Ahmad Almaududy Amri Koordinator PPI Dunia Periode 2014 -2015 Sosok Yang Fenomenal

FaktaTokoh.Com- Tokoh-tokoh yang ada di Indonesia pada saat ini masih banyak yang belum memahaminya. Pada umumnya tokoh ini ialah tokoh yang mampu memberikan inspirasi terbaik bagi setiap pembaca. Oleh karenanya pada tulisan ini akan memberikan pengenalan mengenai Ahmad Almaududy Amri.

Biografi Ahmad Almaududy Amri


Ahmad Almaududy Amri atau akrab disapa Dudy, pria kelahiran 20 Maret 1990 ini mungkin masih belum terlalu akrab di telinga kita. Namun, di kalangan para pelajar Indonesia di luar negeri khususnya yang masih menjalani studi pada periode tahun 2014 – 2015.

Nama ini mungkin terdengar sangat familiar di telinga mereka. Bagaimana tidak, Beliau adalah Ketua atau Koordinator PPI (Perhimpunan Pelajar Indonesia) Dunia sekaligus Presiden PPI Australia Periode 2014-2015. Dan yang menjadikan Beliau lebih istimewa lagi adalah karena Beliau menjabat waktu itu di usia yang masih sangat muda yaitu 24 tahun.

Pendidikan Ahmad Almaududy Amri


Dudy merupakan lulusan S1 jurusan Hukum Internasional di Universitas Sumatera Utara, kemudian lulus S2 Jurusan Hukum Bisnis di Universitas Gadjah Mada tahun 2010 dan kembali lulus S2 jurusan Hubungan Internasional di Universitas Indonesia tahun 2011 serta mampu menyelesaikan program Doktor (S3)nya di University Of Wollongong, Australia.

Dudy terpilih sebagai Koordinator PPI Dunia saat acara Simposiu mInternasional (SI) PPI Dunia 2014 yang berlangsung di Tokyo, Jepang bersama tiga Koordinator Kawasan, tiga Sekretaris Kawasan serta dua Sekretaris Jenderal yang digabung dalam satu ke pengurusan Dewan Presidium yang memiliki kewajiban untuk menjalankan organisasi PPI Dunia dalam waktu satu tahun.

Prestasi Ahmad Almaududy Amri


Pada saat Simposium Internasional di Jepang, peserta forum berhasil merumuskan rekomendasi 29 program kerja untuk dilaksanakan oleh Dewan Presidium periode 2014–2015. Jumlah rekomendasi ini meningkat dua kali lipat dibandingan  dengan Simpposium Internasional 2013 di Bangkok setahun sebelumnya.

Namun, hebatnya dalam era kepemimpinan Dudyini, Dewan Presidium tidak hanya mampu melaksanakan 29 rekomendasi di atas bahkan mereka sanggup melaksanakan tidak kurang dari 69 program kerja pada saat itu. 

Hal ini tentu tidak lepas dari ketepatan gaya kepemimpinan Mas Dudy sebagai Koordinator dalam menahkodai PPI Dunia. Rekan–rekannya di Dewan Presidium serta beberapa Ketua PPI Negara dari berbagai belahan dunia juga memuji kinerjanya sebagaimana yang dikutip dalam Buku “Dari Kami Untuk Negeri”dapat dirangkum sebagai berikut:

Retno Widiastuti (Sekretaris 1 Dewan Presidium PPI Dunia Periode 2014–2015)

“Selama kepengurusan ini, banyak hal yang saya pelajari dan saya contoh dari rekan–rekan Dewan Presidium PPI Dunia terutama dari keunikan dan kekhasan gaya kepemimpinan masing–masing. Dari Mas Dudy, saya belajar bagaimana mengelola organisasi dan monitoring program kerja secara efektif. Karena salah satu tugas pemimpin adalah mampu mendelegasikan tugas dan bukan menjadi one man show apalagi single fighter.”

Anggie Pradana Putri (Sekretaris 2 dan Bendahara PPI Dunia Periode 2014–2015)

“Ahmad Almaududy Amri adalah sosok yang idealis, selalu fokus dan bertanggung jawab penuh dengan amanahnya.Kerja cerdasnya yang terbungkus rapi dalam balutan semangat yang tak pernah padam walau sudah larut malam membuat saya terheran-heran: kira–kira apa ya, obat dopping yang ia gunakan?

Hariadi Aji (Koordinator PPI Dunia Kawasan Amerika Eropa Periode 2014–2015)

“Selama setahun bersama Dudy dalam kepengurusannya, ada dua kata yang bisa saya gunakan untuk mendeskripsikannya yaitu konkret dan energik. Pertama, jelas sekali goal–goal  yang ditargetkan oleh Dudy untuk kepengurusan satu tahun kedepan serta pembagian penanggung jawab terhadap masing – masing program kerja dengan tepat. Kedua, gaya berbicaranya yang penuh percaya diri. Dudy menurut saya sangat deskriptif dan to the point. Dia bisa berbicara banyak hal dengan energik dan semuanya adalah poin – poin penting.”

Choiriah Ikrima Sofyan (Sekretaris PPI Dunia Kawasan Timur Tengah dan Afrika Periode 2014-2015)

“Tentang sosok Bang Dudy, dia itu sosok pemimpin yang berkarakter sekali menurut saya.Sikapnya yang cool tapi tegas membuat saya harus patuh terhadap deadline. Selain itu, Bang Dudy juga sangat bersahabat dengan seluruh anggotanya. Good looking, mudah merangkul serta menyampaikan perintah tanpa mampu kami menolaknya.”

Dewa Frendika (Koordinator PPI Dunia Kawasan Amerika Eropa Periode 2015-2016)

“Seandainya saya mempunyai kemampuan meramal, tentu dengan penuh keyakinan saya akan berkata bahwa Dudy adalah calon pempimpin besar Indonesia di masa yang akan datang. Ia adalah sosok pemimpin yang mampu menjadi jangkar di tengah besarnya potensi kontribusi mahasiswa Indonesia di seluruh dunia. Pemimpin yang cerdas, otentik, solutif dan pastinya dapat diterima oleh semua orang.Sang orator yang akan selalu dirindukan oleh PPI Dunia!”

Nila Titis Asrining Tyas (Ketua PPI Filipina Periode 2014-2015)

“Saudara Ahmad Almaududy Amri merupakan sosok pemimpin idealis yang mampu menjalankan seluruh agenda program kerja secara terstruktur dengan menerapkan transformational leadership style. Dimana dalam proses pencapaian tujuan organisasi ini, beliau merencankan pelaksanaan program kerja secara terstruktur dengan melibatkan pribadi-pribadi kompeten di dalamnya dan memberikan inspirasi bagi anggotanya dalam proses pelaksanaan program kerja dan pengambilan keputusan dalam dinamika organisasi.”

Muhammad Nanang Suprayogi (Ketua PPI Belgia Periode 2014-2015)

“Mas Dudy itu pribadi yang energik, kreatif, produktif. Dengan aktivitasnya yang padat, ia tetap mampu mengaturnya sehingga dapat berjalan berirama dan bersinergi. Ia adalah anak bangsa dengan kumpulan prestasi yang membanggakan baik di kancah nasional maupun internasional. Sahabat yang cerdas, asyik, gaul dan rendah hati.”

Imam Khairul Annas (Ketua Umum PPMI Arab Saudi Periode 2015-2017)

“Mas Dudy telah membawa PPI Australia dan PPI Dunia semakin maju dan berkembang. Hal ini terlihat dari berbagai kegiatan dan karya di PPI Australia seperti Majalah Aktivis PPI Australia dan OlymPPIA hingga di PPI Dunia seperti Bulletin PPI Dunia, Festival Studi Luar Negeri dan puncaknya Simposium Internasional PPI Duniatahun 2015 di Singapura.”

Marcellinus Kevin Julienne (SekretarisJenderal PPI Singapura Periode 2015 -2016)

“Saya memang belum lama mengenal mas Dudy, tapi pengalaman dari beberapa hari di Simposium Internasional, saya mendapatkan sedikit gambaran mengenain kepribadian Mas Dudy yaitu diplomatis, kekeluargaan dan hangat kepadasiapa saja.”

Teguh Ilham (Ketua PPI Polandia Periode (2015-2016)

“Hal yang paling menonjol dari Mas Dudy adalah kemampuan koordinasi dan komunikasi yang sangat baik kepada para ketua PPI di seluruh dunia. Salah satunya terbukti dengan begitu meriahnya pelaksanaan Simposium Internasional PPI Duniatahun 2015 yang dilaksanakan di Singapura.”

Itu dia beberapa kesan dari rekan – rekan mahasiswa yang tergabung dalam PPI Duniadan PPI Negara terhadap kinerja kepemimpinan Mas Dudy dalam satu tahun kepengurusannya menahkodai PPI Dunia. Semoga kisah di atas, dapat meng inspirasi kita semua untuk terus ber karya dan meng inspirasi bagi sesama.

Demikianlah artikel tentang Ahmad Almaududy Amri Koordinator PPI Dunia Periode 2014 -2015 Sosok Yang Fenomenal semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah inspirasi bagi para pembaca. mohon maaf jika ada tulisan yang tidak berkenan. Penulis artikel ini adalah Abdul Malik. Terimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

13 Responses to "Ahmad Almaududy Amri Koordinator PPI Dunia Periode 2014 -2015 Sosok Yang Fenomenal"