Steve Jobs dan 5 Karakter Yang Harus Dijadikan Teladan

FaktaTokoh.Com- Siapa yang tidak mengenal Steve Jobs? Mantan CEO Apple ini mempunyai banyak sekali kisah-kisah mengenai kehidupan yang mampu dijadikan inspirasi dan teladan untuk siapa saja. Oleh karena itulah pada artikel ini akan membagikan tentang 5 karakter teladan dari Steve Jobs.

Teladan Steve Jobs


Adapun beberapa karakter Steve Jobs yang mampu dijadikan teladan bagi para pembaca sekalian, antara lain adalah sebagai berikut;

Mengerjakan sesuatu dengan sempurna

Steve Jobs adalah seorang perfeksionis yang selalu menuntut kesempurnaan dari semua produk yang dihasilkan. Ia tidak hanya mengutamakan penampilan luar yang biasa terlihat tapi juga bagian yang tidak terlihat sekalipun.

Contohnya adalah ketika ia mengerjakan produk machintos yang pertama, ia meminta pembuatan desain papan chip berulang kali karena ia merasa desain tersebut sangat payah. Para karyawannya pun memprotes kenapa mereka harus menghabiskan banyak sekali waktu untuk mengerjakan papan chip yang hanya bisa dilihat oleh teknisi.

Steve Jobs pun memberikan jawaban kepada karyawannya bahwa seorang tukang kayu tidak akan menggunakan kayu dengan kualitas yang buruk untuk bagian belakang lemari walau tidak ada orang yang melihatnya.

Kita dapat meneladani sikap Steve Jobs tersebut yaitu melakukan sesuatu dengan sempurna dan utuh. Dalam bekerja kita harus memberikan kemampuan terbaik kita walaupun itu tidak dilihat oleh orang lain.

Tetap bangkit dan pantang menyerah

Ketika dipecat sebagai CEO dan keluar dari Apple Steve Jobs tidak menyerah dengan keadaaanya begitu saja. Ia mulai membuka sebuah perusahaan baru bernama NeXT. Dalam pasang surut perusahaan barunya bisa terus menerus mencari cara baru supaya perusahaan barunya tetap berkembang walau menggunakan dana pribadinya untuk menjalankan perusahaan tersebut.

Ia bahkan pernah hampir kehabisan dana $7 juta dalam menjalankan perusahaan barunya. Namun dengan kerja kerasnya ia bahkan bisa membawa perusahaannya semakin maju dan membuat sebuah brand terbaik di eranya yaitu Pixar.

Menghargai hasil kerja keras orang lain

Tahukah anda bahwa didalam mesin machintos terdapat tanda tangan anggota perakit machintos? Setelah hasil kerja keras selama berbulan bulan, pengulangan desain, perakitan ulang dan banyak hal yang melelahkan akhirnya machintos selesai diproduksi.

Machintos merupakan computer hebat yang merevolusi dunia perkomputeran pada masanya. Steve tau bahwa ia tidak bisa menyelesaikan machintos tanpa bantuan dan kerja keras timnya. Ia kemudian memanggil seluruh anggota tim perakit machintos dan meminta mereka menandatangani hasil kerja keras mereka selama ini. Terbalas sudah upaya dan kerja keras yang dilakukan selama berbulan bulan.

Memiliki motivasi yang benar

Steve pernah berkata bahwa ia bekerja bukan untuk uang, ia bekerja untuk pelanggan dan konsumennya. Hal ini mendorong Steve untuk memenuhi kebutuhan yang diinginkan masyarakat bahkan sebelum masyarakat dapat mengetahui apa yang mereka inginkan.

Karena hal ini Apple mampu menciptakan berbagai inovasi dalam hal tekhnologi contohnya adalah Machintos. Lain halnya ketika Apple dipimpin oleh CEO yang mementingkan uang sebagai fokus utamanya yang malah menjerumuskan Apple hingga hampir mengalami kehancuran.

Namun ketika Steve kembali ia tetap memegang teguh motivasinya bahwa ia bekerja untuk pelanggan sehingga Apple mampu menciptakan berbagai karya revolusioner lain seperti Ipod, Ipad dan Iphone.

Jangan lupa untuk bersyukur dan berterimakasih

Walaupun Steve mengetahui bahwa ia hanyalah anak angkat ia tidak marah melainkan tetap menyayangi kedua orang tua angkatnya. Steve berkata bahwa orang tua angkatnya adalah orang tuanya yang sesungguhnya. Steve tetap bersyukur dengan apa yang ada di dalam lingkungan dan keluarganya.

Hingga saat Steve sukses, ia pun tidak melupakan orang tua angkatnya, ia mengajak mereka melihat perusahaannya dan tinggal bersama sebagai bentuk terimakasih atas kasih sayang yang mereka berikan selama ini.

Itulah beberapa sifat mengagumkan dari sosok Steve yang walau dikenal kejam dalam memimpin sebuah perusahaan bahkan tak segan mengatakan sebuah karya dari anak buahnya adalah sampah, ternyata memiliki hati yang lembut dan dipenuhi sikap yang mampu kita teladani untuk kehidupan kita. Penulis dalam artikel ini adalah Stefanus Gaga. Trimakasih, 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Steve Jobs dan 5 Karakter Yang Harus Dijadikan Teladan "

Posting Komentar