Biografi Iwan Fals "Sang" Legenda Musik Indonesia

FaktaTokoh.Com- Iwan Fals adalah salah nama yang tidak asing lagi di telingga masyarakat Indonesia. Karya lagu yang fenomenal membuat ia menjadi salah satu tokoh favorie, bahkan hampir setiap daerah di Indonesia ada komunitas dengan nama OI (Orang Indonesia) sebagai simbul bahkan komunitas tersebut adalah kumpulan penggemar Iwan Fals. Oleh karena itulah pada tulisan ini akan memberikan penjabaran mengenai biografi Iwan Fals.

Biografi Iwan Fals


Iwan Fals memiliki nama asli Virgiawan Listianto ia menjadi penyanyi dan seniman yang tak pernah ada matinya. Pria kelahiran Jakarta, 3 September 1961 ini lebih menadi putra dari pasangan alm. Harsoyo dan Lies Suudijah ini identik dengan lagu-lagu yang bertema realita kehidupan
masyarakat serta kritik-kritik tajam terhadap pemerintahan negeri ini.

Terutama pada masa orde baru, konser beliau banyak yang dilarang, dibatalkan, dicekal, bahkan disabotase karena dianggap terlalu kritis lagu-lagunya. Bahkan beliau pernah dimasukkan penjara selama 2 minggu gara-gara salah satu lagu beliau yang berjudul “Mbak Tini” dianggap menghina dan melecehkan presiden Indonesia yang kedua.

Ayah dari Galang Rambu Anarki, Annisa Cikal Rambu Basae, dan Rayya Rambu Robbani ini tidak segan menyampaikan aspirasinya melalui lagu-lagu yang diciptakannya. Dari hal tersebutlah yang menjadikan beliau memiliki banyak sekali penggemar dari berbagai kalangan diseluruh penjuru tanah air.

Peduli Terhadap Nasib Rakyat dengan Mendirikan Yayasan OI

Iwan Fals dianggap peduli dengan nasib rakyat karena dengan lantang menyuarakan “suara hati”
masyarakat bawah. Para penggemar fanatik Iwan Fals bahkan mendirikan sebuah yayasan pada tanggal 16 Agustus 1999 yang disebut Yayasan Orang Indonesia atau biasa dikenal dengan seruan OI.

Perjanan Karir Iwan Fals

Bakat bermusik Iwan Fals memang sudah tumbuh dari kecil. Saat menginjak bangku Sekolah Menengah Pertama(SMP), beliau menjadi gitaris di paduan suara sekolahnya. Suami dari Rosanna ini mengasah bakat bermusiknya dengan mengamen dijalanan di Bandung, dari hal tersebutlah pengalaman beliau bertambah banyak sehingga mampu melahirkan lagu - lagu yang berkualitas yang sarat akan makna.

Kemudian beliau mengadu nasib ke Jakarta, namun perjalanan yang beliau tempuh tidaklah semulus karir beliau sekarang. Beliau seringkali mengalami cobaan dalam karir bermusiknya, baik saat pembuatan album atapun larangan serta pencekalan yang dilakukan penguasa saat itu karena Iwan Fals dianggap terlalu frontal.

Namun, dari cobaan tersebut, beliau dapat belajar sehingga bisa mencapai kesuksesan seperti sekarang ini. Meskipun bang Iwan sudah mencapai kesuksesan, beliau masih mengamen untuk mengasah bakatnya.

Anaknya Meninggal Dunia

Baru tahun 1985, setelah anak keduanya lahir, Anissa Cikal Rambu Basae, Iwan memutuskan berhenti total dari mengamen. Saat beliau berada dipuncak kesuksesan, cobaan secara tiba – tiba kembali menghampiri, pada April 1997, anak beliau yang bernama Galang Rambu Anarki meninggal dunia.

Galang Rambu Anarki juga mengikuti jejak sang ayah, yakni terjun ke dunia musik. Namun karir bermusiknya tidaklah lama karena sudah terlebih dahulu dipanggil Yang Maha Kuasa. Sejak sang anak meninggal dunia, bang Iwan menjadi depresi dan memilih vakum dari kegiatan bermusiknya. 

Kemudian tahun 2002, Iwan Fals mulai berkarya kembali dengan tampilan yang berbeda. Sejak kematian putra pertamanya, beliau mencukur habis rambut gondrongnya dan sekarang tampil lebih bersahaja.

Penampilannya dari yang awalnya selalu tampil menggunakan kaos oblong dengan rambut gondrong dan muka yang sangar, berubah menjadi lebih rapi. Warna dan gaya bermusik Iwan Fals juga berubah total, lirik - liriknya tidak seliar dahulu dan sekarang terkesan lebih mendalam serta puitis.

Iwan Fals juga menciptkan lagu -lagu yang menceritakan kesedihannya sejak ditinggal anak pertamanya, serta lagu -lagu yang menjadikan beliau bisa bangkit dari keterpurukan dan menghadapi segala cobaan yang menimpanya.

Pada tanggal 22 Januari 2003, Iwan Fals kembali dianugerahi seorang anak lelaki. Anak laki-laki ini diberi nama “Rayya Rambu Robbani”. Hadirnya Rayya Rambu Robbani menjadi obat yang mujarab untuk menyembuhkan kerinduannya yang sangat mendalam terhadap anak pertamanya, Galang Rambu Anarki. Hidup Iwan Fals menjadi lebih berwarna. Selama karir bermusiknya, beliau sudah mendapatkan berbagai macam penghargaan baik di skala nasional maupun internasional.

Penghargaan Iwan Fals

Adapun beberapa penghargaan yang beliau dapatkan adalah sebagai berikut:

  1. Juara I Festival Musik Country (1980).
  2. Konser Dengan Penonton Terbesar Sepanjang Masa Tahun (1991) di Stadion Utama Gelora Bung Karno senayan. Tercatat 150.000 Penonton Memadati Stadion. Bahkan Ada yang Naik ke Atap Stadion.
  3. Penyanyi rekaman pria terbaik, album Anak Wayang, BASF Award XI, 18 April 1996.
  4. Presents This Certificate To Iwan Fals In Recognition Of The Contribution To Cultural Exchange Between Korea and Indonesia, 25 September 1999.
  5. Triple Platinum Award, Album Best Of The Best Iwan Fals, PT Musica Studio, Juni 2002.
  6. Pada 29 April 2002 Iwan Fals di Nobatkan Sebagai Asian Heroes yaitu Sebagai Salah Satu “Pahlawan Besar Asia”,
  7. Triple Platinum Award, album In Collaboration with, angka penjualan di atas 450.000 unit, PT Musica Studio, November 2003.
  8. 7th AMI Award 2003, Legend Awards.
  9. Mendapatkan Talk Less Do More Award sebagai salah satu Class Music Heroes 2009.
  10. Lagunya bersama {Swami} yang berjudul [Bongkar] menerima penghargaan 150 lagu terbaik sepanjang masa versi Majalah Rolling Stone peringkat 1.
  11. Penghargaan Satyalancana Kebudayaan Pemerintah Republik Indonesia (2010)
  12. Iwan Fals Dianugrahi bintang Satyalencana Kebudayaan 2010. Mereka dinilai berjasa mengembangkan dan melestarikan budaya.
  13. Soegeng Sarjadi Awards on Good Governance Katagori Masyarakat Sipil yang Memberikan Banyak sumbangsih pemikirannya lewat lagu-lagu pro demokrasi (2012)
  14. Iwan Fals Didaulat Menjadi Duta Desa Indonesia oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (2015).

Iwan Fals dapat dijadikan sebagai contoh teladan yang menginspirasi banyak orang. Beliau dapat dinobatkan menjadi salah satu Legenda Musik Indonesia yang tak akan pernah ada matinya. Perjalanan hidup dan karir beliau juga dapat dijadikan pelajaran bagi kita bahwa untuk mencapai sebuah kesuksesan, terdapat berbagai macam kerikil yang menghalangi jalan kita untuk bisa sampai kesana.

Dari berbagai macam rintangan dan cobaan yang menghadang, kita dapat menjadikannya sebagai penyemangat, bukan justru terpuruk meratapi nasib. Iwan Fals juga menjadi salah satu tokoh yang mewakili aspirasi masyarakat Indonesia. Beliau berani dengan lantang menyuarakan suara rakyat untuk penguasa negeri ini.

Baca Juga;
  1. 6+ Fakta Hello Kitty Yang Sebenarnya Harus Kamu Baca
  2. Pidi Baiq Sosok Inspiratif Dibalik Novel Dilan 1990
  3. Biografi Singkat BJ. Habibie [Awal-Akhir] Lengkap

Demikianlah serangkaian perjalanan hidup dan kisah inpiratif dari Biografi Iwan Fals. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa memberikan wawasan dan juga pengalaman bagi segenap pembaca sekalian. Penulis dalam artikel ini adalah Nur Ulfi Ulfi Andika.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Biografi Iwan Fals "Sang" Legenda Musik Indonesia"

Posting Komentar