan dan mengharukan di Indonesia. Dimana pada saat itu di cetuskan nya "Sumpah Pemuda". Deklarasi yang dilakukan oleh tokoh sumpah pemuda tersebut dilakukan di Jakarta.

Isi Sumpah Pemuda


Terjadi sumpah pemuda tidak terlepas dari peran penting tokoh-tokoh yang sangat berjasa di Indonesia. Dalam deklarasi ini juga telah mendapatkan tiga poin penting yang harus di tepati, dan dijaga oleh para pemuda Indonesia tersebut, diantaranya point-point penting itu adalah;

  1. Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu tanah air Indonesia
  2. Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa satu bangsa Indonesia
  3. Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.
Pada saat itu dalam sejarahnya pernah juga pelajar dari seluruh wilayah Indonesia atau biasa di sebut dengan PPPI, dan kemudian ia berkumpul di gedung KJB (Katholieke Jingenlingen Bond, Waterlooplein yang saat ini telah di sebut sebgai lapangan banteng.

Pada saat itulah semangat para pemuda Indonesia sedang meluap dan patut untuk mendapatkan sebuah apresiasi. Semangat dalam mendirikan sebuah negara hingga akhirnya terbentuklah kongres pemuda yang kedua. Muhamad Yamin adalah seorang yang merumuskan kongres pemuda.

Pada saat itu ia menulis rumusan sumpah pemuda di selemar kertas yang kemudian ia berikan kepada sugondo. Banyak sekali telah ditemukan orang-orang yang berjasa dalam perjuangan sumpah pemuda ini.

Pemuda Indonesia memiliki tekad yang sama dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia ini. semangat yang tinggi juga harus tetap di jaga dan tetap di terpkan dalam kehidupan hingga saat ini. namun selain itu juga kita harus dapat mengetahui siapa saja tokoh-tokoh dalam perumusan sumpah pemuda yang memiliki peran penting pada saat itu.

Tokoh Sumpah Pemuda


Adapun kumpulan nama dan biografi dari tokoh-tokoh penting yang ada di dalam sumpah pemuda tersebut diantaranya adalah sebagai berikut;

Soenario

Soenario adalah seorang yang lahir di madiun, jawa timur. Pada saat itu Soenario melakukan pendidikan di Indonesia baru kemudian melanjutkan pendidikannya di Belanda. Nama lengkap dari soenario adalah Prof.Mr. Sunario Sastrowardoyo.

Beliau Menjadi seorang yang aktif dalam membela negara Indonesia, Soenario ini adalah seorang seorang yang menjabat sebagai penasehat dan juga pengacara pada saat itu. Soenario sebagai penasehat panita perumusan sumpah pemuda.

J. Leimena

J.Leimena adalah seorang yang aktif dalam membela negara Indonesia sampai adanya sumpah pemuda tersebut. J. Leimena adalah seorang ilmuan yang lahir di ambon pada tahun 1905. Nama asli dari J. Leimena adalah Johannes Leimena.

Pada saat kongres pemuda II, Pada saat itu J. Leimena menjadi seorang panitia kongres. J. Leimena adalah seorang yang yang aktif dalam organisasi dan juga J. Leimena ini mengetahui tentang organisasi Jong Ambon.

Sugondo Dejojopuspito

Sugondo puspito adalah seorang yang aktif pada saat sumpah pemuda. Sugondo puspito ini juga pernah tinggal di rumah Ki Hajar Dewantara. Sugondo Djojopuspito ini lahir pada tahun 1905. Hal yang perlu dibanggakan dari Sugondo Djojopuspito ini adalah di seorang pemimpin dari Kongres Sumpah Pemuda yang ke dua. Sehingga kongres pemuda dapat terkenal sampai saat ini. hal ini membuat sugondo djojopuspito sangat di segani dan masih di ingat sampai saat ini.

Djoko Marsaid

Pada saat itu Djoko Marsaid ini adalah seorang aktivis pada saat peristiwa sumpah pemuda . ia merupakan wakil ketua pada kongres pemuda yang berlagsung saat itu. Ia adalah seorang yang mewakili organisasinya yaitu Jong Java pada saat itu.

Namun banyak sekali orang-orang yang tidak tahu akan latar belakang dari Djoko Marsaid ini. namun dari itu ia adalah seorang yang memiliki peran penting dalam kongres pemuda dan jasa yang telah di raihnya juga sangat cukup baik untuk di kenang.

M.Yamin

Pada saat itu M. YAMIN ini adalah seorang penyair puisi. Yang dari awal ia adalah seorang yang dapat menuliskan syair puisinya tersebut, kemudian puisinya itu tentang zaman moderen yang telah berkembang di nusantara pada saat itu. Pada saat itu ia juga sangat antusias sekali untuk dapat menggunkan bahasa Indonesia sebagai bahasa peraturan. M. Yamin ini dalah seorang yang lahir pada tahun 1903 di daerah Minangkabau.

Amir Saifudin Harahap

Amir Saifudin Harahap ini adalah seorang yang memiliki ide-ide yang sangat bagus sehingga ia dapat membantu dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi saat sumpah pemuda hingga akhirnya sumpah pemuda dapat di tetapkan.

Ia juga adalah seorang yang pernah mendapat hukuman mati saat menjadi seorang aktivis dalam pergerakan akti jepang pada saat itu. Amir Saifudin Harahap adalah seorang wakil dari Jong Batak Bond.

W.R Supratman

W.R Supratman adalah seorang yang pernah bekerja sebagai wartawan dan juga sebagai pengarang. W.R Supratman, ia juga sangat pandai dalam memainkan biola. Pada saat malam terakhir penutupan sumpah pemuda, ia telah memainkan instrumen yang sangat bagus dengan biola yang ia miliki. Dan akhirnya intrumental yang dimainkan itu di kenal dengan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Lagu tersebut kini dijadikan sebagai lagu kebangsaan Indonesia Raya.

S. Mangonsarkoro

Perlu di ketahui bahwa S.Mangonsarkoro adalah seorang yang memiliki peran penting saat sumpah pemuda. Ia adalah seorang yang memperjuangkan pendidikan nasional pada saat itu. S. Mangonsarkoro adalah seorang yang lahir pada tahun 1904.

Pada saat kongres pemuda 1 dan kongres pemuda II ia sangat sering membicarakan mengenai pendidikan Nasional untuk anak bangsa, sehingga dalam hal ini ia diangkat menjadi seorang mentri pendidikan dan juga diangkat sebagai mentri kebudayaan Indonesia tahun 1949 sampai tahun 1950.

Kartosuwirjo

Pada masa sumpah pemuda kala itu, Kartosuwirjo adalah salah satu orang yang memang di anggap sebagai orang yang beruntung. Ia dapat mencari ilmu di daerah eropa yaitu di HIS (Hollann Inlandsche School yang berada di daerah Rembang.

Perlu diketahui bahwa sekolah ini adalah salah satu sekolah terbaik dan juga sekolah elit yang ada di daerah ini. Sekolah ini hanya akan menerima untuk orang eropa, orang Indonesia, totok, atau bahkan campuran.

Kartosuwirjo adalah seorang yang lahir pada tahun 1905 bulan 7 Februari ini adalah seorang yang pernah menjabat sebagai pemimpin DI/TII yang mendeklarasikan Negara Islam Di Indonesia pada saat itu. Kartosuwirjo adalah salah satu pelaku sejarah yang sangat penting pada sumpah pemuda pada tahun 1928.

Kasman Singodimedjo

Kasman Singodimedjo adalah seorang yang lahir di Jawa Tengah lebih tepatnya di daerah Purworejo. Ia adalah seorang yang dapat di sebut sebagai perintis keberadaan pramuka di Indonesia pada kala itu.

Kasman Singodimedjo ia juga di kenal sebagai seorang orator yang sangat gigih dalam membela negara Kesatuan Republik Indonesia. Kasman Singodimedjo adalah seorang yang pernah menjabat sebagai Jaksa Agus pada kala itu, yaitu sekitar tahun 1945 hingga tahun 1946.

Muhamad Roem

Muhamad Roem adalah seorang yang memiliki tekad sangat kuat dalam perumusan ikrar sumpah pemuda pada saat itu. Ia juga adalah seorang mahasiswa hukum. Muhamad Roem ini adalah seorang aktifis muda pada saat itu. Pada saat itu Muhamad Roem ia merasa di diskriminasi di Negara Belanda. Maka dari itu ia bertekad untuk menjukkan yang terbaik untuk kehidupannya tersebut.

A.K Gani

A.K Gani adalah seorang aktivis yang lahir di palembang, Sumatra Barat pada tahun 1905 nama asli dari A.K Gani adalah Adnan Kapau Gani. Ia adalah seorang yang aktif dalam organisasi dan salah satunya di Jong Sumatra Bond.

Sie Kong Liong

Sie Kong Liong adalah salah satu orang yang memang terkenal pada masa itu. Banyak sekali orang yang membicarakan Sie Kong Liong ini. pada saat berbicara sumpah pemuda juga nama Sie Kong Liong ini selalu ada. Hal ini di karenakan Rumah yang di jadikan sebagai kongres pemuda II adalah rumah dari Sie kong liong ini. namun untuk saat ini rumah dari Sie Kong Liong ini telah menjadi museum.

Baca Juga;
  1. Daftar Tokoh Pergerakan Nasional di Indonesia [Nama & Biografi]
  2. Tokoh Inspiratif di Indonesia dan Dunia [Nama/Biografi]
  3. Tokoh Perumus Pancasila [Rumusan dan Isi]
Demikianlah serangkaian tulisan dan penjelasan mengenai sejarah, nama, dan isi yang ada di dalam tokoh sumpah pemuda. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa memberikan wawasan dan juga pengetahuan bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih, 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "18+ Tokoh Sumpah Pemuda [Nama & Isi] Lengkap"

Posting Komentar