Prof. Dr. Eddy Suratman, S.E., M.A dan Biografinya

FaktaTokoh.Com- Biografi tokoh nasional sangat penting untuk diteladani dan juga di ingat sejarah perjuangnya bagi generasi muda. Oleh karena itulah salah satu tokoh nasional yang memiliki peran penting dalam pendidikan dan juga pengabdian adalah Prof. Dr. Eddy Suratman, S.E., M.A. Salah seorang ekonom dan juga dosen di Universitas Tanjungpura. Sebagai penjelasan lebih lanjut artikel ini akan memberikan pengulasan mengenai Biografi Prof. Dr. Eddy Suratman, S.E., M.A.

Biografi Prof. Dr. Eddy Suratman, S.E., M.A


Eddy Suratman lahir di Panyabungan, Sumatera Utara, pada tanggal 7 Juli 1967. Eddy Suratman adalah salah satu tokoh ekonom yang memiliki pandangan untuk wilayah Kalimantan terutama Kalimantan Barat. Eddy Suratman memperhatikan atau fokus dalam ekonomi perbatasan. Ekonomi perbatasan memfokuskan pada maksimalisasi untuk kegiatan ekonomi yang mandiri.

Dalam dunia pendidikan Eddy Suratman menyelesaikan pendidikan sarjana ( S1 ) pada tanggal 1 September 1992 di Universitas Tanjungpura. Selanjutnya Eddy Suratman melanjutkan pendidikan pada program magister ( S2 ) pada tanggal 1 September 1994 di Universitas Indonesia.

Eddy Suratman melanjutkan pendidikan doktor ( S3 ) pada tanggal 18 Februari 2004 di Universitas Indonesia. Dalam dunia pendidikan, Eddy Suratman menjadi dosen tetap di Universitas Tanjungpura pada tahun 2003 dengan mengemban mata kuliah Analisis Kebijakan Publik dan Perkembangan Pemikiran Ekonomi.

Eddy Suratman Tokoh Ekonom dari Universitas Tanjungpura


Pada tahun 2018, Eddy Suratman masih aktif dalam mengajar di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tanjungpura. Sampai saat ini, Eddy Suratman menjabat sebagai Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tanjungpura.

Dalam dunia ekonomi untuk wilayah Kalimantan Barat terutama Kota Pontianak, dapat dikatakan bahwa Eddy Suratman memiliki sumbangsih dalam hal pemikiran dan kinerja untuk mendorong perekonomian wilayah tersebut. Fakta yang dapat dicetuskan adalah, bahwa Universitas Tanjungpura menjadi perguruan tinggi terbaik dalam mengevaluasi kinerja pemerintah.

Pada saat itu, Eddy Suratman adalah ketua dari tim EKPD ( Evaluasi Kinerja Pembangunan Daerah ) Universitas Tanjungpura. Ini adalah salah satu bukti dari dukungan atau bantuan Eddy Suratman terhadap kemajuan ekonomi wilayah Kalimantan Barat.

Oleh sebab itu, Eddy Suratman selalu menjadi salah satu narasumber dalam hal penanganan atau peristiwa yang menyangkut hal perekonomian. Dalam hal perencanaan dan evaluasi APBD ( Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah ) tingkat Provinsi dan Kota, Eddy Suratman menjadi tumpuan atau pusat untuk kegiatan tersebut.

Banyak hal yang dicetuskan oleh Eddy Suratman untuk mendukung perekonomian Kalimantan Barat,
contohnya adalah bentuk dukungan terhadap kinerja Presiden Jokowi dalam hal meningkatkan wilayah perbatasan.

Kalimantan Barat memiliki perbatasan langsung dengan Negara Malaysia, dapat dikatakan sebagai kesempatan dan ancaman dalam pergerakan perekonomian daerah tersebut. Ketika negara tidak mampu untuk memberikan akses atau fasilitas yang baik, maka masyarakat daerah tersebut akan terkontaminasi oleh negara lain,

Tetapi, Eddy Suratman tetap optimis dan memiliki penilaian – penilaian tertentu yang dapat mendorong perekonomian Kalimantan Barat dari perbatasan. Pemikiran yang pertama, adalah jika daerah perbatasan memiliki akses langsung terhadap negara tetangga, maka dapat dikatakan peningkatan perekonomian Kalimantan Barat mencapai angka 6,5% atau 7%.

Karena, Eddy Suratman melihat potensi di wilayah perbatasan pada sumber daya air. Eddy Suratman mengatakan bahwa masing – masing kecamatan di wilayah perbatasan memiliki sumber daya air sungai dan laut yang dapat dikelola untuk perikanan dan tenaga listrik. Sehingga oleh pendapat atau saran dari Eddy Suratman untuk wilayah Kalimantan Barat, mengantarkan beliau menjadi Tim Ekonom Kementerian Keuangan.

Demikianlah tulisan mengenai Biografi Prof. Dr. Eddy Suratman, S.E., M.A yang ditulis dan disajikan secara menarik oleh Chanra Anugrah Pakpahan sebagai salah satu mahasiswa di Univeritas Tanjungpura. Semoga dapat bermanfaat dan mengispirasi, trimakasih, 

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Prof. Dr. Eddy Suratman, S.E., M.A dan Biografinya"

  1. Mari teman - teman untuk komentari jika ada kekurangannya. Terimakasih sebelumnya untuk pihak faktatokoh.com yang sudah mau mempublikasikan informasi ini. Tuhan memberkati

    BalasHapus