Raden Ajeng Kartini, Tokoh Teladan dan Inspirasi


Daripada mati itu akan tumbuh kehidupan baru, kehidupan baru ini tidak dapat ditahan-tahan, dan meskipun sekarang dapat juga ditahan-tahan, besoknya akan tumbuh juga dia dan kehidupan makin lama makin kuat makin teguh (R.A. Kartini).

FaktaTokoh.Com- Raden Ajeng Kartini, nama dan cita-citanya disegani orang tiap tahun dalam Bulan April. Diseluruh negeri ini kartini diperingati oleh kaum perempuan. Raden Ajeng Kartini lahir pada tanggal 21 april 1879 di Jepara.

R.A. Kartini


Raden Ajeng Kartini merupakan cucu dari pangeran Ario Tjondronegoro, bupati Demak yang terkenal suka akan kemajuan. R.A. Kartini merupakan salah satu wanita pada jamannya untuk memperjuangkan dan membuka jalan agar kaum wanita bisa mengenyam pendidikan. Raden Ajeng sendiri telah mengenyam pendidikan dari usia yang sangat muda.

Sifat Kartini mudah merasakan kesakitan orang lain, karna itulah Kartini kecil berusaha membuka jalan utuk kaum wanita pada bangsanya. Semasa hidupnya R.A. Kartini telah memberikan teladan dan inspirasi yang sangat bermanfaat bagi bangsa Indonesia.

Teladan dan Inspirasi R.A. Kartini


Teladan dan inspirasi yang bisa diambil dari sosok R.A. Kartini sang Pahlawan Nasional ini sendiri antara lain;

Cita-Cita

R.A. Kartini adalah salah satu sosok yang mempunyai cita-cita memajukan bangsanya dalam segala bidang. Cita-cita Kartini ini merupakan cita-cita yang tinggi karena berusaha membuka jalan bagi kaum wanita untuk belajar.

Dengan proses belajar yang dilakukan oleh seorang perempuan, maka tak khayal wanita akan lebih cakap dalam mendidik anak-anaknya dan lebih cakaplah dia dalam mengurus rumah tangga dan lebih memajukan bangsanya.

Pejuang Perempuan

Kartini merupakan gambaran perjuangan dan cita-citanya semua perempuan di negara ini. Dijamannya kaum wanita tidak diperbolehkan bersekolah, oleh sebab inilah kartini berjuang dengan keras untuk mewujudkan cita-cita kaum wanita untuk bersekolah.

Bintang Pahlawan Perempuan

Kartini merupakan perlambang dan bintang petunjuk jalan bagi seluruh masyarakat Indonesia. R.A. Kartini merupakan anak tingkatan bangsawan yang selamanya wajib menjaga dan menimbang-nimbang adat. Meskipun demikian Raden Ajeng Kartini bertentangan dengan adat itu.

Jika perempuan yang rendah mencoba merombak adat, hal itu kuranglah mengherankan. Oleh karena itulah perjuangan Kartini ini, maka beliau sebagai Pahlawan Perempuan layak dijadikan sebagai perlambangan perjuangan kaum wanita.

Demikianlah beberapa teladan dan inspirasi dari Raden Ajeng Kartini, putri lambang perjuangan kaum perempuan. Semoga dengan adanya tulisan ini dapat memberikan wawasan dan juga pemahaman bagi segenap pmebaca sekalian, adapaun penulis artikel ini adalah Lukman Maulana. Trimakasih, 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Raden Ajeng Kartini, Tokoh Teladan dan Inspirasi "

Posting Komentar