Biografi Jendral Sudirman "Pahlawan Nasional"

FaktaTokoh.Com-Jendral Sudirman merupakan salah satu dari sekian banyak pahlawan yang menegerahkan seluruh hidupnyaa untuk Indonesia. Jendral ini memiliki banyak fakta menarik yang kerapkali dijadikan inpirasi bagi generasi muda. Oleh karena itulah dalam artikel ini akan memberikan penjelasan mengenai biografi Jendral Sudirman.

Biografi Jendral Sudirman


Jendral Sudirman adalah anak dari Bapak Karsid Kartawiraji dan Ibu Siyem, yang kemudian diangkat oleh saudara dari orangtuanya yang bernama Cokrosunaryo. Beliau lahir di Magelang pada 24 Januari 1916.

Biografi singkat Jendral Sudirman lahir dari keluarga sederhana tidak menghambat seseorang untuk menjadi orang hebat. Semua orang bisa menjadi apapun seperti yang dia inginkan apabila berani mengambil keputusan. Begitu kisah dari Jenderal Sudirman yang mampu menginspirasi banyak manusia. Kisah hebat ada dengan perjuangan hebat.

Fakta Jendral Sudirman

Di sini mari kita mengenal sedikit lebih dalam siapa Sudirman itu. Mari kita mulai dengan beberapa fakta yang ada. Untuk yang pertama, mungkin tidak kebanyakan orang mengetahui apabila di Jepang terdapat patung Jenderal Sudirman termasuk saya sendiri.

Ketika mendapatkan informasi saya sendiri juga agak kaget dan bangga terhadap beliau. Kebanyakan apabila ada patung atau gambar seorang tokoh di luar negeri pasti beliau telah berjasa terhadap negaranya maupun negara lain. Patung dari Jenderal Sudirman sendiri adalah bukti bagaimana hubungan militer antara Indonesia dan Jepang berjalan baik.

Penghargaan jasa terhadap seseorang yang telah berjasa terhadap negeriini mungkin akan kurang apabila hanya di buatkan sebuah patung. Menurut saya patung mungkin kurang akan tetapi ketika patung tersebut terpajang di negeri orang adalah suatu yang patut di apresiasi dengan baik. Tidak hanya hubungan militer yang baik,akan tetapi Jepang juga pernah mengikuti misi perdamaian PBB yang ada di Indonesia selama empat kali.

Misi perdamaian itu juga menguatkan hubungan militer antara Jepang dan Indonesia. Maka tidak salah apabila mereka memasang patung Jenderal Sudirman di Jepang, karena kami juga pernah berjuang bersama untuk sebuah misi yang mulia yaitu misi perdamaian. Pasuka yang di kerahkan Jepang untuk misi perdamaian ini adlah Pasukan Bela Diri Jepang.

Perang Gerilya Jendral Sudirman

Mari kita bahas fakta kedua mengenai Sudirman ini, dan yang kedua adalah tiga (3) Jenderal Sudirman saat perang gerilya. Mungkin anda bertanya-tanya jimat macam apa yang mampu di bawa saat perang apakah seperti keris, doa-doa dan lain-lain.

Sudirman ini membawa jimat antara lain mempertahankan wudhu, shalat tepat waktu dan niat tulus dan ikhlas. Hal tersebut mungkin suatu hal yang sangatlah mudah tetapi sulit diterapkan ketika berada di situasi terdesak atau sulit. Saya sangat terharu terhadap tiga hal yang selalu di lakukan Jenderal Sudirman, karena dikala perang kita masih bisa berpikir untuk mempertahankan wudhu, shalat tepat waktu serta niat tulus dan ikhlas.

Kita hidup berada di tangan sang maha kuasa apabila kita tidak bersyukur terhadap-Nya maka bagaimana beliau memberi kekuatan untuk kita. Ketika Jenderal Sudirman mampu melakukannya ketika keadaan perang bagaimana denga kita yang melewati hari-hari secara normal, apakah kita mau di tinggal seperti itu dan pastinya tidak jadi mari kita rubah kehidupan kita menjadi yang lebih baik lagi.

Sifat Ikhlas Jendral Sudirman

Ikhlas adalah salah satu sifat yang diberikan sang pencipta untuk mensyukuri segala nikmatnya. Satu kata ‘ikhlas’ ini mampu mendefinisikan banyak arti, kita tidak perlu mengartikannya satu-satu. Yang saya suka dari Jenderal Sudirman adalah ikhlasnya.

Pemuda yang ikhlas untuk mengabdi terhadap negara, utamanya Indonesia sangatlah jarang makanya saya di sini mengambil Jenderal Sudirman yang memiliki sifat ikhlas serta kemurahan hatinya. Dia merelakan seluruh hidupnya untuk mengabdi kepada negara tercintanya yaitu Indonesia. Ketulusan dan keikhlasan yang ada pada dirinya juga memotivasi anggotanya untuk terus bertahan demi megaranya.

Hanya orang-orang yang memiliki ketegaran hati yang tinggi serta kecintaan tinggi yang mau merelakan dirinya berjuang untuk mendapatkan kedamaian bagi dirinya serta orang di sekitarnya. Untuk fakta mengenai Panglima Sudirman yang berikutnya adalah ketegaran dirinya di dalam memimpin perang walaupun hanya memiliki satu (1) paru.

Kita hanya membayangkannya saja mungkin akan miris tetapi itulah kondisi nyata yang di alami oleh pahlawan negara ini. Dengan kondisi seperti ini Panglima Sudirman memimpin perang dengan di tandu karena kondisi tubuhnya yang mungkin bisa di bilang sangat buruk. Semangat, tulus serta khlas adalah motivasi untuk dirinya agar tetap bertahan hidup dalam melindungi negaranya.

Betapa menyakitkan serta sangatlah keras perjuangan beliau agar bisa melihat negaranya yang kaya akan berbagai hal ini merdeka dari penjajahan. Suatu kehormatan bagi saya untuk menulis fakta mengenai kehidupan beliau walaupun saya sendiri sadar apabila tulisan saya jauh dari kata sempurna tetapi mmenuliskan beliau merupakan salah satu cara bagi saya untuk mengenal negara saya lebih dalam melalui para tokoh pejuang yang luar biasa.

Ketika pahlawan kita telah mendunia apakah kita sebagai penenurus mereka yang tinggal dengan berbagai kenyamanan apakah kita tetap berada di Indonesia? Siapkan dirimu mendunia seperti pahlawanmu.

Sudirman ku sangat bangga akan perjuangan kerasmu yang berani menerima sebuah amanah besar dengan kondisi tubuh yang tidak baik lagi. doaku untukmu semoga negaramu bisa menjadi yang engkau harapkan dan semoga semua perjuanganmu selalu dikenang baik di dunia ini maupun di tempat dimana engkau tinggal sekarang. Salam dari cucumu yang salut akan perjuangan kerasmu.

Baca Juga;
  1. Biografi Singkat Kartini
  2. Biografi Singkat Tjokroaminoto [Raden Haji Oemar Said]
  3. Biografi Douwes Dekker "Bangsawan Belanda Berjuang untuk Indonesia"

Demikianlah serangkaian tulisan dan penjelasan mengenai Pahlawan Nasional, yaitu Biografi Jendral Sudirman. Penulis dalam artikel ini adalah Meirna Mega Rizki, salah satu Mahasiswa Universitas Airlangga PSDKU di Banyuwangi. Semoga bermanfaat, trimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Biografi Jendral Sudirman "Pahlawan Nasional""

Posting Komentar