Penemuan-Penemuan Archimedes (287-212 SM)

Faktatokoh.com-Bayak penemuan-penemuan Archimedes yang sangat terkenal seperti Katrol Ganda, Cermin Pembakar yang bekerja seperti dapur matahari yang di gunakan untuk mebakar Kapal-Kapal layar yang datang menyerang. Penemuan-penemuan Archimedes sangat menarik, tetapi ia lebih terkenal untuk sumbangaan peraktisnya dalam bidang matematika dan hidrostatika. Berikut adalah
penemuan-penemuan Archimedes:

Penemuan Archimedes Bidang Matematika

Berikut ini adalah serangkaian penemuan yang dilakukan oleh Archimedes, diantaranya;
  1. Penemu alat pelempar batu besar yang kata orang membuat orang Roma tak dapat menaklukkan Syracuse selama tiga tahun serbuan mereka.
  2. Di bidang matematika ia membuat beberapa beberapa penemuan dalam Imu Ukur Datar dan Ilmu Ukur Ruang. Mukin jasanya yang terbesar adalah dalam menghitung perbandingan isi dari sebuah silinder dengan sebuah bola yang ditaruh di dakamnya. Sehingga disaat pemakamannya agar diletakkan sebuah bola dan silinder.
  3. Archimede juga berhasil mengukur angka perbandingan keliling serta garis tengah sebuah lingkaran. Angka ini ditemukanya menggunakan gambar sebuah lingkaran yang di dalamnya digambarnya pula serangkaian segi banyak sama sisi. Sisi-sisi mana yang semakin lama semakin melebar banyak hingga mendekati garis lingkaran. “Cara mendekati limit” ini memberikan angka yang sangat dekat dengan perbandingan antara kelililng serta garis tengah sebuah lingkaran yang ditunjukkanya sebagai suatu angka di antara 3 1/7 dan 3 10/71.

Karya Archimedes di Bidang Hidrostatik

Adapun karya Archimedes tentang hidrostatis melibatkan serangkaian percobaan tentang massa jenis (berat jenis) dari benda-benda. Berikut penemuan-penemuan Archimedes di bidang hidrostatis:

  1. Archimedes berasil menemukan pusat gaya tarik bumi saat menyelidiki “hukum tuas”. pada zaman Arcimedes tuas sudah di gunakan secara luas tampa ada yang mengetahui cara kerjanya. Pada pengamatan itu Archimedes menujukan bahwa jika pada garis seimbang diletakan dua buah benda yang sama beratnya,bersebelahan dari titik keseimbangannya, maka benda yang lebih jauh dari titik keseimbangannya akan menurun.
  2. Penelitianya dilanjutkan dengan perkembangan hidrometer untuk mengukur kepekatan suatu cairan. Metode yang dipakainya untuk memecah persoalan- persoalan matematika menjadi dasar dari cabang penting ilmu matematika yaitu Kalkulus. Dengan ilmu baru itu persoalan-persoalan sulit terpecahkan.
  3. Penemuan yang tak kalah menarik adalah Sekerup Archimedes yang digunakan untuk menaikkan air dari sungai.

Demikianlah tadi tulisan tentang Penemuan - Penemuan Archimedes (287-212 SM) yaitu seorang ilmuwan yang menemukan teori  yang bermanfaat dan digunakan hingga sekarang,semoga bermanfaat dan dapat menjadi inspirasi dan teladan bagi segenap pembaca. penulis artikel ini adalah Hamid Kurniawan.Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penemuan-Penemuan Archimedes (287-212 SM)"

Posting Komentar