Terima Kasih Kartiniku

Siapakah Kartini ?


Faktatokoh.com-Siapa yang tidak kenal dengan sosok Raden Ajeng Kartini? Baru kemarin, tanggal 21 april kita memperingati hari kartini. Pahlawan emansipasi wanita,yang memperjuangkan hak wanita untuk mendapatkan pendidikan yang setara dengan kaum laki-laki.

Biografi Kartini

Wanita yang memiliki nama lengkap Raden Ajeng Kartini Djojo Adhiningrat, lahir pada tanggal 21 april tahun 1879 dikota jepara. Sehingga setiap tanggal 21 april diperingati sebagai hari kartini untuk mengenang jasanya.

Kartini merupakan anak dari bangsawan, ia bersekolah sampai umur 12 tahun. Setelah itu ia diharuskan untuk tinggal dirumah sesuai dengan adatnya, kartini menyukai membaca buku-buku dan berkirim surat dengan sahabat penanya dieropa, sehingga kartini memiliki pengetahuan dan pola pemikiran yang luas.

Perjuangan Kartini di Dunia Pendidikan

Awalnya kartini mendirikan sekolah wanita disemarang setelah menikah, namun Kartini harus wafat diusia yang sangat muda yaitu berumur 24 tahun. Lalu sekolah tersebut disebarluaskan oleh suaminya diberbagai daerah dan dinamakan “sekolah kartini” untuk tetap menghidupkan mimpinya.

Tanpa perjuangan kartini, perempuan sekarang tak dapat menempuh pendidikan yang tinggi. Dahulu perempuan harus berada dirumah, sesuai dengan adat zaman dahulu. Namun sekarang banyak kita temui perempuan indonesia yang berhasil menggapai impiannya,dapat dengan lantang menyuarakan hak-haknya,dapat bersekolah setinggi-tngginya dan Banyak juga perempuan yang menjadi pemimpin, Semua itu tak lepas dari berkat perjuangan kartini.

Kata-kata yang paling terkenal dari kartini ialah, “habis gelap terbitlah terang”, yang merupakan salah satu judul buku kartini. Kartini merupakan sosok perempuan yang cerdas, disaat semua perempuan pada zamannya hanya menuruti adat, kartini sibuk untuk memperjuangkan hak-hak wanita. Kartini memiliki pemikiran-pemikiran untuk merubah nasib perempuan, sehingga pemikirannya tersebut ditakuti oleh pihak belanda.

Kartini Wanita Tangguh

Sampai sekarangpun kartini tetap menjadi sesosok perempuan yang sangat menginpirasi, ia dikenal sebagai wanita tangguh dan luar biasa. Walaupun ia hidup tidak begitu lama, akan tetapi jasanya begitu besar bagi negara indonesia, terutama bagi perempuan indonesia.

Sekarang banyak terdapat sosok kartini-kartini, wanita-wanita, perempuan-perempuan yang begitu menginspirasi kita. Semoga perempuan seperti kita, kelak dapat menjadi kartini bagi indonesia dan orang-orang terdekat disekitar kita.

Demikianlah tulisan mengenai Terima Kasih Kartiniku, yang disajikan oleh Mala. Semoga dengan adanya tulisan ini dapat menambah wawasan dan inspirasi bagi pembaca. Mohon maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan. Terimakasih

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Terima Kasih Kartiniku"