Biografi Singkat Bapak Pandu Dunia "Baden Powell"

FaktaTokoh.Com- Bapak pandu oragnisasi Pramuka dunia adalah Lord Robert Baden Powell of Gilwell. Yang banyak menginspirasi dan memberikan gambaran betapa pentingnya kepedulian terhadap kemanusiaan. Oleh karena itulah pada artikel ini secara singkat akan memberikan gambaran biografinya.

Biografi Baden Powell


Secara biografi Baden Powell lahir pada tanggal 22 Februari 1857 di London. Nama kecil bapak pandu dunia ini adalah Robert Stephenson Smyth. Ayah dari Stephenson bernama Baron Baden Powell.

Ayah Baden Powell adalah seorang professor di bidang geometri. Ayahnya meninggal ketika ia masih kecil. Baden Powell menikah dengan Olave St. Clair Soames pada tahun 1912 dan dianugerahi tiga orang anak.

Masa Kecil Baden Powell

Pengalaman-pengalaman Baden Powell sejak kecil yang berpengaruh pada adanya kegiatan kepramukaan sangat banyak dan menarik. Pengalaman dari Baden Powell, beliau tulis dalam buku yang berjudul “Aids to Scouting” yang sebenarnya memberi petunjuk kepada tentara muda Inggris agar dapat melakukan tugas-tugas penyidikan dengan baik.

Seorang pimpinan Boys Bridge di Inggris yang bernama William Smyth meminta Baden Powell agar beliau melatih anggotanya sesuai dengan cerita pengalamannya. Maka, William Smyth memanggil 21 orang pemuda dari Boys Bridge di berbagai wilayah di Inggris. Mereka diajak berlatih dan berkemah di Pulau Brownsea pada tanggal 25 Juli 1908 selama 8 hari.

Pada awal tahun 1908, Lord Robert Baden Powell of Gilwell selalu menulis pengalaman yang telah dialaminya. Kumpulan dari tulisannya kemudian terbit sebagai buku berjudul “SCOUTING FOR BOYS” yang semula hanya untuk laki-laki, yang sekarang disebut Boys Scout.

Tak lama kemudian, Agnes (adik perempuan Lord Robert Baden Powell of Gilwell) membentuk organisasi kepramukaan untuk putri yang bernama Girls Guides yang kemudian diteruskan oleh Ny. Baden Powell.

Pada tahun 1916, terbentuklah kelompok pramuka usia siaga yang bernama CUB (anak serigala). Tak lama dari itu, pada tahun 1918, Baden Powell membentuk Rover Scout untuk anggota pramuka yang sudah lewat 17 tahun.

Baden Powell Dingkat Menjadi Bapak Pandu Dunia

Kemudian, pada tahun 1922, Baden Powell menerbitkan buku berjudul “Rovering to Success” yang berisi petunjuk bagi pramuka penegak dalam menghadapi rintangan dalam hidupnya. Lord Robert Baden Powell of Gilwell diangkat menjadi Bapak Pandu Pramuka Sedunia atau Chief Scout of The World pada tanggal 1920 bersamaan dengan kegiatan jambore sedunia di area Olympia London. 

Baden Powell pernah meminta pensiun dari tentara dengan pangkat terakhir letnan jenderal pada tahun 1910, kemudian beliau mendapat title Lord dari Raja George pada tahun 1929. Baden Powell meninggal pada tanggal 8 Januari 1941 di Nyeri, Kenya, Afrika.

Baca Juga;
  1. Ibnu Sina dan Sejarah Hidup Dokter Serba Bisa
  2. Marie Curie "Kisah Wanita Pertama Peraih Nobel"
  3. Nelson Mandela dan Fakta-Faktanya!

Demikianlah serangkaian kisah mengenai Biografi Singkat Bapak Pandu Dunia "Baden Powell". Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan wawasan dan juga pengetahuan bagi segenap pembaca sekalian. Adapun penulis dalam artikel ini adalah Niken Candra Sari. Trimakasih, 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Biografi Singkat Bapak Pandu Dunia "Baden Powell""

Posting Komentar