7+ Tokoh Pendiri ASEAN [Nama & Biografi] Lengkap

ASEAN merupakan sebuah organisasi atau perkumpulan yang meliputi kerjasama Internasional antara negara-negara yang letaknya berada di daerah Kawasan Asia Tenggara. ASEAN ini terbentuk pada Tahun 1967 oleh beberapa tokoh pendiri ASEAN. Pembentukan itu dimulai pada saat peristiwa Deklarasi Bangkok yang sampai saat ini sekitar 10 negara yang tergabung dalam organisasi ini. Namun pada awalnya hanya ada 5 negara saja yang ikut dalam mendirikan dan juga mengembangkan negara ASEAN ini.

ASEAN


Perlu diketahui bahawa ASEAN adalah kepanjangan dari Association of Southeast Asian Nations. dalam hal ini ASEAN adalah sebuah organisasi antar negara yang membahas mengenai perekonomian yang ada di negra–negara tersebut.

Namun bukan hanya membahas mengenai ekonomi saja. Dalam sejarahnya Asean juga memberikan bahasan mengenai politik, olahraga, dan juga kerjasama internasional yang lainnya yang tujuannyaa untuk kemajuan negara tersebut.

Perlu diketahui bersama ASEAN ini terjadi pada tanggal 8 Agustus 1967 pada saat peristiwa deklarasi bangkok yang pada saat itu peristiwa ini di adakan di daerah bangkok di Thailand. Pada saat itu terjadi sebuah penandatanganan saat terbentuknya organisasi ASEAN ini yang telah di lakukan oleh 5 negara yang 5 negara ini termasuk kedalam yang mendirikan ASEAN juga,

Diantaranya Adalah Indonesia, Thailand, Malaysia, Singapura, Dan Juga Filiphina. dan kemudian ada 5 negara lagi yang tergabung dalam ASEAN ini yang ikut bertandatangan bahwa ia juga telah tergabung dalam Asean atau Association of Southeast Asian Nations.

Tokoh Pendiri ASEAN


Adapun nama daripada 5 Tokoh yang telah mendirikan ASEAN tersebut, diantaranya adalah sebagai berikut;

Tokoh pendiri ASEAN adalah Adam Malik yang berasal dari Negara Indonesia

Adam Malik adalah seorang tokoh ASEAN yang berasal dari Indonesia. Menurut catatan biografinya beliau lahir di daerah Pematangsiantar di daerah Sumatra Utara. Adam Malik lahir pada tanggal 22 Juli 1917 dan Adam Malik meninggal pada tanggal 5 September 1984 di Daerah Bandung yaitu di Jawa Barat.

Adam Malik telah menandatangani ASEAN pada tahun 1967, kemudian Adam Malik juga telah menjabat sebagai Menteri Luar Negeri Indonesia dalam peristiwa Deklarasi Bangkok, hal ini lah yang merupakan sebuah awal dari tebentuknya ASEAN.

Tokoh Pendiri ASEAN Adalah Tun Abdul Razak Yang Berasal Dari Negara Malaysia

Tun Abdul Razak telah meninggal di London lebih tepatnya di Negara Inggris. Tun Abdul Razak ini telah lahir di daerah Pekan, pahang lebih tepatnya di Negara Malaysia pada tanggal 11 maret 1922. Tun Abdul Razak ini telah banyak orang yang mengenal sebagai seorang yang telah mewakili dalam peristiwa Deklarasi Bangkok.

Pada saat itu. ia juga lah yang telah menendatangani pada saat perkumpulan deklarasi bangkok pada tahum 1967 tersebut. pada saat itu Tun Abdul Razak menjabat sebagai perdana mentri malaysi pada tahun 1970 sampai Tun Abdul Razak itu meninggal pada tahun 1976.

Pada saat itu lah Tun Abdul Razak ini telah menjadikan Negara Malaysia sebagai salah satu negara yang tergabung dalam organisasi atau perkumpulan ASEAN. dan juga telah menjadikan dirinya sebagai salah satu tokoh yang mendirikan ASEAN tersebut.

Tun Abdul Razak adalah seorang yang berasal dari keturunan anak bangswan bungis yang datang ke negara belanda pada abad ke 19. perlu diketahui bahwa Tun Abdul Razak ini memiliki seorang putra yang telah memiliki jabatan sebagai perdana menteri malaysia pada tanggal 3 april 2009.

Tokoh Pendiri ASEAN Adalah Thanat Khoman Yang Berasal Dari Negara Thailand

Thanat Khoman adalah salah satu orang yang telah mewakili negara Thailand dalam Deklarasi Bangkok pada saat itu. perlu diketahui juga saat itu Thanat Khoman adalah seorang yang memiliki jabatan sebagai menteri luar negeri yang ada di negara tahiland tersebut.

Jabatan ini telah diamanahkan dengan Thanat Khoman ini sejak tahun 1959 sampai dengan 1971. Thanat Khoman ini juga telah lahir pada tanggal 9 mei 1914 dan kemudian Thanat Khoman ini juga telah meninggal pada tahun 2016 tanggal 3 Maret.

Thanat Khoman ini meninggal pada saat usiannya telah menginjak ke 101 tahun. Thanat Khoman ini jugalah yang telah memperakarsai ASEAN dari negara Thailand dan telah menjadi tuan rumah dalam penandatanganan persetujuan dari negara tersebut.

Maka dari itu tidak heran jika Thanat Khoman ini menjadi salah satu tokoh yang berpengaruh dalam perkembangan kemajuan yang ada di organisai ASEAN ini. pada saat itu Thanat Khoman adalah salah satu orang yang memiliki pengaruh penting dalam deklarasi bangko tersebut, Thanat Khoman ini adalah seorang yang pernah mendapatkan jabatan sebagai wakil perdana menteri pada tahun 1982. pada saat itu Thanat Khoman juga telah pensiun dari dunia politik.

Tokoh Pendiri ASEAN adalah Narciso Ramos yang berasal dari Negara Filiphina

Narciso Ramos adalah seorang yang lahir pada 11 nvember 1900 yang lahir di daerah asingan lebih tepatnya di daerah Pengasinan Di Negara Filiphina. dan kemudian Narciso Ramos ini meninggal ada tanggal 3 februari 1986 di kota manila lebih tepatnya ada di negara Filiphina.

Narciso Ramos ini adalah seorang yang telah lama berprofesi dan juga telah ahli dalam menjadi seorang jurnalis, pengacara, dan juga menjadi seorang duta besar. Narciso Ramos adalah seorang yang telah mewakili negara Filiphina sebagai salah satu negara yang telah ikut gabung dalam organisasi ASEAN ini.

Pada saat itu Narciso Ramos ini telah di beri jabatan sebagai seorang mentri luar negari negara Filiphina. maka dari itu negara Filiphina ini adalah sebuah negara yang menjadi salah satu negara pendiri ASEAN.

Narciso Ramos adalah orang yang pertama kali memberi sambutan pada saat deklarasi tersebut. pada saat itu Narciso Ramos ini mengatakan bahwa musyawarah yang telah dilakukan dari empat negara ini yaitu negara Indonesia, Malaysia, Singapura dan juga Thailand harus menemukan sebuah titik terang, yaitu niat yang baik, imajinasi, kesabaran dan juga saling memahami antara yang satu dengan yang lainnya, sehingga dari kelima mentri tersebut dapat saling pengertian satu dengan yang lainnya.

Tokoh Pendiri ASEAN adalah S. Rajaratnam yang berasal dari Negara Singapura

S. Rajaratnam adalah salah satu orang yang telah medirikan sebuah organisasi yaitu ASEAN. maka dari itu peran dari S. Rajaratnam ini sangat berpengaruh sekali untuk perkembangan dan juga kemajuan suatu negara tersebut.

S. Rajaratnam ini memiliki sebuah nama lengkap yang telah diketahui bahwa namanya adalah Sinnathamby Rajaratnam. S. Rajaratnam ini lahir pada tanggal 25 februari 1915 di daerah Jaffina dan kemudian S. Rajaratnam ini meninggal di Negara Singapura pada tanggal 22 Februari 2006.

S. Rajaratnam ini juga telah diberi jabatan sebagai mentri luar negeri di negara Singapura pada tahun 1965 sampai dengan 1980. sehingga dalam hal ini negara singapura memberikan kepercayaan penuh terhadap S. Rajaratnam ini untuk dapat menandatangani pada saat peristiwa deklarasi bangkok saat itu.

Pada saat itu S. Rajaratnam juga beralih profesi menjadi seorang yang ahli dalam partai politik dan juga S. Rajaratnam ini juga telah bergabung dalam sebuah partai politik yaitu Partai Aksi Rakyat. pada saat itu S. Rajaratnam telah menjabat di berbagai posisi diantaranya adalah menteri kebudayaan yang telah ia jabat pada tahun 1959 sampai 1965.

Dan juga sebagai mentri perindustrian pada tahun 1968 sampai dengan 1971. dan selain itu ia menjabat sebagai wakil perdana mentri pada tahun 1980 sampai dengan 1985. Dan selain itu S. Rajaratnam juga telah menjabat sebagai mentri senior pada tahun 1988.

Dan telah kita ketahui bersama bahwa S. Rajaratnam adalah salah satu bapak dari pendiri ASEAN yang berasal dari negara Singapura tersebut. Ia bergabung dalam deklarasi Bangkok pada saat kemerdekaan Singapura yang pada saat S. Rajaratnam menulis sebuah ikrar kebangsaan yaitu National Pledge. S. Rajaratnam adalah anak kedua dari keluarga etnis tamil.

Pada saat itu S. Rajaratnam juga pernah bekerja sebagai seorang jurnalis the straits times pada tahun 1950. dan kemudian S. Rajaratnam ini menikah dengan seorang gadis yang bernama Piroska Feher. yaitu seorang guru yang berasal dari Hongaria yang telah S. Rajaratnam ini jumpai di daerah London.

Baca Juga;
  1. Tokoh Terbaik di Dunia [Nama & Biografi]
  2. Tokoh Perumus Pancasila [Rumusan dan Isi]
  3. Tokoh Sumpah Pemuda [Nama & Isi]

Demikianlah kumpulan nama dan biografi singkat mengenai tokoh pendiri ASEAN (Association of Southeast Asian Nations). Semoga dengan adanya tulisan ini bisa memberikan wawasan dan pengetahuan yang mendalam bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih, 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7+ Tokoh Pendiri ASEAN [Nama & Biografi] Lengkap"

Posting Komentar