15+ Fakta Jokowi (Joko Widodo), Yang Wajib Anda Ketahui!


FaktaTokoh.Com- Tokoh spesial dan juga presiden ke-7 di Indonesia adalah Jokowidodo yang kemudian masyarakat lebih banyak mengenalnya dengan Nama Jokowi. Jokowi menjadi Presiden Indonesia sejak tahun 2014 menggantikan posisi Presiden sebelumnya yaitu SBY (Susilo Bambang Yudhoyono). Setidaknya dalam catatan beberapa hal ada yang menarik dari sejumlah fakta-fakta Presiden Jokowi, baik dalam kepemimpinanannya, kehidupan sehari-harinya, keluarganya, dan sudut pandang lainnya.

Fakta-Fakta Menarik Jokowi


Berikut inilah sejumlah fakta menarik yang harus kalian ketahui tentang Sosok Presiden Indonesia ke-7, diantaranya adalah sebagai berikut;

Presiden Jokowi Pernah Ditolak Menjadi PNS

PNS (Pegawi Negari Sipil) adalah salah satu pekerjaan yang di idam-idamkan oleh sebagain besar masyarakat Indonesia. Hal ini terbukti dengan adanya pembukaan menjadi PNS masyarakat Indonesia berbondong-bondong melakukan pendaftaran, bahkan ada juga yang melakukannya dengan cara-cara curang seperti penyogokan, memakai dukun, dan lain sebaginya.

Setidaknya perlu dan penting untuk dipahami, bahwa Sosok Presiden Indonesia saat ini. Yaitu Pak Jokowi pernah ditolak menjadi PNS di Kementrian Pertanian Republik Indonesia, sebagaimana hal ini pernah beliau sampaikan dalam Rangkaian Acara Temu Alumni Jurusan Kehutan UGM (Univeritas Gajah Mada).

Presiden Jokowi Anaknya Tidak Ada Yang Berpolitik

Sampai saat ini dalam kehidupan keluarga Pak Jokowi bisa dibilang berbeda dengan kehidupan keluarga pejabat lainnya. Mengapa demikian?, alasannya lantaran anak seorang Presiden atau pejabat selalu memanfaatkan posisi ayahandanya untuk memuluskan langkah yan tetap menjadi Politisi.

Berbeda hal dengan Presiden Jokowi, yang sampai saat ini Pak Presiden anaknya tidak ada yang menjabat sebagai Kepada Daerah, DPR, DPRD, atau lain sebagnya. Malahan Anak-Anak Jokowi dan menantunya lebih banyak berkecimpung di Bidang Wisrausaha.

Untuk Fakta ini bisa melihat Anak Pertama Presiden yang memailih untuk membuka Jasa Catering, Anak Kedua memilih menjadi bidang profesional, Anak Ketiga Presiden memilih menjadi seorang youtuber atau bergerak di bidang Internet Marketing.

Presiden Jokowi Menjabat, Anaknya Ditolak Menjadi PNS

Saat Presiden RI menjabat, yaitu Presiden Jokowi tidak membantu anak-anaknya untuk mudah mendapatkan pekerjaan “semuanya butuh usaha keras” begitulah setidaknya pesan yang ingin beliau sampaikan.

Bahkan pada saat Presiden Jokowi baru dilantik menjadi Presiden salah satunya anaknya, yaitu Mbak Khaiyang ditolak menjadi PNS. Ini adalah kasus yang unik, padahal bisa dibayangkan jika Presiden Jokowi mau menjadikan anaknya PNS tinggal lewat belakang (menyuruh bawahannya) untuk meluluskan anaknya menjadi PNS seperti kebanyakan pejabat lainnya.

Jokowi adalah Presiden Yang Tidak Memakai Jam Tangan

Fakta menarik lainnya, dari sisi kehidupan beliau yang tidak pernah memakai Jam Tangan. Hal ini terasa unik yang mampu membedakan dari Presiden-Presiden sebelumnya. Dalam kasus ini bahkan Jokowi pernah mengatakan bahwa beliau pernah menangis dengan keras ketika masih kecil di paksa memakai jam tangan.

Presiden Jokowi Memailiki Budaya Blusukan

Karakteristik dan juga kepribadian Presiden Jokowi adalah dengan blususkan. Ia, blusukan inilah salah satu hal yang mampu menaikan elaktabilitas beliau, sewaktu mencalonkan diri menjadi Presiden Republik Indonesia.

Budaya Blukasukan Presiden ternyata sudah dilakukan sejak menjabat sebagai Walikota Solo, Gubernur DKI Jakarta, bahkan sampai saat ini ketika beliau menjadi Presiden beliau mengunjungi berbagai daerah –daerah maju dan terpencil di Indonesia.

Harga Cincin Perniakah  Jokowi (24 Rb)

Menikah dan melakukan pernaikahan adalah hal yang disunanah dalam Ajaran Agama Islam. Salah satu keharusan pula yang dilakukan dalam pernikahan adalah dengan memberikan cincin sebagai wujud ikatan suci diantara keduanya.

Budaya ini juga dilakukan oleh Presiden Jokowi yang melangsungkan pernikahan dengan Ibu Iriana, pada tahun 1986. Dalam perniakahan presiden tidak terasa mewah, karena salah satunya hal yang unik adalah dengan diberikannya hadiah cicin kepada Ibu Iriana dengan Harga 24 Rb

Presiden Selalu Membiasakan Sungkem dengan Orangtua

Budaya dan juga fakta selanjutnya, yang perlu dicontoh oleh masyarakat Indonesia adalah budaya dengan sungkem kepada orangtua. Kebiasaan ini juga dilakukan oleh Presiden Jokowi yang selalu sungkem atau meminta izin dalam hal apapun kepada Ibundanya. Baik dalam pencalonan menjadi Walikota Solo, mencalonkan diri menjadi Gubernur DKI, bahkan disaat beliau mencalonkan diri menajdi Presiden RI.

Presiden Dengan Musik yang Nyentrik

Fakta menarik lainnya, dari Presiden Jokowi adalah dengan musik yang nyentrik, meskipun beliau sendiri tidak pernah menciptakan lagu apapun. Musik kesayangan Jokowi ini adala aliran musik yang keras, bukan melankolis, yang tentusanya salah satu Band andalan serta favorite beliau adalah Lamb of God.

Jokowi adalah Presiden Yang Cerdas Memanfaatkan Media Sosial

Fakta selanjutnya, yang memang sudah lumrah kita pahami adalah fakta mengenai beliau yang ternyata cerdas dalam memanfaatkan media-media sosial. Seperti dalam media sosial Facebook yang seringkali memposting video dengan pemimpin dunia serta pesan-pesannya yang terkadang ada kesan jenaka.

Presiden Jokowi ini dinilai cerdas dalam memanfaatkan media sosial, alasan sederhannya karena beliau sampai saat ini emnadi salah satu Presiden yang sering mengunggah beberapa media sosial yang familiar, seperti youtube dengan membuat vlog-vlog menarik.

Jokowi Menjadi Sosok kebangkitan Pembangunan di Papua

Papua adalah salah satu kepulauan yang ada di Indonesia. Papua ini pada dasarnya menajdi pulau paling timur serta paling tertinggal dibandingkan dengan pulau-pulau lainnya. Oleh karena itulah dimasa kepemimpinan Jokowi pembangunan Papua dilakukan cukup besar, dibandiangkan dengan pemimpin sebelumnya yang pernah menjabat sebagai Presiden.

Jokowi Tidak Pernah Menutup Kaca Mobil

Demi melihat dan juga lebih dekat dengan masyarakat Indonesia, Presiden Jokowi teryata tidak pernah atau jarang mau menutup kaca mobil yang beliau gunakan. Untuk sosolkpresiden dan juga pemimpin Negari ini cukuplah memberi bukti yang sangat penting bahkan dekat dengan masyarakat adalah salah satu kunci keberhasilan menjalani hidup yang dilakukannya.

Jokowi PKI, Fitnah yang Paling Sering Didengarkan

Fitnah yang paling sering kita dengarkan dalam kehidupan sehari-hari adalah mengenai perkatan tidak setuju dengan Presiden Jokowi. Bahkan golongan yang tidak setuju seringkali kita mendengarkan kata bahkan Jokowi adalah PKI. PKI sendiri adalah Partai Komunis Indonesia yang sangat dilarang keras dalam kehdiupan berbangsa dengan bernegara di Indonesia. 

Presiden Jokowi Hobi Memelihara Katak

Sisi unik dan menarik lainnya, dari Presiden Jokowi adalh hobinya dalam memelihara hewan katak. Hewan ini bahkan menjadi salah satu hewan yang pernah diceritakan oleh Kaesang dalam vlog yang ia buat. Fakta Jokowi dalam memelihar katak ini dilakukan untuk memunculkan suasana tenang dan kedamaian, karena suara-suara katak di malam hari dalam tanggapan Presiden Jokowi seperti suana rumah di perkampungan atau persawahan.

Presiden Jokowi Bukan Pemimpin Partai

Dalam menunjukan perbedaan dari pemimpin-pemimpin sebelumnya, yang cukup menarik dari Presiden Jokowi adalah ketidakikutsertaannya menadi Pemimpin Partai, meskipun beliau sendiri menjadi Presiden dengan dukungan oenuh dari PDIP (Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan) yang dipimpin oleh Magawati (Presiden RI ke-5).

Pendukung Presiden Jokowi adalah Kecebong

Salah satu hal yang menarik dari sisi kepemimpinan atau pendukung dari Presiden Jokowi adalah sebutan namanya, yang seringkali disematkan adalah Kecebong. Hal ini cukuplan menarik perhatian yang bisa memunculkan pernedaan dari pemimpin sebelumnya.

Demikinalah tulisan mengenai fakta-fakta Jokowi yang saat ini menjadi Presiden Indonesia yang ke-7. Semoga dengan adanya ulasan mengenai sepuar fakta yang ada di dalam website ini bisa memberikan nuansa pengetahuan bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih,

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "15+ Fakta Jokowi (Joko Widodo), Yang Wajib Anda Ketahui!"

Posting Komentar