45+ Pesan dan Teladan Jusuf Kalla



Faktatokoh.com- Seperti kita ketahui bahwa banyak sekali tokoh-tokoh nasional yang terkenal mulai dari tokoh politik,agama dan tokoh masyarakat. Salah satu nya yaitu Jusuf Kalla. Ia merupakan tokoh politik sekaligus tokoh masyarakat yang selalu mengayomi masyarakat Indonesia. Beliau adalah mantan Wakil Presiden yang ke-10 dan yang ke-12 di Indonesia. Berikut adalah 45 Pesan dan Teladan Jusuf Kalla.

Hakikat kepemimpinan

Hulu kepemimpinan itu adalah keikhlasan, hilirnya adalah ketegasan.

Kepemimpinan dengan kepercayaan

Bila seorang pemimpin tidak lagi diikuti, maka legitimasinya saat itu juga sudah hilang. Pemimpin tanpa legitimasi bukanlah pemimpin, melainkan seseoran yang mempersepsikan diri sebagai pemimpin.

Pemimpin harus bertanggung jawab.

Seorang pemimpin jangan hanya mengambil keputusan yang disukai orang. Itu namanya koordinator bukan pemimpin. Pemimpin harus mengambil tanggung jawab walaupun kadang kala ada keputusan pahit yang harus diambil.

Segala masalah pasti ada solusinya

Hanya dengan pikiran dan hati yang tenang kita bisa menyelesaikan masalah.

Pemimpin yang baik

Jika anda menjadi seorang pemimpin, anda harus berani mengambil segala risiko.

Kita harus yakin bisa

Hilangkan paradigma bahwa kita tidak mampu. Asalkan ada tekat yang kuat, usaha yang maksimal, dan disertai do’a pasti kita mampu!

Kepemimpinan dengan kepercayaan

Semua teori kepemimpinan bertolak pangkal pada kepercayaan. Krisis kepemimpinan merupakan bentuk krisis ketidakpercayaan ketika pemimpin atau sistem tidak percaya lagi sehingga berakibat ambruknya sesuatu.

Tiga formula menuju sebuah kepercayaan

Katakana yang akan dikerjakan, kerjakan yang dikatakan, dan komunikasikan apa yang telah dikerjakan atau tidak dikerjakan. Dengan membangun 3 hal tersebut maka akan dapat terbina kepercayaan.

Lakukan yang terbaik untuk bangsa

Lakukan sesuatu yang berguna bagi bangsa asalkan tidak melanggar peraturan. Pejabat sekarang hanya terus-terusan meminta petunjuk untuk menjalankan suatu kebijakan. Tetapi bagi saya selama tidak ada larangan dan baik untuk bangsa maka akan saya lakukan. Bangsa ini sangat kaya, sumber daya apapun ada di sini. Lihat saja itu matahari, itu rezeki dari Tuhan. Tetapi kita tidak tau memanfaatkan rezeki Tuhan seperti apa.

Pemimpin demokratis untuk mengurai persoalan bangsa

Untuk mengurai persoalan bangsa yang begitu pelik, kita membutuhkan pemimpin demokratis yang bisa memahami, punya visi depan, bertanggung jawab, bisa memengaruhi orang, dan bisa menjalankan kebijakan populer maupun tidak populer. Contohnya dulu ketika BBM naik 126% tidak ada protes yang berarti.

Tugas utama seorang pemimpin

Ada dua tugas utama yang menjadi tanggung jawab seorang pemimpin sejati, yaitu menyatukan rakyat yang dipimpin sehingga mereka merasa nyaman dengan pemimpinnya, dan pemimpin harus bisa menyejahterakan bangsa.

Kriteria seorang pemimpin

Ada 3 sumber pemimpin, yakni birokrat, politisi, dan negarawan. Kalau birikrat biasanya orientasinya hanya tahunan, politisi umumnya lima tahunan sesuai siklus orientasi politikdalam sistem nasional, sementara negarawan pasti berpikir lebih panjang, paling tidak untuk satu generasi. Tinggal pilih, mau dipimpin birokrat, politisi, atau negarawan?

Pak Harto dimata Jusuf Kalla

Pak Harto telah meletakkan dasar-dasar pembangunan bagi bangsa ini. Padahal Pak Harto memulai tugasnya dalam keadaan yang sangat suit, krisis ekonomi pada tahun 1965, inflasi 600%. Itu yang harus kita ingat bahwa beliau mulai memimpin bangsa ini ketika bangsa ini mengalami masa-masa sulit. Sebagai manusia biasa tentu ada kekurangan. Kita s emua bukan nabi. Silakan menimbang neraca Pak Harto, seberapa kekurangannya dan seberapa kebaikannya.

Nasihat Jusuf Kalla kepada putra-putrinya

Kalau kau bingung di kantor mau kerja apa, palng tidak kau datang ke kantor setiap hari. Kedatangan setiap hari akan menjadi contoh bagi karyawan. Mereka melihat teladan dari pimpinannya. Orang lain akan respect denganmu.

Coba kalau kamu tidak datang, karyawan tidak akan kenal denganmu. Tau apa tidak bagaimana perasaannya kalau pemimpin tidak dikenal bawahannya. Paling tidak tiap hari kamu muncul dan jangan terlambat.

Pejabat tanpa jas

Jusuf Kalla ketika menjadi Wakil Presiden membuat peraturan di kantor-kantor yaitu AC tidak boleh lebih rendah dari 25o , jadi para pejabat tidak memakai jas karena hal itu membuat gerah. Daripada memakai jas, Jusuf Kalla lebih suka memakai kemeja batik. Selain melestarikan budaya bangsa, batik juga praktis dan tetap pantas dikenakan pada acara formal. Indonesia juga Negara tropis yang iklimnya cenderung panas.

Konsisten kepada peraturan

Saat itu Jusuf Kalla diminta menjadi saksi pernikahan Agus Harimurti (putra sulung SBY). Terjadi pertentangan dalam diri Jusuf Kalla, karena baru saja mengumumkan larangan memakai jas bagi para pejabat. Acara tersebut tentu bersifat formal.

Namun disisi lain Jusuf Kalla merasa harus menaati peraturan yang dibuatnya. Akhirnya beliau tetap memakai batik, walaupun sepertinya berbeda, karena semua yang datang memakai jas. Tetapi beliau tetap konsisten dengan peraturan yang dibuatnya sendiri.

Anak muda harus menghormati orang tua

Pemuda harus melihat perjuangan para pemimpin masa lalu yang sempat memimpin pada usia muda. Sebaiknya para pemuda jangan terlalu cepat masuk ke politik hanya karena menuntut hak sebagai kaum muda yang dinilai memiliki vitalitas tinggi. Umur iu hubungannya dengan kesehatan. Jadi kalau tua itu hubungannya dengan kearifan. Kalau muda tapi kurang sehat, susah juga. Itulah hubungannya selalu.

Kriteria pemimpin bangsa

Pemimpin harus memiliki perpaduan performa dan visi. Performa tanpa visi akan membuat seseorang tidak akan tau arah masa depan bangsa. Sebaliknya, visi tanpa performa akan membuat semua orang mampu membuat visi tanpa memberikan bukti apapun.

Moral sebagai benteng dari korupsi

Kalau kita lihat, siapapun yang mempunyai kewenangan ada kesempatan korupsi, hanya diri sendiri, moral, dan aturan yang dapat menghalangi itu.

Polisi harus bertindak cepat

Pihak kepolisian seharusnya bertindak cepat jika terjadi pelanggaran hukum di tengah masyarakat. Polisi harus bergerak cepat melakukan penegakkan hukum sehingga bukan kelompok atau orgaisasi yang turun tangan dalam merespon pelanggaran hukum yang terjadi.

Pentingnya pendidikan usia dini

Bila sejak usia dini anak-anak didekatkan ke masjid maka mereka akan mencintai masjid dan memiliki karakter islami. Dari masjidlah anak-anak dibentuk akhlak dan budi pekertinya sehingga menjadi anak yang beriman, berilmu pengetahuan, dan berbudi pekerti baik.

Hargai kemampuan bukan kedudukan

Kita harus bisa mengubah cara berpikir kaum muda agar tidak semata-mata ingin memiliki kekuasaan saja. Konsistensi moral juga harus dijaga, bukan menghargai kedudukan tetapi menghargai kemampuan.

Kunci mencapai kemakmuran bangsa

Untuk mencapai kemakmuran bangsa, haruslah ada keinginan dan keyakinan dari dalam bangsa itu sendiri untuk membangun rasa percaya diri dan kemandirian. Dua hal tersebut melengkapi modal lainnya berupa keberlimpahan sumber daya alam yang telah diberikan Tuhan kepada bangsa ini.

Menjadi bangsa yang mandiri

Tidak ada hubungan antara kantor yang baik dengan kemajuan bangsa. Yang ada hubungannya dengan kemajuan bangsa adalah laboratorium penelitian dan kerja keras di lapangan. Kerjakan sendiri, jangan minta bantuan. Ada dua hal yang kurang dari bangsa ini, yakni entrepreneurship dan teknologi. Setengah kemajuan bangsa ada di lembaga penelitian.

Generasi muda sebagai agen perubahan

Mahasiswa harus sudah mulai memilih jalur profesi yang akan ditekuninya, seiring persaingan yang kian ketat dan berkaitan dengan tugas memajukan bangsa. Setidaknya ada 3 jalur profesi yang ada, yakni professional, birokrat, dan wirausaha yang harus dipilih sesuai kemampuan dan keinginan untuk menekuni profesi tersebut.

Hakikat kesabaran, perjuangan, dan keikhlasan

Kesulitan hanya takluk pada orang yang sabar. Kesukaran hanya tunduk pada orang yang berjuang. Kekuatan mengiringi orang yang ikhlas.

Bersyukur dengan ucapan dan tindakan

Bersyukur itu berterima kasih atas pemberian Tuhan. Teruslah berbuat dan berusaha yang lebih baik lagi.

Mengambil keputusan harus yakin

Jusuf Kalla diajarkan orang tuanya apabila mengambil keputuksan haruslah yakin bahwa itu benar.

Nasihat ibunda Jusuf Kalla ( Ny. Hj. Athirah ) tentang kesederhanaan

Kalau sudah naik mobil, lihat orang naik motor, kalau kau naik motor lihat orang lain naik sepeda, pasti kau merasa senang dan lebih baik. Jangan suka berpikir kalau kau naik motor, lihat orang naik Mercy, pastilah kau akan susah tidur.

Cinta sejati bagi Jusuf Kalla

Cinta adalah kesetiaan, baik dikala sedih maupun senang. Cinta sejati akan selalu menguatkan.

Hilang harta, bukan hilang harga diri

Kita sudah banyak kehilangan bank. Kita sudah kehilangan perkebunan yang dibeli oleh Malaysia. Kita kehilangan perusahaan telekomunikasi yang dibeli oleh Singapura. Kita kehilangan macam-macam. Kita boleh kehilangan harta, kita boleh beli kembali pada waktunya, tapi yang sangat penting kita tidak boleh kehilangan harga diri dan semangat berbangsa.

Menyelesaikan masalah dengan cepat dan efisien

Masalah bangsa ini adalah masalah yang menyentuh hajat hidup orang banyak yang harus diselesaikan dengan tepat, cepat, dan efisien.

Perdamaian sebagai modal kemajuan

Perdamaian sangat penting bagi bangsa ini. Kita tidak mau bangsa Indonesia seperti Negara Pakistan, tiap pemenang selalu menjebloskan lawannya dalam penjara. Kita juga tidak menghendaki bangsa Indonesia seperti Negara Thailand

Menggerakkan birokrasi dengan gertakan

Pemerintah kadang harus menggertak atau marah-marah untuk menggerakkan birokrasi dalam menjalankan kebijakannya. Berbagai proyek kadang tidak berjalan karena aparat yang sudah terbiasa bekerja santai dan seadanya, tanpa terobosan. Oleh karena itu harus ada target waktu yang harus dicapai.

Demokrasi untuk kesejahteraan

Sebenarnya dalam demokrasi kita harus menerima dan menghormati perbedaan. Tapi diatas perbedaan itu kita harus pula berorientasi pada tujuan kita yang satu dan sama, yakni kesejahteraan dan kemakmuran bersama, sebagaimana telah ditegaskan oleh para Founding Fathers bangsa ini.

Tujuan bersama sebagai pemersatu bangsa

Indonesia harus punya visi ke depan. Walaupun musuh bersama (common enemy) taka da, kita perlu merumuskan tujuan bersama (common objective) yaitu kemajuan bangsa.

Kuncinya saling memaafkan

Spiritnya adalah saling memaafkan, tapi tidak melupakan; forgiven, but not forgotten. Artinya yang telah terjadi diikhlaskan; mari kita lihat ke depan, dengan masa lalu sebagai pelajaran.

Jatuh bangun si penjual angin

Saya sering bertanya salesman apa yang terbaik? Hampir semua mengatakan, carilah salesman asuransi. Sebab mereka bisa menjual angin (harapan). Banyak orang asuransi yang hebat-hebat.

Pengusaha harus banyak akal

Saudagar berasal dari bahasa Sansekerta yang artinya seribu akal. Karena itu, untuk menjadi pengusaha harus banyak akal. Ini sama dengan pedoman agama kita, yakin Tuhan sangat menghargai orang yang berilmu dan berakal.

Tips menjadi pengusaha

Pengusaha yang baik timbul dari latihan, lingkungan, dan kultur. Kultur tersebut berupa ingin maju dengan risiko dan kemandirian. Selain itu, pengusaha harus selalu optimis dan tidak mudah menyerah.

Budaya sebagai simbol

Kita mengarah pada budaya nasional, yakni budaya yang lahir dari perilaku dan nilai-nilai positif dari berbagai budaya daerah. Sementara budaya daerah akan menjadi simbol. Namun, budaya daerah tetap penting karena menunjukkan identitas.

Darah bagi kemanusiaan

Daripada darah disia-siakan buat bom bunuh diri, lebih baik darahnya disumbangkan ke PMI. Dengan mendonorkan darah, minimal akan memberikan manfaat kepada orang lain.

Kepahlawanan masa kini

Makna pahlawan kini bukan lagi berhubungan dengan mengangkat senjata untuk menghadapi musuh. Pahlawan hadir pada insan yang rela berkorban untuk orang lain, walaupun bukan kewajibannya. Mereka yang menyumbangkan darah itu juga pahlawan.

Pemuda harus mempunyai cita-cita

Pemuda harus mempunyai cita-cita agar memiliki visi kedepan dengan kondisi yang lebih baik. Namun, saat menyebut masa depan harus tetap berpijak pada kenyataan saat ini untuk mengetahui kendala yang dimiliki. Semua bisa dicapai bila memiliki kemampuan yakni kekuatan mencapai cita-cita.

Pajak bagi kesejahteraan Indonesia

Kewajiban membayar pajak bagi perusahaan akan berbanding lurus dengan profit perusahaan. Kalau lita semua bayar pajak, maka Negara bisa membangun jalan. Kalau jalanan bagus maka penjualan akan meningkat. Demikian pula kalau pajak digunakan untuk membangun sekolah dan infrastruktur, maka usaha kontraktor akan berkembang.

Demikianlah tulisan tentang 45+ Pesan dan Teladan Jusuf Kalla, Semoga dengan adanya tulisan ini dapat menginspirasi di hati pembaca dan bermanfaat bagi segenap pembaca. Adapun penulis artikel ini adalah Angga Firmansyah. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "45+ Pesan dan Teladan Jusuf Kalla"

Posting Komentar