11+ Fakta Soeharto Yang Wajib Anda Ketahui!


FaktaTokoh.Com- Soeharto adalah nama yang tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Nama ini telah menjadi Presiden terlama sejak Indonesia merdeka dan berdiri sampai saat ini. Presiden Soeharto diperkirkan menjadi pemimpin Indonesia dalam kurun waktu 32 Tahun. Lantas apasaja keistimewaan dan juga peninggalan daripada Presiden Soeharto. Berikut inilah sejumlah fakta-fakta menarik mengenai Soeharto.

Fakta-Fakta Presiden Soeharto


Setidaknya ada beberaa hal yang ada di dalam kepemimpinan Presiden Soeharto, hal tersebut antara lain sebagai berikut;

Soeharto Adalah Presiden Pendiri dan Pemimpin Partai Golkar Yang Pertama

Partai Golkar adalah salah satu Partai Besar yang ada di Indonesia. Partai ini pada dasarnya selalusaja menduduki peringkat 3 sampai dengan 4 besar sebagai partai pemenang pemilu. Meskipun beberapa tahun ini Partai Golkar seringkali dilanda masalah dan diganti kepemimpinan akan tetapi tidak hilang pamornya sebagai Partai pemenang Pemilu di Indonesia.

Kebesaran yang di dalam Partai Golkar salah satunya karena jasa Presiden Soeharto yang mana, dengan kepiawaian dalam berpolitik menjadikan Partai Golkar sebagai penguasa terlama dari sejak berdiri sampai akhir tangun 1998.

Presiden Soeharto Adalah Bapak Pembangunan RI

Sematan serta sebutan nama Bapak Pembangunan Indonesia selalu dilekatkan kepada Presiden Soeharto. Yang memang pada masa kepemimpinan beliau Indonesia memiliki sebutan sebagai Macan Asia.

Banyak hal yang dilakukan Presiden Soeharto salah satunya dalam infrastruktur dan juga pembangunan lainnya. Bahkan program transmigrasi pertama di Indonesia dalam upaya menyetarakan jumlah penduduk, dimulai dari Kepemimpinan Presiden Soeharto.

Soeharto Adalah Presiden Yang Lahir Dari Desa

Kelahiran Mantan orang nomor 1 di Indonesia, yaitu Soeharto memang sudah tak lagi asing bagi kita. Prila ini lahir dengan nama desa yang relatif unik, yaitu Desa Argomulyo yang ada di Yogjakarta. Presiden Soeharto Lahir di Dusun Kemusuk tapatnya pada tanggal 8 Juni 1921 jauh sebelum Indonesia merdeka.

Soeharto adalah Tokoh Pejuang Nasional Yang Merasakan Penjejah Belanda dan Jepan

Indonesia adalah negara bekas jajan Negara-negara Eropa dan Negara Asia, terutama Indonesia diajajh oleh Benlanda dan Juga Japan. Salah satu tokoh yang merasakan Penjajahan Belanda dan Japan ini adalah Soeharto, yang pada saat itu beliau menjabat di tingkatan Mayor Jenderal.

Presiden Soeharto Adalah Presiden Murah Senyum

Salah satu sematan dan juga julukan yang ada di dalam Jiwa Presiden Soeharto adalah ketersenyumannya dalam hal apapun, beliau jarang terlihat dalam raut muka yang sedih, meskipun dalam kondisipapun itu. Bahkan setelah lengser menjadi Presiden sekalipun salah satu kata yang paling melekat dalam Nama kebesaran Presiden Soeharto adalah “Ora Dadi Presiden Ora Petekan” yang artinya tidak menjadi presiden sekalipun tidak malasah.

Lantaran Presiden Soeharto selalu terliaht tersenyum, salah satu kewibawaan beliau inilah mendapatkan julukan dari Negara-Negara Barat sebagai The Smiling General yang artinya adalah "Sang Jenderal yang Tersenyum".

Soeharto Adalah Presiden yang Membatasi Kebesan Keturunan Tionghoa

Nama kebesaran Soeharto di depan masyarakat Indonesia adalah tentang berbagai kebijakan yang ia lakukan. Salah satunya dengan meminimalisir kebebasan yang ada dalam masyarakat Tionghoa. Kebijakan ini beliau ambil karena ingin menjadikan warga pribumi (masyarakat Indonesia) sebagai pemilik di Negarinya sendiri.

Soeharto Adalah Presiden yang Lengser Karena Mahasiswa

Berbagai kebijakan Presiden Soeharto yang terjadi kemerosotan pada tahun 1998 menyebabkan banyak masyarakat kurang puas dengan segala kebijakan yang beliau ambil, bahkan hutang negara pada saat ini mencapai jumlah yang tinggi hingga menyebabkan adanya dampak krisis moneter.
Akibat adanya gejolak inilah menyebabkan banyak mahasiswa pada Tahun 1998 turun ke jalan untuk melengserkan Presiden Soeharto. Pada akhirnya satu-satu Presiden yang dilengserkan oleh mahasiswa adalah Soeharto, pada Bulan Mei 1998.

Soeharto Lahir dari Bantuan Dukun Beranak Bukan Bidan

Salah satu hal yang menarik dan belum banyak diketahui oleh kebanyakan masyarakat Indonesia adalah tentang kalahiran Soeharto yang lahir bukanlah di dalam Rumah Sakit sebagimana kebanyakan orang pada saat ini. Beliau lahir dengan bantuan dukun beranak.

Adapun orang yang membantu dalam kelahiran Soeharto adalah Mbah Kromodiryo (dukun bernanak) yang ada di Dusun Kemusuk, Provinsi Daerah Istimewa Jogjakarta.

Soeharto Adalah Contoh Pernikahan yang Ideal Bagi Generasi Muda Sekarang

Banyaknya ragam perniakahan muda yang banyak dialami generasi muda pada saat ini, setidaknya menjadi salah satu problema bagi pemerintahan Indonesia dalam mengendalikan jumlah penduduk. Oleh karenannya jika ditelusuri lebih dalam sebenarnya generasi muda sekarang bisa mencontoh pernikahan yang dilakukan oleh Soeharto dengan Usia Pernikahan pada Umur 26 tahun, sedangkan Istrinya, yaitu Raden Ayu Siti Hartinah atau Ibu Tien Suharto pada saat itu usianya adalah 24 Tahun.

Tingkatan perbedaan usia yang relatif setabil dalam pemikiran dan kemapanan inilah setidaknya bisa menjadi salah satu contoh menarik yang bisa dilakukan atau dicermati oleh generasi muda pada saat ini.

Indonesia Menjadi Pengekpor Beras Terbesar Dunia Pada Masa Soeharto

Pada masa kepemimpinan Presiden Soeharto, pada faktanya Indonesia mampu menjadi penghasil besar terbesar di dunia. Kondisi ini tentusaja belum bisa diikuti oleh Presiden selain Soeharto, bahkan pada saat itu Soeharto mampu mendapatkan penghergaan dari PBB karena program pangannya yang berhasil.

Soeharto Melakukan Program Pengendalian Pendudukan Paling Berhasil di Indonesia

Jumlah penduduk di Indonesia sangtalah berhasil pada masa kepemimpinan Soeharto. Beliau selaku menjadi presiden Indonesia pada akhirnya melakukan berbagai kebijakan yang cukup membanggakan dalam mengendalian jumlah pendudukan.

Keseriusan Presiden Soeharto dalam mengendalikan Jumlah penduduk dilakukan dengan membentuk BKKBN yang langsung dikordinatiri oleh Pemerintah Pusat. Kondisi inipula menjadikan Presiden terlama Indonesia ini mendapat penghargaan dari dunia, melalui Lembaga PBB.

Demikinalah tulisan mengenai Fakta-Fakta Soeharto yang mendapat julkukan sebagai pemerintahan ordebaru. Semoga dengana danya tulisan ini bisa memberikan wawasan dan edukasi bagi setiap pembaca yang sedang mendalami tentang “Soeharto”. Trimakasih, jangan lupa baca juga tulisan Fakta Jokowi (Joko Widodo), Yang Wajib Anda Ketahui!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "11+ Fakta Soeharto Yang Wajib Anda Ketahui!"

Posting Komentar