Joko Widodo dan Kedekatannya dengan Ulama

Keakraban Jokowi dengan menggandeng tangan ulama
Joko Widodo, pria yang akrab disapa “Jokowi” ini merupakan sosok yang dikagumi oleh masyarakat ketika menjabat sebagai Walikota Jakarta yang saat itu didampingi oleh wakilnya, Basuki Thahaja Purnawa (Ahok).

Joko Widodo


Melalui program Blusukan, Jokowi mendapat apresiasi yang sangat baik dari masyarakat. Jokowi disebut-sebut sebagai pemimpin yang sederhana, bijaksana, dan merakyat. Oleh karena itu, Jokowi banyak mendapat saran dan motivasi dari masyarakat untuk mencalonkan diri sebagai Presiden Republik Indonesia.

Didampingi Jusuf Kalla, Jokowidodo mencalonkan diri sebagai Presiden Republik Indonesia. Jokowi mendapat banyak dukungan dari masyarakat sehingga pada demokrasi pemilihan presiden tahun 2014 Jokowidodo dan Jusuf Kalla dipercaya untuk memimpin bangsa Indonesia selama satu periode jabatan (2014−2019).

Saat kepemimpinan di bidang politik presiden Jokowi sudah dikenal dengan sembilan agenda kepemimpinannya, Nawa Cita. Di sela kesibukan di dunia politik pemerintahan, Jokowi selalu menyempatkan diri untuk selalu dekat dengan para ulama dan kiai. Selengkapnya, baca; 15+ Fakta Jokowi (Joko Widodo), Yang Wajib Anda Ketahui!

Kedekatan dengan Ulama


Jokowi memang sudah dekat dengan para ulama dan kiai sebelum dirinya berkecimpung di dunia politik kepemerintahan. Oleh karena itu, kedekatan Jokowi dengan para ulama tidak menimbulkan pemikiran dari masyarakat bahwa sikap Jokowi tersebut hanyalah pencitraan. Masyarakat percaya bahwa kedekatan Jokowi dengan para ulama adalah murni sikap baik dari Jokowi.

Jokowi masih sering menghadiri undangan-undangan yang bersifat keagamaan, seperti acara selawatan, peringatan isra miraj, dan acara keagamaan lainnya. Pada saat kegiatan pun Jokowi sering berdampingan dengan para ulama.

Tatakrama Jokowi terhadap para ulama patut dijadikan teladan. Tidak jarang pula Jokowi berpenampilan bukan layaknya seorang presiden, melainkan lebih tampak seperti rakyat biasa. Memakai sarung, baju koko sederhana, disertai songkok hitam nasional masih menjadi ciri khas kepresidenan Jokowi saat menghadiri acara-acara religi.

Kedekatan Jokowi dengan para ulama ini berpengaruh terhadap karakteristik pada diri Jokowi. Jokowi lebih cenderung lemah lembut dalam menghadapi hujatan-hujatan yang sering dilontarkan kepadanya.

Para ulama bahkan juga seringkali memberikan pituah-pituah atau nasihat kepada Jokowi agar selalu bersabar dengan ujian keduniawian saat memimpin Republik Indonesia menuju cita-cita yang mulia, nasehat ini disampaikan secara langsung ataupun tidak langsung.

Demikianlah tulisan mengenai Joko Widodo dan Kedekatannya dengan Ulama yang ditulis dan disajikan oleh Warsul Ulamaut Tamami yang saat ini menjadi salah satu Mahasiswa di Kalimantan Barat. Semoga bisa bermanfaat, trimakasih,

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Joko Widodo dan Kedekatannya dengan Ulama"

Posting Komentar