Penemu Gambar Bergerak, Louis Le Prince



Faktatokoh.com Pada jaman yang serba maju ini, siapa yang tidak mengetahui fitur video? Video yang merupakan susunan gambar bergerak ini begitu terkenal di masyarakat dunia. Tapi apakah Anda tahu bagaimana asal-usul video ditemukan? Disebut gambar bergerak pertama kali ditemukan oleh seorang penemu asal Prancis bernama Loius Le Prince. Louis Le Prince lahir di kota Metz, Prancis pada tanggal 28 Agustus 1841. Louis adalah seorang pelajar di bidang seni, kimia, dan fisika. Pada 1866, Louis pindah ke Leeds, Inggris untuk bekerja sebagai agen di sebuah tempat pengrajin kuningan bernama Whitley Partners. Pada 1869, Louis menikah dengan sesame pengrajin bernama Elizabeth Whitley. Pada 1881, Louis, Elizabeth, dan anak-anaknya pindah ke New York.

Di New York, Louis bekerja untuk memanajemen para seniman yang melukis pemandangan. Lukisan-lukisan ini adalah awal dari Louis terinspirasi untuk membuat gambar yang bergerak. Louis memulai penelitiannya pada tahun 1885. Ia menciptakan kamera dengan 16 lensa yang diharapkan mampu untuk menangkap gambar bergerak. Lalu setelah itu ia mulai menciptakan dan menguji coba kamera dengan satu lensa. Pada 1886, Louis mematenkan kamera dengan 16 lensanya di Amerika Serikat.

Penemu Gambar Bergerak dengan Kamera Satu Lensa

Proses pematenan ini memakan waktu 2 tahun. Pada 1887, Louis pindah kembali ke Leeds, dikatakan bahwa motif dibalik pindahnya Louis adalah bersembunyi dari orang-orang yang mencoba mencuri penemuannya. Pada 1888, akhirnya Louis berhasil menemukan kamera dengan satu lensa, yang dapat menangkap gambar bergerak. Kamera tersebut memiliki kerangka luar dari kayu mahogany dengan berat sekitar 18kg dan memiliki engkol yang digunakan untuk memindahkan kertas film di antara shutter dan kameranya secara manual. Film pertama yang dihasilkan kamera ini, direkam pada tanggal 14 Oktober 1888. Film ini menunjukkan anak laki-laki Louis dan teman-temannya yang sedang berjalan di kebun. Pada 30 Maret 1890, Louis menampilkan gambar bergeraknya di National OperaLoius Le Prince, Paris.

Setelah itu Louis menulis surat untuk Elizabeth di New York. Surat tersebut berisi bahwa Louis akan kembali ke New York pada bulan September dan akan mendemonstrasikan penemuannya itu pada dunia. Pada saat itu, Louis sudah mendapatkan paten terhadap kamera satu lensanya di Inggris dan Prancis. Sayangnya, kedua paten tersebut tidak cukup lengkap untuk membuktikan bahwa Louis lah penemu kamera tersebut. Seandainya Louis berhasil untuk mendemonstrasikan karyanya di New York, maka namanya akan terukir di sejarah sebagai penemu gambar bergerak. Namun, apa yang terjadi malah sebaliknya.

Tiba-tiba Menghilang

Louis menghilang saat akan kembai ke Leeds setelah mengunjungi adiknya d Dijon, Paris pada 16 September 1890. Louis menghilang dengan seluruh dokumen-dokumen untuk mematenkan karyanya. Semua upaya untuk menemukan Louis tidak berhasil. Louis, menghilang dalam perjalanan untuk memperkenalkan penemuannya pada dunia. Nama Louis Le Prince kini telah tertelan oleh sejarah. Penemuannya yang telah jauh ditemukan sebelum Thomas A. Edison memperkenalkan gambar bergerak, tidak berhasil dipatenkan. Sehingga kini, orang-orang lebih mengetahui bahwa yang menemukan gambar bergerak pertama kali ialah Thomas A. Edison, bukanlah Louis Le Prince.


Demikianlah artikel ini tentang Penemu Gambar Bergerak, Louis Le Prince, tokoh yang menemukan alat yang bermanfaat hingga sekarang. Semoga dapat bermanfaat dan menginspirasi pembaca sekalian. Artikel ini ditulis oleh Nabila Primaswari. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penemu Gambar Bergerak, Louis Le Prince"

Posting Komentar