Nelson Mandela dan Fakta-Faktanya!

FaktaTokoh.Com- Publik diseluruh jagat raya mungkin tidak asing dengan nama yang satu ini, yaitu Nelson Rolihlahla Mandela, tokoh perdamaian yang berasal dari Negara Afrika Selatan yang dikenal memperjuangkan kaum minoritas.

Nelson Mandela


Biografi Nelson Mandela terlahir pada tanggal 18 Juli 1918 ini pernah menjabat sebagai presiden Afrika Selatan pada periode 1994 sampai dengan Tahun 1999. Tentu selama menjabat menjadi presiden, segenap penghargaan dan prestasi telah diukir selama masa kepemimpinannya, salah satu prestasi yang akan dikenang oleh publik diseluruh dunia adalah ketika ia menjadi presiden berkulit hitam pertama di Afrika Selatan yang pada saat itu turut aktif dalam serangkaian kegiatan dideklarasikannya Afrika Selatan menjadi negara dengan sistem republik.

Keberhasilan lainnya yang ditorehkan Nelson Mandela adalah ia berhasil berhasil menghentikan penindasan terhadap kaum kulit hitam, dan meyakinkan mereka bahwa kulit hitam pun bisa memimpin disebuah negara.

Selain itu perjuangan terhebatnya yaitu ketika ia berhasil menyatukan antara kaum kulit hitam dan kulit putih. Mimpinya untuk memimpin Afrika Selatan akhirnya menjadi kenyataan ketika ia dideklarasikan sebagai presiden Afrika Selatan untuk 5 tahun masa jabatan (periode 1994 hingga 1999).

Dibalik keberhasilannya menjadi orang nomor satu di Afrika Selatan saat itu, ternyata tersimpan berbagai fakta inspiratif hingga ia bisa menjadi seorang presiden yang namanya dikenal oleh masyarakat diseluruh dunia.

Fakta Inspiratif Nelson Mandela


Adapun sejumlah fakta-fakta yang menarik sekaligus inspiratif dari sosok Nelson Mandela ini, yaitu sebagai berikut:

Terlahir dari Keluarga Kecil

Nelson Mandela terlahir di desa kecil dan terlahir dari bapaknya yang hanya menjabat sebagai kepala desa. Walaupun terlahir dari keluarga yang sangat sederhana, tapi semangat patriotik Nelson Mandela untuk menjadikan Afrika Selatan menjadi negara yang berdaulat menjadi contoh untuk pemimpin-pemimpin dunia lainnya.

Walaupun pada saat itu kaum kulit hitam mendapatkan diskriminasi dari kaum kulit putih, namun Nelson Mandela tidak pernah berhenti untuk memperjuangkan agar Afrika Selatan mendapatkan kemerdekaan sepenuhnya. Atas perjuangan dan sumbangsih pemikirannay, akhirnya ia pun dilantik menjadi presiden Afrika Selatan untuk periode 1994 hingga 1999.

Usia Muda Nelson Mandela Saat Kuliah

Sementara menjalankan perkuliahanya di University Fort Hare, dimana saat itu usianya yang masih sangat muda, namun ia telah tergabung menjadi anggota di ANC (African National Congress) yang merupakan sebuah gerakan nasionalis sekaligus gerakan yang berfungsi menguatkan tatanan politik masyarakat Afrika Selatan dari belenggu kaum kulit putih sebagai suku yang mendominasi disana. 

Dapat dikatakan bahwa walaupun usianya yang masih sangat muda saat itu, tapi ia telah memiliki pemikiran untuk melindungi negara yang pada saat itu sedang mengalami konflik yang besar. Jiwa nasionalisme yang begitu besar, walaupun di usia yang masih muda namun ia rela berjuang demi menjadikan kehidupan masyarakat Afrika Selatan menjadi lebih baik. Sebuah coontoh inspirasi yang harus ditiru oleh generasi-generasi seusianya.

Dijatuhi Hukuman Penjara Seumur Hidup

Pada saat berusaha menumbangkan rezim mayoritas di Afrika Selatan, pada tahun 1964 justru Mandela harus dijatuhi hukuman penjara seumur hidup karena melalui pemikirannya, ia merencanakan untuk menumbangkan rezim dari kaum mayoritas (kulit putih) yang sedang berkuasa secara penuh disana.

Namun walaupun dipenjara, ia tetap menjadi simbol perlawanan terhadap kaum mayoritas disana. Pada saat itu nama Mandela yang telah mendunia sebagai salah satu tokoh politik menjadikan dirinya sangat dikenal dunia internasional.

Atas dasar itulah akhirnya bermunculan berbagai gerakan kampanye di berbagai negara yang menuntut agar Nelson Mandela dibebaskan dari statusnya sebagai tahanan politik. Akhirnya Nelson Mandela yang telah dipenjara selama 24 tahun pun dibebaskan, bahkan 6 tahun setelah dipenjara, ia
pun dilantik sebagai orang nomor satu di Afrika Selatan, karena dianggap sebagai tokoh paling berpengaruh dalam penyelesaian konflik antara kaum kulit hitam dan kulit puti.

Nelson Mandela Diharuskan Menghentikan Perjuangan Untuk Bebas

Nelson Mandela pernah dijanjikan bebas dari penjara oleh presiden Afrika Selatan pada saat itu PW Botha, namun dengan catatan Mandela harus menghentikan semua perjuangannya dalam rangka untuk menumpas keberadaan kaum mayoritas (kulit putih) yang dianggap telah merebut hak-hak kemanusiaan kaum kulit hitam.

Namun dengan tegas Mandela pun menolak untuk menghentikan perjuangannya, karena bagi Mandela, Afrika Selatan adalah negara yang harus merdeka dari dominasi kaum mayoritas. Mandela dan rekannya telah bersepakat bahwa tidak akan menghentikan gerakan ini hingga Afrika Selatan bisa betul-betul bebas dari jeratan penjajahan. Sikap pantang menyerahnya inilah yang akhirnya menemukan titik terang, dimana desakan dunia internasional untuk pembebasannya, menjadikan ia bebas pada tahun 1988.

Nelson Mandela Membawa Perdamaian

Karena jasanya yang sangat besar dalam upaya merekonsiliasi kaum kulit hitam dan kulit putih dan jasanya yang telah membawa pada perdamaian di Afrika Selatan, setelahia meninggal dunia akhirnya dibangunlah patung Nelson Mandela sebagai bentuk penghormatan atas jasanya yang dianggap telah membawa perdamaian, sekaligus sebagai simbol dari perdamaian dunia.

Patung inipun konon selalu didatangi pemimpin-pemimpin dunia, sebagai bentuk apresiasi atas pengorbanan luar biasa yang telah dilakukan oleh Nelson Mandela semasa hidupnya. Nelson Mandela meninggal dunia pada tanggal 5 Desember 2013 di usianya 95 tahun.

Walaupun kini telah tiada, namun jasanya sebagai tokoh revolusioner sekaligus Presiden Afrika Selatan tidak akan terlupakan sampai kapanpun. Ia pun telah menasbihkan dirinya sebagai presiden kulit hitam pertama di negara tersebut.

Kebijakan- kebijakannya pun dianggap sebagai kebijakan paling berani pada saat itu, yaitu memberantas tindakan rasisme, menghilangkan pengaruh dominasi kaum kulit putih dalam upaya penyelesaian konflik ketika itu.

Keberhasilannya sebagai aktor politik paling berpengaruh di dunia saat itu memang sudah tidak diragukan lagi. Nobel perdamaian yang diterimanya pada tahun 1993 menjadi bukti bahwa ia adalah tokoh politik yang sangat berpengaruh dalam penyelesaian konflik ras disana.

Bahkan patung perunggu Nelson Mandela yang dibuat setelah ia meninggal menjadi ikon perdamaian diseluruh dunia hingga saat ini yang sering dikunjungi oleh pemimpin-pemimpin dunia. Ini menjadikan dirinya tidak akan pernah dilupai masyarakat diseluruh dunia meskipun ia telah meninggal, tetapi sampai kapanpun aksi heroik dan luar biasanya akan selalu dikenang oleh masyarakat dunia.

Demikianlah serangkaian penjelasan mengenai fakta Inspiratif Nelson Mandela, dari Perjuangannya terhadap Kaum Minoritas hingga Menjadi Presiden Afrika Selatan. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa memberikan wawasan dan juga pengetahuan yang mendalam. Penulis artikel adalah Naufal Asyiri Banuarli, trimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Nelson Mandela dan Fakta-Faktanya!"

Posting Komentar