Edison Tidak Gagal, Dia Hanya menemukan 9.998 Cara Yang Tak Berhasil



Faktatokoh.com-Siapa yang tak pernah mengalami kegagalan dalam hidupnya? Pasti semua orang pernah mengalaminya bukan ? Namun, setiap orang pasti memaknai kegagalan dengan sikap yang berbeda-beda.

Ada sebuah quotes yaitu :

 “Banyak kegagalan dalam hidup ini dikarenakan orang-orang tidak menyadari betapa dekatnya mereka dengan keberhasilan saat mereka menyerah.”- Thomas Alva Edison.

Thomas Alva Edison Adalah Sosok Penemu

Edison merupakan salah satu tokoh penemu yang hebat dan terkenal. Karyanya yang sampai saat ini kita rasakan adalah bola lampu pijar. Penemuannya tersebut tentu saja melalui 9.999 kali percobaan yang tak lantas membuatnya menyerah atau putus asa. Berkat kegigihannya dan kerja kerasnya lah akhirnya ia pun menemukan bola lampu yang menyala.

Edison merupakan bukti nyata bahwa usaha tak akan menghianati hasil. Banyak hal penting yang dapat kita ambil dari Thomas Alva Edison, berikut beberapa fakta menarik Edison yang dapat kita ambil sebagai pelajaran hidup.

Sering sakit-sakitan hingga dikeluarkan dari sekolah formal

Tanggal 11 Februari 1847, Thomas Alva Edison, penemu terbesar sepanjang masa lahir. Pria jenius yang dijuluki Penyihir Menlo Park itu memegang 1.093 paten atas namanya. Ia juga penemu pertama yang menerapkan prinsip produksi massal pada proses penemuan sehingga menjadikannya seorang pebisnis handal. Sejak umur 7 tahun, Edison sudah sering sakit-sakitan dan keluarganya pun harus berpindah-pindah tempat tinggal. Ketika masuk bangku sekolah, Edison sering menanyakan

sesuatu kepada gurunya. Tetapi, karena terlalu banyak bertanya ia dianggap sebagai seorang murid yang bodoh. Edison tidak mampu beradaptasi dengan lingkungan sekolah. Ia hanya mampu bertahan di sekolah selama 3 bulan. Akan tetapi, Edison tetap belajar sendiri hingga akhirnya ia menghasilakn sebuah penemuan / karya yang besar dan dimanfaatkan di seluruh dunia.

Sulit mendengar, tetapi ia menyukainya

Edison memiliki kesulitan untuk mendengar secara sempurna. Banyak sumber yang menyebutkan berbagai penyebab penyakitnya ini. Ada yang menyebutkan karena faktor keturunan, dan yang menyebut karena demam ketika ia masih kecil serta beberapa kali infeksi bagian tengah telinga yang  tidak diobati. Ada  juga yang menyebutkan karena telinganya dipukul kondektur kereta api ketika laboratorium kimianya di gerbong barang terbakar, dll. Tetapi, hal tersebut malah membuat Edison menyukainya karena menurutnya ia lebih berkonsentrasi dalam eksperimennya. Menurut Edison, hening akan membuatnya bisa melakukan banyak hal hebat. Deretan penemuan penting yang fundamental telah diciptakan oleh Edison. Seandainya Edison tidak mengalami kekurangan ini, boleh jadi tak banyak penemuan gila yang berhasil diciptakannya.

Unik, Melamar istri dengan sandi morse

Edison mempunyai dua orang istri. Bukan poligami, istri pertamanya bernama Mary meninggal lalu kemudian Edison menikah dengan Mina Miller, seorang anak penemu Lewis Miller. Edison melamar Mina Miller dengan cara yang sangat unik. Ia menggunakan morse yang disusun berupa titik dan garis lurus. Tetapi, sebelum mengajukan lamaran menikah, Edison terlebih dahulu mengajari Miller. Hingga akhirnya Edison mengirimkan untaian kata indah yang isisnya undangan nikah lewat morse. Dan akhirnya mereka menikah.

Cara pandang positif

Pada saat menemukan Lampu Pijar, Thomas Alva Edison mengalami kegagalan sebanyak 9.998 kali. Baru pada percobaannya yang ke 9.999 dia berhasil secara sukses menciptakan lampu pijar yang benar-benar menyala terang. Luar biasa, Thomas Alva Edison memandang kegagalan dari kaca mata yang sangat positif. Kegagalan bukan sebagai kekalahan tapi dipandang dari sisi yang lain dan bermanfaat, yaitu mengetahui cara agar lampu tidak menyala.

Cara pandang positif Thomas Alva Edison, tidak menyurutkan semangat, bahkan tetap mampu meyakinkan orang lain untuk mendanai “Proyek Gagal” nya yang berulang-ulang.

Menolak disebut gagal

Saya bukan gagal 10.000 kali. Saya tidak gagal satu kali pun. Saya berhasil membuktikan bahwa ada 10.000 cara yang keliru. Ketika saya telah mengetahui cara-cara yang keliru, akhirnya saya akan menemukan sebuah cara yang benar.

Dengan begitu banyaknya paten yang dihasilkan oleh Thomas Alva Edison (2332 paten dalam berbagai penemuan), saya percaya dia tidak bicara secara harafiah melakukan 10.000 kali kegagalan dalam usaha menemukan bola lampu pijar. Bahkan, saya tidak yakin dia menghitung dengan persis berapa kali dia mencoba. Yang jelas, dia melakukannya dengan usaha yang keras dan terus-menerus hingga akhirnya berhasil.

Demikianlah tulisan mengenai Edison Tidak Gagal, Dia Hanya menemukan 9.998 Cara Yang Tak  Berhasil,semoga berkenan dan dapat menjadi inspirasi bagi segenap pembaca. penulis artikel ini adalah Rahma Niar.Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Edison Tidak Gagal, Dia Hanya menemukan 9.998 Cara Yang Tak Berhasil"

Posting Komentar