Mengenal Dr. Adnan Kapau Gani


Faktatokoh.com-Dr. Adnan Kapau Gani atau bisa juga disebut A.K Gani adalah dokter dan pokitisi Indonesia yang juga merupakan salah satu Pahlawan Nasional Indonesia yang lahir di Palembayan, Agam, Sumatera Barat pada tanggal 16 September 1905.

Karir Dr.Adnan di Bidang Kedokteran

Pada tahun 1923 beliau telah menyelesaikan pendidikannya di Bukittinggi lalu melanjutkan pendidikan kedokteran di STOVIA Jakarta. Di tahun 1927 sekolah tersebut di tutup sehingga beliau melanjutkan pendidikannya di AMS yang merupakan sekolah setara SMA pada zama Belanda, dan berhasil menyelesaikan pendidikannya di AMS pada tahun 1928. Tepat pada tahun berikutnya A.K Gani kembali melanjutkan pendidikan kedokterannya di Geneeskundige Hoge School atau GHS yang berada di kota Jakarta dan selesai pada tahun 1940.

Karir Adnan di Bidang Seni

A.K Gani pernah membintangi sebuah film yang di sutradarai oleh Rd. Ariffien dan di produksi oleh The Union Film Company yang berjudul Asmara Moerni bersama dengan seseorang yang bernama Djoewariah. Pada tahun 1945 A.K Gani menjabat sebagai Komisaris PNI dan Residen Sumatera Selatan. A.K Gani menjabat sebagai Menteri Kemakmuran di Kabinet Sjahrir 3 sejak tanggal 2 Oktober 1946 hingga 27 Juni 1947. Di tahun yang sama beliau juga menjabat sebagai

Kegigihan Dr.Adnan Kapau Gani

Delegasi Indonesia ke sidang pleno ketiga Perjanjian Linggarjati bersama dengan rekannya yaitu Sutan Sjahrir dan Mohammad Roem. A.K Gani menjabat sebagai Wakil Perdana Menteri sekaligus Menteri Kemakmuran setelah beliau menerima mandat untuk membentuk formatur kabinet baru bersama dengan kedua rekannya yaitu Amir Sjarifuddin dan juga Setyadjit Soegondo tepat setelah jatuhnya Kabinet Sjahrir. A.K Gani menjabat sebagai Gubernur Militer Sumatera Selatan pada tahun 1949 setelah berakhirnya revolusi.

Diangkatnya Dr. Adnan Kapau Gani Sebagai Rektor 

Dan pada tahun 1954 beliau di angkat menjadi rektor di sebuah Universitas Sriwijaya yang terletak di Palembang. A.K Gani wafat pada tanggal 23 Desember 1968. Dan jenazah beliau dimakamkan di Taman Pemakaman Pahlawan Siguntang yang berada di Palembang, Sumatera Selatan. Beliau telah meninggalkan seorang istri yang bernama Masturah.

Gelar Pahlawan Untuk Dr. Adnan Kapau Gani

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memberikan gelar Pahlawan Nasional Indonesia kepada Adnan Kapau Gani pada tanggal 9 November 2007. Dan beliau menerima gelar tersebut bersama dengan Ida Anak Agung Gde Agung, Slamet Rijadi, dan juga Moestopo dengan berdasarkan keputusan Presiden Nomor 66/2007 TK. Nama beliau juga dijadikan sebagai nama rumah sakit di Palembang, yaitu Rumah Sakit AK Gani dan juga nama ruas jalan pada beberapa kota di Indonesia.

Demikianlah tadi tulisan tentang Mengenal Dr. Adnan Kapau Gani,semoga dengan adanya tulisan ini dapat menjadi inspirasi dan bermanfaat bagi segenap pembaca sekalian. penulis dalam artikel ini adalah Defa Tri Arnetta. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Mengenal Dr. Adnan Kapau Gani"