Biografi Singkat Kartini

FaktaTokoh.Com- Membahas masalah tokoh, ada beribu-ribu tokoh penting yang mempunyai cerita luar biasa. Namun, pada kali ini penulis ingin mengungkap cerita tentang ibu kita, Ibu Kita Kartini. Bukan hanya karena ini masih dalam suasana Kartini April lalu, ataupun karena penulis adalah perempuan, tapi ini lebih pada panggilan jiwa bahwa sungguh luar biasa kekaguman penulis pada Ibu Kita Kartini.

Biografi Kartini

okoh
Biografi singkat Ibu Kartini lahir di Jepara, 21 April 1879 dari pasangan seorang Bupati Jepara dan selirnya Ngasirah. Lahir dari rahim seorang selir membuat jarak antara ibu dan anak ini. Dan Kartini sungguh tidak menyukai ini, karena adanya jarak ini membuatnya harus seperti nyonya di depan ibunya sendiri.

Dan Kartini hanya bisa memanggil ibu pada ibu tirinya Raden Ayu Moeryam keturunan raja Madura. Sedangkan pada ibu Ngasirah Kartini harus memanggil “Yu” dan ibunya harus memanggilnya “Ndoro”.

Hal ini salah satu fakta unik dari Kartini yang tidak banyak diketahui orang dan ini adalah salah satu penyebab berontaknya Kartini pada feudal kuno Jawa. Kartini adalah seorang yang cerdas, walaupun dalam keadaan yang dikurung dan dipingit dan terbatas ruang geraknya secara fisik.

Namun, akal dan pikiran beliau tidak pernah terkurung, Kartini selalu terbang bersama segala mimpi-pimpinya yang luar biasa. Beliau tidak pernah berhenti belajar dari buku-buku dan dari surat-suratnya yang ditulis untuk sahabatnya di Belanda.

Fakta bahwa Kartini yang menolak keras feodal kuno Jawa yang masih kental pda masa itu. Dan inilah yang menjadi dasr berfikirnya untuk mengubah paradigm ini. Kartini dengan penuh perjuangannya berusaha membangkitkan kaum perempuan agar untuk tidak merasakan apa yang diraskan Kartini.

Atas perjuangannya lah saat ini perempuan-perempuan bisa berada di posisi tinggi pemerintah. Menjadi mantra di layar kaca, menjadi seseorang yang diperhitungkan dan sejajar haknya di mata Negara. Semua ini bisa dikatakan karena Kartini. Dengan upayanya dan jerih payahnya, serta tulisan-tulisannya yang berupa surat ataupun lainnya.

Kebanyakan orang hanya megerti Kartini namun, penulis kal ini akan membahas pulla mengnai sisi relgiu Kartini. Perlu diketahui beliau adalah murid dari Mbah Solet Darat yang beursaha keras membuat kesetaraan gender wanita dan laki-laki.

Karini bukan hanya sebatas Ibu Kita pejuang emansipasi wanita, namun lebih dar sekedar itu. Kartini adalah pahlawan perempuan, pahlawan pendidikan, dan lainnya. Kartini mengajarkan pada seluruh wanita Indonesia haruslah menjadi cerdas, agar pada nantinya akan mampu diperhitungkan di masyarakat.

Baca Juga;
  1. RA Kartini Inspirasi untuk Banga Indonesia dan Dunia
  2. 6+Fakta Istimewa Kartini, Sang Pembawa Emansipasi
  3. 5+ Fakta bahwa Sri Mulyani Ternyata "Kembarannya" Kartini

Demikianlah tulisan mengenai Biografi Singkat Kartini, Pahlawan Nasional Perempuan yang memberikan banyak sekali inspirasi. Adapun penulis artikel ini adalah Diah Nur Saadah. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa memberikan wawasan dan juga pengetahuan bagi segenap pembaca sekalian, trimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Biografi Singkat Kartini"

Posting Komentar