Rumah Kost: Rujukan Pendidikan (HOS Tjokroaminoto)

Awal Rumah Kost Tjokroaminoto Berdiri

Faktatokoh.com-Pada tahun 1992, rumah milik HOS Tjokroaminoto menjadi penyelenggara pendidikan informal yang baik, hingga saat ini hal itu menjadi rujukan bagi pendidikan. Tjokroaminoto berhasil menjadikan rumahnya sebagai sarana pendidikan untuk belajar berjuang merebut kemerdekaan Indonesia.

Di awal mendirikan kost, Tjokroaminoto bukan hanya mendirikan sebuah tempat untuk mencari uang dalam mengumpulkan pundi-pundi kekayaan, tetapi ia menjadikan tempat itu layaknya seorang guru dan murid. Tjokroaminoto memainkan perannya sebagai induk semang bagi para pelajar dengan baik.

Sang Pendiri Rumah Kost 

Rumah kost yang didirikan Tjokroaminoto bisa dibilang sebagai tonggak awal kemerdekaan. Terbukti dengan lahirnya banyak tokoh-tokoh berpengaruh pada masa pergerakan maupun pada masa kemerdekaan, seperti: Ir. Soekarno.

Beliau adalah Presiden pertama sekaligus Proklamator bangsa, tokoh yang paling berpengaruh di Indonesia. Siapa sangka jika ia adalah salah satu murid dari Tjokroaminoto? Ir.Soekarno sewaktu sekolah di Surabaya ia tinggal di kost Tjokroaminoto.

Tjokroaminoto Pendiri Rumah Kost Bertaraf Pendidikan

Tjokroaminoto memberikan pendidikan mengenai kebangsaan dan penanaman nilai-nilai moralitas kepada pelajar yang berada di dalam rumahnya. Hal yang tidak pernah kita temukan di rumah kost manapun.

Berbagai aturan yang bersifat mendidik diterapkan dalam rumah kost itu, Tjokroaminoto juga kerap kali menyelenggarakan diskusi paham kebangsaan untuk terjun dalam dunia politik dan membuka cakrawala pemikiran anak kostnya bahwa negeri ini sedang tidak baik-baik saja. Sehingga banyak anak kost Tjokroaminoto yang berperan aktif dalam organsasi sekaligus sebagai penulis dalam Koran.

Sosok Tjokroaminoto yang Menginspirasi

Tjokroaminoto adalah tokoh yang unik bisa dijadikan inspirasi, teladan dan rujukan atas keberhasilannya mendirikan Rumah Kostnya. Rumah kost yang mungkin saat ini sulit dicari, tempat yang dijadikan pembelajaran menuntut ilmu.

Dari situlah kita bisa belajar dari Tjokroaminoto yang hanya bermodalkan rumah kost ia mampu menciptakan generasi emas yang mampu membuka gerbang kemerdekaan bagi bangsa. Kontribusi seorang tokoh bukan hanya dilihat dari besar kecilnya, tapi dilihat dari efek panjang yang ditimbulkan, sama seperti Tjokroaminoto.

Ia memainkan perannya dengan baik sebagai Guru Bangsa. Ia bisa dijadikan tokoh inspirasi dan tauladan. Ia adalah guru yang tidak bermodalkan pamrih, sosok guru yang berkualitas yang mampu mendidik muridnya.

Demikianlah tadi tulisan tentang Rumah Kost: Rujukan Pendidikan (HOS Tjokroaminoto), semoga bermanfaat dan dapat menginspirasi di hati pembaca. Adapun penulis dalam artikel ini adalah Wakhidah Hasna Putri. Terima kasih

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Rumah Kost: Rujukan Pendidikan (HOS Tjokroaminoto)"