7+ Fakta Susi Pudjiastusi Yang Harus Kalian Pahami

FaktaTokoh.Com- "Tenggelamkan” itulah kata yang sering dikaitkan dengan Susi Pudjiastusi, Mentri kelautan dan perikanan Indonesia ke-6 Indonesia, yang membuat kebijakan begitu agresif untuk menenggelamkan kapal-kapal asing ilegal di perairan Indonesia, namun juga memberikan hasil yang begitu signifikan, yaitu berkurangnya penangkapan ikan ilegal sebesar 25%, bertambahnya jumlah tangkapan sebesar 14%, dan meningkatnya keuntungan sebesar 12% seperti yang tertulis di dalam jurnal nature.

Susi Pudjiastusi


Ia adalah Dr. (HC) Susi Pudjiastuti, wanita kelahiran Pangandaran, 15 Januari 1965 dan merupakan ibu dari tiga orang anak. Ia dilantik menjadi Menteri dalam Kabinet Kerja Joko Widodo dan Jusuf Kalla, yang ditetapkan secara resmi pada taanggal 26 Oktober 2014. Selengkapnya, baca; Susi Pudjiastuti Mentri Nyentrik dan Inspiratif

Susi Pudjiastusi merupakan anak dari Haji Ahmad Karlan dan Hajjah Suwuh Lasminah yang merupakan pengusaha ternak. Sedangkan kakek buyutnya, Haji Ireng merupakan seorang tuan tanah. Dibalik kehidupan keluarganya yang dapat dikatakan berkecukupan, terukir fakta menarik perjalanan hidup Menteri Susi Pudjiastuti.

Fakta-Fakta Susi Pudjiastusi


Dalam memahami berbagai sisi tentang kehidupan yang dialami oleh Susi Pudjiastusi, berikut adalah kumpulan sejumlah fakta mengenai beliau. Diantaranya sebagai berikut;

Dr. (HC) Susi Pudjiastuti hanya memiliki Ijazah SMP

Walaupun telah bergelar Doktor, namun sebenarnya Susi Pudjiastuti hanya memiliki ijazah SMP. Karena saat duduk di kelas 2 SMA Negeri 1 Yogyakarta, Susi dikeluarkan dari sekolah akibat keaktifannya dalam gerakan golput, yaitu gerakan yang menolak pemilu. Namun walaupun hanya memiliki ijazah SMP, Susi Pudjiastuti sangat mahir dalam berbahasa inggris. Susi Pudjiastuti mendapat gelar Doktor Honoris Causa dari Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya.

Menjadi Pengusaha Mandiri Sejak Remaja

Setelah berhenti bersekolah, Susi Pudjiastuti yang masih berumur 18 tahun memutuskan untuk mencari uang sendiri, banyak usaha yang telah dilakukannya dan banyak juga yang tidak berhasil, hingga ia memutuskan untuk menjual perhiasannya dan memeroleh Rp.750.000 sebagai modal untuk mengepul ikan di Pangandaran pada tahun 1983. Susi juga sering mengumpulkan dan ikut mengirimkan ikan dari nelayan ke pasar.

Kisah usaha yang dijalankan Susi pudjiastuti berkembang begitu pesat, hingga pada tahun 1996 Susi mendirikan pabrik pengolahan ikan yang bernama PT ASI Pudjiastuti Marine Product, dengan produk yang bermerek “Susi Brand” dan lobster sebagai produk unggulannya.

Produk Susi Brand meluas hingga pasar Asia dan Amerika, hingga pada tahun 2004 Susi membeli sebuah Cessna Caravan seharga Rp. 20 milyar yang dinamai Susi Air untuk mengangkut lobster dan ikan segar dari banyak nelayan di Indonesia ke pasar Jakarta dan Jepang.

Wanita pemberani dan pekerja keras

Dalam melaksanakan pekerjaannya sebagai menteri maupun pengusaha, Susi Pudjiastuti selalu berani untuk turun tangan sendiri menjalankan usahnya walaupun itu merupakan pekerjaan yang tidak banyak dilakukan wanita.

Susi Pudjiastuti juga pekerja keras, keberhasilan dan kesuksesan yang dimilikinya saat ini tidak terlepas dari keberanian dan kerja kerasnya sejak ia berhenti sekolah. Salah satu bukti keberanian dan kerja keras Susi Pudjiastuti dalam menjalankan usahanya adalah Susi kerap mengantarkan sendiri hasil nelayan yang telah dibelinya di daerah Pangandaran ke daerah pendistribusi lainnya seperti Cirebon dan lainnya. Dikatakan ia sering berhari-hari di dalam truk untuk mengantarkan kiriman hasil laut lari para nelayan.

Memiliki Kepercayaan Diri yang Tinggi

Kepercayaan diri Menteri Susi Pudjiastuti memang sudah tidak dapat diragukan lagi, berulang kali ia diundang untuk datang ke sebuah acara yang berisi orang-orang dengan latar belakang pendidikan dan politik yang baik namun ia tetap percaya diri menghadirinya. Ia juga beberapa kali mengisi acara dengan tamu yang memiliki akademisi baik, dari dalam negeri maupun luar negeri.

Selalu Sederhana dan Menjadi Diri Sendiri

Selain memiliki kepercayaan diri yang tinggi, Susi Pudjiastuti juga dikenal sebagai orang yang sederhana, baik dalam berpenampilan maupun dalam kegiatan sehari. Hampir di setiap kegiatannya ia selalu tampil sederhana dan apa adanya, kecuali saat acara formal kenegaraan.

Hal ini terbukti dari banyaknya foto-foto Susi saat bekerja di lapangan sebagai menteri yang menunjukkan kesederhanaannya. Walaupun dibalik kesederhanaannya terselip gaya nyentrik yang membuatnya semakin menarik.

Begitulah beberapa karakter baik Menteri Susi Pudjiastuti, Menteri kelautan dan perikanan ke-6 Indonesia. Seorang wanita hebat walaupun bukan manusia sempurna namun penuh dengan teladan baik yang harus diteladani oleh penerus bangsa wanita atau pun pria.

Baca Juga;
  1. 800 Kata Lebih Dekat dengan Bu Menteri Kelautan Dan Perikanan RI, Susi Pudjiastuti
  2. Biografi Singkat Kartini


Karena Indonesia butuh tokoh seperti dia, yang fakta hidupnya dapat menjadi teladan bagi para penerusnya. Semoga saja dengan adanya tulisan mengenai sejumlah Fakta Susi Pudjiastusi ini bisa memberikan wawasan dan inspirasi yang mendalam. Penulis artikel ini adalah Azanatasya. Trimakasih, 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7+ Fakta Susi Pudjiastusi Yang Harus Kalian Pahami"

Posting Komentar