5+ Fakta Bung Tomo, Sang Pembakar Semangat


Faktatokoh.com - Bung Tomo sama dengan Surabaya. Ketika nama tersebut diucapkan yang teringat pastilah peristiwa 10 November di Surabaya. Kenapa Bung Tomo bisa membakar semangat arek-arek Surabaya untuk melawan Belanda? Pernahkah kalian berpikir demikian. Bung Tomo, pemilik nama asli Sutomo adalah anak dari Kartawan Tjiptowidjojo lahir di Surabaya, Jawa Timur, 3 Oktober 1920. Oleh karenanya pada tulisan ini akan memberikan fakta mengenai Bung Tomo.

Fakta Bung Tomo

berikut ini akan dijabarkan fakta-fakta tentang sang pembakar semangat, Bung Tomo:

Bung Tomo Tidak Ikut Sekolah Formal

Beliau sama sekali bukan berasal dari keluarga ningrat atau bangsawan. Keluarganya merupakan golongan menengah ke bawah. Dia juga tidak mendapatkan pendidikan formal karena gagal saat di MULO. Namun beliau mempeoleh filsafat kepanduan, dan kesadaran nasionalis dengan bergabung dengan organisasi KBI (Kepanduan Bangsa Indonesia) dan dari kekeknya, sebagai pengganti yang baik dari pendidikan formalnya. 

Bung Tomo Adalah Sosok Komunikatif

Pengalaman berorganisasi menumbuhkan jiwa kepemimpinan. Dari situlah Bung Tomo menjadi sosok yang komunikatif, dimana komunikasi adalah hal yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Bayangkan saja jika seorang pemimpin tidak komunikatif pasti tidak akan terbangun relasi antara seluruh elemen tim. 

Bung Tomo Adalah Pemimpin Pertempuran di Surabaya

Komunikasi sangat penting bagi manusia karena kata-kata dan kalimat yang dirangkai dengan baik akan mampu menggerakkan pikiran dan hati manusia dalam berpikir dan bertindak. Dengan jiwa kepemimpinan dan sifat komunikatif  serta ilmu yang dimiliki oleh Bung Tomo, beliau berhasil membakar semangat arek-arek Surabaya untuk melawan kembalinya penjajah Belanda melalui tentara NICA, kemudian berakhir dengan pertempuran pada tanggal  10 November 1945 sehingga kini hari tersebut diperingati sebagai Hari Pahlawan.

Bung Tomo Tidak Mudah Menyerah

Hal yang patut kita contoh dari sifat dan kepribadian Bung Tomo adalah meskipun kita tidak bisa mendapatkan pendidikan secara formal kita tidak boleh menyerah begitu saja, masih banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan ilmu misalnya seperti Bung Tomo yaitu melalui organisasi yang bermanfaat. 

Belajar Dari Sosok Bung Tomo

Meskipun kita bukan dari golongan orang yang mampu secara materi, tapi kita pasti bisa menjadi seorang pemimpin. Karena unuk menjadi pemimpin bukan dilihat dari seberapa kaya kita secara materi, seberapa terhormat kita di masyarakat. Tetapi menjadi pemimpin adalah bagaimana kita bisa mengajak seluruh elemen tim untuk menjalankan visi misi dan saling bersinergi dalam mewujudkannya secara bersama-sama. Menghadapi masalah besar tidak akan mungkin selesai karena kita menghadapinya sendirian, namun akan menjadi mungkin jika kita melakukannya bersama-sama.


Demikianlah tulisan Fakta Bung Tomo, Sang Pembakar Semangat yang saya buat, mohon maaf jika ada kesalahan dan terdapat kata-kata yang kurang berkenan di hati pembaca semoga tulisan ini dapat memberikan manfaat dan kebaikan bagi para pembaca. Penulis dalam artikel ini adalah Sherlina Aisyah. Trimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5+ Fakta Bung Tomo, Sang Pembakar Semangat"

Posting Komentar