Keistimewaan R.A Kartini Yang Harus Kamu Pahami

FaktaTokoh.Com- Raden Ajeng Kartini adalah salah satu tokoh Pahlawan Nasional Indonesia yang memiliki keistimewaan sebagai pahlawan pembangkit perempuan pribumi. Mengapa demikian?. Karena berkat beliaulah derajat perempuan pribumi dapat terangkat melalui surat-surat dan bukunya yang berjudul “Habis gelap terbitlah terang”

R.A Kartini


Biografi singkat Kartini ialah anak dari kalangan bangsawan yang merupakan putri dari Raden Mas Adipati Sosroningrat dan Mangasirah. Ia lahir di Jepara Pada tanggal 21 April 1879 dan memeluk agama Islam.

Sebenarya Raden Ajeng Kartini ini memiliki nama lain yaitu Raden Ayu Kartini. Sebelum berumur 12 tahun, Raden Ajeng Kartini diperbolehkan utuk bersekolah. Namun setelah berumur 12 tahun Raden Ajeng Kartini tidak diperbolehkan untuk sekolah karea harus di pingit.

Selama masa di pingit itulah Raden Ajeng Kartini selalu memikirkan hal-hal yang berhubungan dengan ambisi dan keinginanya untuk merubah keadaan yang seharusnya anak yang berumur 12 tahun seperti kartini harus mendapatkan pelajaran yang bermanfaat bagi kemajuan bangsa indonesia sendiri.

Walaupun Raden Ajeng Kartini di pingit, hal itu tidak menjadi penghalang bagi Raden Ajeng Kartini utuk bangkit. Dibekali dengan ilmu yang ia dapat selama sekolah dulu, dan uga di tambah dengan kepandaian kartini dalam berbahasa belanda kartini memulai ambisinya dengan cara mencoba untuk merangkai dan memuatnya di beberapa majalah belanda dalam bentuk surat.

Suami R.A Kartini


Ambisi Raden Ajeng Kartini semakin kuat karena ketertarikannya terhadap pola pemikiran perempuan eropa dan ditambahkan dengan mulai banyaknya masyarakat indonesia yang tertarik dengan karya surat Raden Ajeng Kartini tersebut.

Pada tanggal 12 November 1903 Raden Ajeng Kartini dinikahkan oleh orang tuanya dengan seorang Bupati Rembang yang sudah memiliki tiga istri yaitu K.R.M Adipati Ano Siggih Djojo Adhiningrat dan keinginan Raden Ajeng Kartini untuk bangkit dari keadaan yang mengangap wanita adalah makhluk yang lemah dan keterbatasan untuk mengenyam pendidikan yang tinggi karena harus di pingit pada usia yang seharusnya di suguhkan dengan banyak pengenalan.

Suami Raden Ajeng Kartini sangat mendukung danmemberi semangat untuk Raden Ajeng Kartini membangun sebuah sekolah wanita yang saat ini dikenal sebagai gedung pramuka. Hampir setahun lamanya Raden Ajeng Kartini membangun sekolah wanita tersebut, Raden Ajeng Kartini melahirkan seorang anak yang bernama Soesalit Djojodhiningratpada tanggal 13 September 1904. Beberapa hari setelah itu, Raden Ajeng Kartini/ Raden Ayu Kartini meninggal dunia pada tanggal 17 September 1904 di Rembang Indonesia.

Setelah Raden Ajeng Kartini wafat, beberapa orang tertentu mencoba untuk mengumpulkan surat-surat kartini, yang kemudian diterjemahkan ke dalam beberapa bahasa. Setelah membaca surat-surat kartini tersebut dikenal menjadi sebuah buku yang berjudul “Habis Gelap Terbitlah Terang”.

Keistimewaan R.A Kartini


Karena kecerdasan dan kepanduan kartinidalam memperjuangkan kaun wanita. Sekarang Raden Ajeng Kartinidikenal sebagai salah satu tokoh pahlawan nasional Indonesia dengan sebutan pahlawanpembangkit perempuan pribumi.

Dan sebagai tanda ucapan terimakasih bangsa Indonesia,di ciptakannya sebuahlakuyang berjudul “Ibu Kita Kartini” karya W.R Soeparman dan menjadikan hari lahirnya Raden Ajeng Kartini yaitu tanggal 21 April sebagai hari yang diperingati setiap tahunnya yang dikenal sebagai “Hari Kartini” oleh bangsa Indonesia.

Baca Juga;
  1. 6+Fakta Istimewa Kartini, Sang Pembawa Emansipasi
  2. RA Kartini Inspirasi untuk Banga Indonesia dan Dunia
  3. Raden Ajeng Kartini, Tokoh Teladan dan Inspirasi


Demikianlah artikel mengenai Keistimewaan R.A Kartini yang harus di pahami oleh seluruh Bangsa Indonesia. Semoga dengan adanya artikel yang ditulis oleh Dhini Wulandari bisa memberikan wawasan dan juga pemahaman bagi segenap pembaca sekalian, trimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Keistimewaan R.A Kartini Yang Harus Kamu Pahami"

Posting Komentar