5 Pengalaman Unik Bung Karno


Faktatokoh.com- Bung Karno adalah tokoh nasionalisme yang merupakan presiden pertama di Indonesia. Bung Karno adalah sosok presiden yang memiliki banyak sekali cerita dan pengalaman menarik selama beliau hidup. Oleh karena itulah pada tulisan ini akan mengungkap tentang pengalaman unik Bung Karno.

Menonton Bioskop Kelas Kambing


Pada saat itu Soekarno dan saudaranya Soekarmini (ketika remaja) pergi ke sebuah tempat untuk menonton bioskop yang murah meriah ya itu ”kelas kambing”. Nama bioskop kelas kambing ini dikarenakan biaya yang dikenakan oleh pemilik nya sangat murahya itu 11 sen gulden.

Selain itu, posisi ketika Soekarno dan saudaranya menonton berada di belakang layar. Gambar yang disajikan tentuakan terbalik dan suara dari film yang ditanyangkan juga tidak terdengar sama sekali. Tidak hanya itu, apabila terdapat terjemahan teks dari suatu film maka hanya akan bisa dibaca dalam posisi terbalik.

Dikabarkan juga bahwa Soekarmini pernah berdebat dengan temannya yang berasal dari Belanda ketika menonton film tinju kelas berat. Soekarmini sangat yakin bahwa salah satu petinju yang mengalahkan lawannya tersebut melayangkan pukulan dengan tangan kanan, sedangkan temannya yang berkebangsaaan Belanda yakin bahwa ia menggunakan tangan kiri. Akhirnya Seokarmini merasa malu karena sadar kalau ia menonton dibalik layar, jadi semua pukulan petinju akan terlihat berasal dari arah kanan.

Memberi Nama pada Orang Lain

Hal lainnya dari fakta soekarno yaitu memberi nama-nama yang unik pada orang lain yang mengandung makna tersendiri. Prinsip dari Bung Karno bahwa setiap nama memiliki makna masing-masing yang ia yakini nanti akan memberikan pengaruh besar terhadap orang tersebut.

Seperti nama dari seorang berkebangsaan Polandia dengan nama, Andrzej Nusantara Wawrzyniak. Tentu kata ‘Nusantara” akan terdengan asing oleh orang Polandia. Dibalik nama Andrzej,ia menjadi sosok yang terkenal dikarenakan ia pernah menjabat sebagai Direktur dan Kepala Korator Museum Asia dan Pasifik di Warsawa. Tokoh lain misalnya Haji Masagung atau TjioWie Tjhy (alm) tokoh Tionghoa yang terkenal dengan penerbit Gunung Agung dan toko buku Sari Agung.

Rapat Di Tempat Pelacuran

Mungkin terdengar aneh kalau seorang pejabat tinggi serta kepala negara untuk mengadakan rapat atau pertemuan di sebuah tempat prostitusi. Namun hal demikian merupakan kejadian yang benar mengingat keberadaan Bung Karno selalui diincar dan diikutioleh Belanda sehingga ia pun memutuskan untuk menyusup tanpa adanya kecurigaan.

Hingga pada suatu saat ia mengelabui tentara yang di utus untuk mengintainya, Bung Karno menyusup pun ke tempat rumah pelacuran yang ia gunakan untuk rapat mengenai gerakan yang dipimpinnya.

Kode Rahasia Telur dan Al-quran


Dikarenakan sebagai orang yang paling berpengaruh dalam dunia politik, Bung Karno juga memiliki cara yang unik dalam berkomunikasi dengan isterinya ketika ia di penjara di Sukamiskin pada tahun 1930.

Hal ini bertujuan untuk memberikan kabar mengenai kondisi rekan-rekan Bung Karno di luar sana. Ia pun menggunakan kode telur dan Al-quran sebagai medianya. Apabila yang dikirim oleh Inggit (isteri Bung Karno) telur asin, maka ada hal yang buruk mengenai rekannya.

Selain itu, Al-quran juga menjadi media untuk berkomunikasi dengan Bung Karno. Apabila Bung Karno di kirimi Al-quran pada tanggal 18 Mei, maka ia harus membuka halaman 18 pada surah ke 5 dalam Al-quran. Tentunya sudah ada kode tertentu yang dipahami Bung Karno. Yaitu pada setiap huruf Al-quran yang ditandai dengan tusukan di bawah huruf hingga membentuk sebuah kata.

Mengencingi Bung Hatta


Hal ini yang lebih mengundang rasa ingin tahu lainnya yaitu peristiwa ketika Bung Karno bersama Bung Hatta menaiki pesawat untuk menuju ke Vietnam. Bukan tanpa sebab ia pergi, melainkan ada panggilan mendadak dari Jendral Terauci yang sama sekali tidak diketahui tujuannya oleh Bung Karno dan Hatta.

Pada saat itu diceritakan bahwa Bung Karno menggunakan pesawat tempur dengan fasilitas ala kadarnya. Bahkan badan pesawat juga banyak yang berlubang bekas terpaan peluru. Ketika Bung Karno tidak tahan lagi untuk menahan kencingnya, ia pun segera membuang hajatnya. Tanpa disadari karena terpaan angin yang kuat seisi pesawat pun merasakan hangatnya air kencing Bung Karno termasuk Bung Hatta.

Demikianlah tulisan mengenai pengalaman-pengalaman unik Bung Karno, sosok sosok arif  yang dapat menginspirasi para pembaca. semoga bermanfaat. Adapun penulis dalam artikel ini adalah Puji Lembayu. Trimakasih, 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Pengalaman Unik Bung Karno"

Posting Komentar