Pidi Baiq Sosok Inspiratif Dibalik Novel Dilan 1990

-fakta tokoh-

“Jangan rindu, berat. Biar aku saja.”

Kita semua tentunya sudah tidak asing lagi mendengarnya. Kalimat tersebut dikutip dari buku Dilan 1990 yang sudah ditampilkan di layar lebar dan saat ini sedang hangat diperbincangkan, terutama di kalangan remaja.

Kisah antara Dilan dan Milea yang diangkat dalam sebuah novel ini merupakan salah satu kisah fiksi yang paling terkenal dalam sastra Indonesia. Sosok di balik kisah cinta yang sangat romantis ini adalah seorang pria asal Kota Kembang, Pidi Baiq.

Biografi Pidi Baiq


Pria yang lebih akrab dipanggil Ayah oleh penggemarnya ini lahir pada 8 Agustus 1972. Selain menulis sastra, ternyata ayah dua orang anak ini memiliki banyak talenta, khususnya di bidang seni. Pidi ahli dalam menghasilkan karya lukis, ilustrasi buku, gambar prangko, serta menulis lagu.

Kisah Awal Pidi


Sama seperti pria pada umumnya, Pidi tidak suka membaca novel. Namun, karena tidak ada kegiatan, Pidi sering kali berbaring di sofa ruang tamu rumahnya yang terletak di sebelah deretan buku-buku. Lama-kelamaan ia mendapatkan dirinya keasyikan membaca buku karangan Sutan Takdir Alisjahbana, Taufik Ismail, Iwan Simatupang, dan WS Rendra.

Sejak saat itu, ia mulai menulis puisi, tetapi mendapat respon yang buruk dari teman-temannya di sekolah. Sejak Pidi kecil, ayahnya sering membelikan majalah Bobo untuk Pidi. Salah satu kegemaran

Pidi adalah menutup ilustrasi-ilustrasi di majalah anak-anak itu dengan ilustrasi buatannya sendiri. Hobi ini terus dikembangkan olehnya saat ia mengambil jurusan Fakultas Seni Rupa dan Desain di Institut Teknologi Bandung (ITB).

“Google Menjawab Semuanya, Pidi Baiq Menjawab Semaunya”


Suatu hari, seorang teman Pidi membuatkan akun Twitter untuknya. Di sosial media ini, Pidi sering berkomunikasi dengan pengikutnya, walaupun ia harus meminjam tablet temannya untuk melakukan hal ini. Selain merespon pertanyaan pengikutnya, Pidi juga menulis kutipan dalam sosial media ini.

Penerbit Mizan membukukan beberapa kutipan Pidi di Twitter dengan judul at-Twitter: Google menjawab semuanya, Pidi Baiq Menjawab Semaunya. Pidi mengatakan bahwa para pengikutnyalah yang menstimulus ia untuk mengeluarkan pemikiran-pemikirannya.

Maka dari itu, lahirlah buku trilogi yang sangat laris di kalangan remaja. Saat ini, Pidi juga aktif di sosial media Instagram dengan akun resmi milik Pidi Baiq Sosok Inspiratif Dibalik Novel Dilan 1990 ini bisa kamu follow dengan nama @pidibaiq.

“Menulis Merupakan Proses yang Mengalir Alami”


Saat penerbit Mizan meminta Pidi untuk menulis novel untuk remaja, ia hanya membuat satu syarat. Ia ingin menerbitkannya juga di blognya. Setelah setengah dari buku itu diunggah di sosial media, penerbit Mizan memintanya untuk berhenti.

Namun, Pidi merasa kasihan kepada orang yang tidak punya cukup uang untuk membeli novelnya. Pidi baru berhenti mengunduh novelnya di sosial media pada saat ia sudah mengeluarkan 80 persen isi bukunya.

Bagi Pidi, menulis merupakan proses yang mengalir alami. Saat menulis, tidak pernah sekalipun ia memikirkan gaya bahasa yang ia gunakan, maupun konsepnya. Ia mengakui bahwa pada awal ia menulis Dilan 1990, ia tidak menyangka bahwa novel ini akan menjadi novel trilogi. Bahkan ia tidak menyangkal jika ada yang mengatakan bahwa novel trilogi ini akan menjadi novel tetralogi.

Demikianlah tulisan mengenai Pidi Baiq Sosok Inspiratif Dibalik Novel Dilan 1990 yang ditulis oleh salah satu pengagum Sastrawan ini, penulis artikel ini sendiri ialah Christa Phoebe Gilna (18) dengan judul aslinya "Pidi Baiq, penulis trilogi novel Dilan".Trimakasih, 
-FaktaTokoh-

Subscribe to receive free email updates:

64 Responses to "Pidi Baiq Sosok Inspiratif Dibalik Novel Dilan 1990"

  1. Sungguh karya tulis yang sangat menarik dan inspiratif!

    BalasHapus
  2. Wahh ini penulis favorit banget!!

    BalasHapus
  3. Ternyata kisah Pidi Baiq menarik juga ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga kisah Pidi Baiq bisa menambah wawasan pembaca lain :)

      Hapus
  4. asik juga bacanya, menarik...

    BalasHapus
  5. sukaa bangeett! aku emg suka Pidi Baiq dr dulu, dan ngebaca ini bikin aku tambah sukaaa! 😍😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cerita hidupnya memang menginspirasi banget, @Talitha :)

      Hapus
  6. Inspiratif ! Terima kasih !

    BalasHapus
  7. Menambah wawasan tentang penulis kisah Dilan yang bikin baper. Terima kasih!

    BalasHapus
  8. Emg ini karya yang membangun sekali, dapat menambah wawasan bangsa dan memajukan negara kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mari kita terus memajukan negara kita, @Jeremy !

      Hapus
  9. sangat informatif! terima kasih sudah mengulas sosok pidi baiq. teruslah berkarya

    BalasHapus
  10. Baru kali ini gue tau ttg penulis Dilan,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bisa menambah pengetahuan pembaca lain juga :)

      Hapus
  11. Sangat menginpirasi sekali! Kata" nya sangat pas untuk dibaca terutama untuk kaum pelajar" di indonesia. Teruslah berkarya untuk kebaikan negara kita!

    BalasHapus
  12. Wahhh selain cerita nya yang bikin baper banget, ada juga ya sosok yang menginspirasi buat kita semua nih, khususnya untuk para stakeholder yang berminat dalam bidang menulis. Kerenn!!

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. Menurut saya keseluruhan cerita ini sangat bagus dan menggugah hati pembaca untuk mengetahui lebih dalam tentang penulis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga tulisan ini bisa menambah wawasan pembaca lain :)

      Hapus
  15. Jujur sy bkn penggemar Pidi Baiq bahkan Dilan yg lg boom.. tp kisah awal si Penulis semuanya benar2 menginspirasi sy yg ga suka baca jadi pengen nulis #lho :) tx utk artikelnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh... semoga bisa menginspirasi pembaca lain juga, ya! :)

      Hapus
  16. lengkap banget penjelasan ttg Pidi Baiq nya.. dilan top, suka bgt.. yang lain juga harus review selengkap ini bagus ! lanjutkan !

    BalasHapus
  17. Wah ini artikelnya sangat bagus dan menarik. Lanjutkan!

    BalasHapus
  18. Wihh artikelnya menarik bangett

    BalasHapus
  19. Kontennya menarik πŸ‘πŸ»

    BalasHapus
  20. Menarik sekali artikelnya..

    BalasHapus
  21. Tokoh yang sangat meninspirasi, artikel juga sangat menarik dan berwawasan. Cocok untuk dibaca generasi masa kiniπŸ‘ŒπŸ»

    BalasHapus
  22. Tokoh yang sangat meninspirasi, artikel juga sangat menarik dan berwawasan. Cocok untuk dibaca generasi masa kiniπŸ‘ŒπŸ»

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bisa menambah wawasan pembaca lainnya!

      Hapus
  23. Bagus! jadi termotivasi nih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, semoga tulisan ini bisa memotivasi pembaca lain juga :)

      Hapus
  24. Isi artikelnya menarik, cocok untuk memotivasi generasi masa kini !!

    BalasHapus
  25. Makin ga sabar buat nungguin visualisasi dilan 1991 !

    BalasHapus
  26. Sangat menarik, memberikan wawasan baru tentang penulis dilan

    BalasHapus