Walt Disney "Raja Pencipta Kartun" Kisah Hidup Yang Inspiratif

FaktaTokoh.Com- Nama ini pasti tidak asing lagi di telinga kalian, Walt Disney adalah tokoh ternama yang telah berhasil mewarnai dunia dengan hasil karyanya yang luar biasa. Namun, dibalik kesuksesannya ini mungkin masih banyak dari kalian yang belum mengetahui apa saja sih peristiwa-peristiwa unik yang turut terjadi dalam hidupnya. Oleh karena itu, dalam artikel ini saya akan mengulas kisah hidup inspiratif Walt Disney yang jarang diketahui khalayak banyak dan dijamin akan membuat kalian semakin mengagumi sosok tokoh dunia ini.

Walt Disney


Berikut adalah kisah inspiratif dari Walt Disney :

Sejak Kecil Bakat Menggambarnya Sudah Menonjol

Walt Disney terlahir dengan nama asli Walter Elias Disney di Chicago, Amerika Serikat, 5 Desember 1901. Sejak kecil Walt sudah memiliki minat yang mendalam di bidang seni menggambar, walaupun bukan berasal dari keluarga seniman.

Oleh orang disekitarnya, ia sering kali diminta untuk menggambar dan banyak orang yang memuji hasil gambarnya. Bahkan saat adiknya sakit pun Walt sempat membuat gambar yang seolah-olah bergerak di ujung sudut buku yang dibuka dengan cepat. Walt kecil juga sangat suka dengan kereta api!.

Walt Kecil Sudah Bekerja Membantu Ayahnya dan Memiliki Banyak Pengalaman

Pada tahun 1910, saat Walt berumur 9 tahun, keluarganya pindah ke Kansas dan ayah Walt membeli ‘Hak pengantar surat kabar’ di tempat itu. Setiap pagi pukul 3.30 Walt sudah harus bangun dan pergi mengantar koran di musim dingin.

Kala itu Walt hanya memakai sepatu biasa yang membuat kakinya kedinginan, Walt pun meminta Ayahnya untuk membelikan sepatu boot panjang baginya. Saat Natal tiba, ia mendapatkan apa yang ia inginkan sebagai hadiah Natal. Dengan bootnya yang baru Walt kecil sangat bersemangat mengantar koran sambil belari di atas salju.

Namun, Walt tidak sengaja menginjak paku dan membuat salah satu kakinya terjebak dalam salju. Peristiwa malang itu pun membuat kaki Walt mendapat beberapa jahitan dan boot barunya menjadi rusak. Setelah sembuh Walt tetap terus mengantar koran dan menggunakan waktu luangnya untuk mencuci kereta mayat Yayasan Kematian bersama kakaknya untuk mendapat uang saku.

Saat Walt berumur 15 tahun dan baru saja lulus dari sekolah di kota setempat, ia mendapatkan pekerjaan sebagai penjual keliling minuman dan buah-buahan di kereta api. Kemudian, Walt juga menjadi mandor pabrik untuk membantu perusahaan ayahnya. Itulah pekerjaan terakhir Walt dalam liburan semenjak ia lulus lalu masuk sekolah menengah.

Walt Sangat Giat Menggambar Walaupun Saat Jam Istirahat Sekolah

Saat masuk sekolah menengah Walt dengan senang hati mengikuti kelas seni. Bahkan saat jam istirahat ketika yang lainnya pergi ke kamar kecil, Walt tetap duduk dan melukis di depan kanvas. Walt sangat tekun menggambar dan waktu sangat berharga baginya.

Menjadi Tim Palang Merah Amerika saat Perang Dunia I

Pada tahun 1918, Perang Dunia I masih berlangsung dan para pemuda dihimbau untuk masuk militer. Termasuk Walt dan temannya juga ikut mendaftar. Pada November 1918, Perang Eropa telah berakhir dan Walt termasuk tentara yang kelebihan sehingga ia tidak terlibat dalam perang. Namun, kemudian ia dipilih oleh organisasi Palang Merah Dunia untuk pergi ke Prancis. Pada tahun 1919, barisan pasukan sukarela dibubarkan dan ia pun kembali ke Amerika.

Perjalanan Karier yang Tak Mulus dan Penuh Tantangan

Walt pernah bekerja menjadi ilustrator di suatu perusahaan dan pada akhirnya memutuskan untuk membangun usaha sendiri. Walau tak mudah dan sempat kekurangan dana, ia memilih untuk terus berusaha.

Bersama Ub Iwerks, teman kantornya, mereka berhasil membuat kartun humor singkat yang mendapat sambutan baik. Tak lama kemudian, kabar buruk menimpa perusahaan mereka dan terpaksa ditutup.

Walt pun pergi ke Hollywood untuk mengadu nasib. Disana ia bekerja sama dengan Roy, kakaknya. Film kartun mereka mendapat sambutan baik dan Walt memiliki banyak akal untuk membuat film-film selanjutnya. Pada tahun 1925, dalam usianya yang ke 24 ia menikah dengan Lilian, sekretarisnya.

Kemudian, perusahaannya sempat berjaya dengan penayangan tokoh kelinci. Sayangnya hak penukaran film kelinci tersebut harus diambil oleh perusahaan perfilman lain. Walt berpikir keras untuk mengatasi situasi ini, ia pun menciptakan tokoh Mickey dan membawa rombongannya ke New York untuk merekam suara musik ke dalam film (pada zaman itu adalah era dimana film mulai diisi dengan suara).

Film itu pun berhasil melambungkan nama Walt Disney dan dari sana ia memperoleh banyak keuntungan. Walt kemudian berinovasi meciptakan tokoh baru yaitu Donald Bebek dilanjutkan tokoh Gufi dan bahkan menciptakan Minnie Mouse sebagai pasangan yang manis bagi Mickey.

Tak berhenti sampai disana Walt terus membuat film-film yang memukau seperti Putri Salju, Pinokio, Alice di Negeri Dongeng dan Peter Pan. Walt juga mengangkat pemandangan-pemandangan indah di seluruh dunia ke dalam filmnya. Berkat hasil kerja kerasnya itu ia mendapat berbagai piala emas.

Putrinya Tidak Mengetahui bahwa Walt adalah Sosok Terkenal

Putri dari Walt bahkan tidak mengetahui bahwa Ayahnya adalah salah satu sosok yang sudah terkenal pada saat itu. Hal ini lantaran, Walt tidak ingin urusan pekerjaan sampai mempengaruhi kehidupan keluarganya sehari-hari.

Cita-Cita Walt yang Utama adalah Membangun Taman

Keinginan Walt untuk membangun taman sudah ada sejak ia kecil. Seperti anak kecil kebanyakkan, Walt suka menggambar taman anak-anak dan itulah salah satu dorongan yang membuat ia ingin mewujudkan impiannya.

Pada hari tuanya pun Walt sering mencari waktu luang untuk pergi ke taman bersama putra-putrinya. Di sana banyak mainan yang dirusak dan penuh dengan sampah. Sejak itu, Walt bertekad untuk mewujudkan impian terakhirnya yaitu mendirikan taman hiburan yang bisa membuat anak-anak dan orang tua merasa gembira.

Inilah latar belakang terbentuknya ‘Disney Land’, Walt juga mempunyai pandangan bahwa taman yang ia bikin tidak akan pernah selesai. Hal yang dimaksudkan adalah benda-benda di taman akan terus hidup dan bertumbuh. Demikianlah pohon yang ada di Disney Land, tidak pernah berhenti bertumbuh, bahkan semakin indah dari tahun ke tahun. 

Walt Mengabulkan Permintaan Seorang Anak Laki-Laki

Pada tahun 1955, ketika tahap pertama Disney Land mendekati selesai, sekretaris Walt menerima sepucuk surat. Surat itu berasal dari seorang anak laki-laki yang mengidap kanker dan dia berharap saat masih hidup ia dapat berkunjung ke Disney Land.

Sekretaris Walt mempunyai ide untuk memberinya karcis gratis. Namun, Walt mempunyai cara yang lebih bagus. Pada hari pembukaan Walt menemaninya mengelilingi seluruh taman Disney Land dengan kereta. Anak itu pun sangat berterima kasih dan merasa hari itu adalah hari yang paling indah sepanjang hidupnya.

Walt Selalu Ingat bahwa Semua Kesuksesannya Berasal dari Seekor Tikus

Walt Disney tidak pernah sekalipun sombong dengan kesuksesannya. Ia selalu mengingatkan kepada rekan kerjanya bahwa kesuksesan yang telah mereka capai itu berasal dari seekor tikus kecil. Pada September 1964, Presiden Amerika Nixon di Gedung Putih, memberi lencana kebebasan kepada Walt.

Pada 15 Desember 1966, Walt meninggal dalam usia 65 tahun karena sakit dan anak-anak di seluruh dunia menangis. Walaupun beliau telah tiada, namun jasa dan karya-karyanya terus terkenang di hati setiap anak di dunia.

Walt Disney adalah sosok yang sangat berpengaruh bagi dunia ini. Ia telah menginspirasi kita bahwa gambar dapat membangun dunianya sendiri dan menghibur banyak anak. Bahkan kesuksesannya semakin sempurna ketika ia bisa menyebarkan kebahagian bagi semua orang.

Walt adalah sosok yang memiliki cinta kasih dan sangat menyukai anak-anak juga binatang. Walt tumbuh dan berhasil menjadi orang yang sukses dengan meyakini bakat yang ia miliki dan mengerjakan semua hal dengan perencanaan yang baik.

Setiap dari kita berpotensi menjadi seseorang yang sukses seperti Walt Disney, asal kita mampu mengembangkan kemampuan yang ada, tidak peduli apa pun pekerjaannya, kita tentu akan menjadi orang besar pada zamannya "IF YOU CAN DREAM IT, YOU CAN DO IT" Walt Disney.

Demikianlah artikel mengenai Kisah Hidup Inspiratif Walt Disney, Raja Pencipta Kartun yang saya buat. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan memberi inspirasi bagi para pembaca. Mohon maaf jika ada kesalahan atau kata-kata yang kurang berkenan dihati pembaca. Penulis artikel ini adalah Shienly. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Walt Disney "Raja Pencipta Kartun" Kisah Hidup Yang Inspiratif"

  1. Mantap... Artikrl ini sangat membantu lanjutin terus bro :) 👍👍👍

    BalasHapus